avatardisplay_general
DISITU
15 Nov 2018

Simulasi Kredit Motor Di Bank Mandiri Beserta Syarat

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181115/Banner/Simulasi%20Kredit%20Motor%20Di%20Bank%20Mandiri%20Beserta%20Syarat.jpg

Bank mandiri syariah merupakan salah satu bank yang memberikan layanan produk pembiayaan atas pembelian barang dengan sistem syariah. Anda akan melakukan pembiayaan dengan sistem akad mudharabah dari pihak bank. Jadi pihak bank akan membiayai secara penuh atas pembelian barang yang Anda inginkan kemudian kita membeli barang tersebut kepada pihak bank dengan harga yang berbeda. Jadi prinsipnya sama seperti transaksi jual beli yang mengalami keuntungan. Untuk simulasi kredit motor di bank mandiri syariah sendiri dengan cara Anda mengajukan pinjaman kepada pihak bank dan kemudian Anda akan membayar angsurannya sesuai dengan tenor yang Anda inginkan. Jadi Anda harus memilih tenor dan DP sesuai dengan kemampuan penghasilan.

Syarat Kredit Motor

Bagi Anda yang belum terdaftar sebagai nasabah di bank mandiri syariah maka harus mempunyai berbagai syarat untuk jadi nasabah. Karena jika belum menjadi nasabah tentu belum mempunyai history pinjaman di bank mandiri syariah. Berikut ini syarat kredit motor di bank mandiri syariah :

1. Fotokopi KTP

Identitas Anda yang akan meminjam uang di bank mandiri syariah itu sangat penting sekali, ya. Misalnya KTP dari Anda dan pasangan Anda yang dibutuhkan pihak bank. Guna untuk melengkapi data yang akan dimasukkan kedalam registrasi calon nasabah. Selain itu juga untuk sebagai bahan jaminan atas pinjaman yang Anda ajukan. Jadi jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu maka pihak bank mudah untuk mencarinya. Karena di identitas KTP tertera dengan jelas alamat rumah Anda tentunya.

2. Fotokopi KK Atau Surat Nikah

Dokumen selanjutnya yaitu kartu keluarga yang memvalidasi dokumen sebelumnya yaitu KTP. Dari dokumen KK ini ada bukti bahwa antara KTP Anda KTP pasangan Anda merupakan pasangan suami istri yang sah. Sehingga apabila nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti macetnya pembayaran angsuran kredit yang diajukan, ada penjamin yang nantinya akan bertanggungjawab. Pihak bank mandiri syariah ini juga tentunya tidak ingin mengalami kerugian atas hal tersebut. Bagi Anda yang sudah menikah maka dapat mencantumkan bukti surat nikah kepada pihak bank agar dapat dibuktikan keasliannya.

3. Slip Gaji Atau Keterangan Penghasilan

Slip gaji merupakan sebagai bukti penghasilan setiap bulannya bagi Anda. Dari pihak bank mandiri syariah ini akan meminta bukti keterangan penghasilan selama 3 bulan terakhir. Dengan begitu dari melihat slip gaji yang diberikan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mengajukan kemampuan kredit Anda.

4. Keterangan Kendaraan Yang Akan Diajukan

Jika Anda akan membeli secara kredit kendaraan motor baru maka harus memberikan lokasi showroom dan harga kendaraan. Dengan adanya harga kendaraan yang diberikan oleh Anda maka dapat diketahui simulasi kredit motor di bank mandiri syariah. Karena tentunya Anda akan menyebutkan pinjaman awal untuk membeli motor tersebut.

5. Bukti Kepemilikan Tempat Tinggal

Bukti kepemilikan tempat tinggal ini menjadi dokumen yang sangat penting juga, lho. Dokumen yang diminta seperti PBB, rekening listrik, rekening telepon jika ada dan lain sebagainya. Bagi Anda yang sudah mempunyai tempat tinggal tetap maka akan mempunyai peluang yang sangat besar untuk dipenuhi permohonan kreditnya.

Simulasi Kredit Motor Di Bank Mandiri Syariah

Sebenarnya Anda sangat bisa sekali melakukan simulasi kredit di website resmi bank mandiri syariah dengan masukkan harga motor yang Anda inginkan. Misalnya Anda ingin menggunakan pembiayaan mudharabah dari bank mandiri syariah untuk membeli motor dengan harga 10 juta dengan DP minimal 3 juta rupiah, maka tenor 1 tahun dengan bunga 14,26%  angsurannya sebesar Rp 629.366. sedangkan untuk tenor 2 tahun dengan bunga 14, 61% angsurannya sebesar Rp 338.110. Jika Anda memilih tenor selama 3 tahun maka bunganya sebesar 14,96% dan angsurannya sebesar Rp 242.520.