avatardisplay_general
DISITU
06 Nov 2018

Simulasi Kredit Motor Pegadaian Syariah Dan Syaratnya

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181106/Banner/392.jpg

Pegadaian syariah merupakan transaksi yang berbasis syariah dengan motif adanya profit yang terdiri dari 2 jenis akad yaitu akad jual beli dan akad kongsi. Jadi setiap keuntungan yang diambil dari bisnis pegadaian syariah harus diperoleh melalui jual beli. Misalnya produk gadai syariah yang menggunakan akad pinjaman dengan memberikan BPKB yang dijadikan barang jaminan untuk sejumlah uang pinjaman. Selain itu juga Anda bisa menggadaikan sejenis emas perhiasan. Jadi agar Anda mengetahui bagaimana simulasi kredit motor pegadaian syariah maka harus melakukan proses pengajuan dengan sejumlah uang pinjaman.

Syarat Kredit Motor Pegadaian Syariah

Bagi Anda yang belum terdaftar sebagai nasabah di bank mandiri syariah maka harus mempunyai berbagai syarat untuk jadi nasabah. Karena jika belum menjadi nasabah tentu belum mempunyai history pinjaman di pegadaian syariah. Berikut ini syarat kredit motor pegadaian syariah :

1. Fotokopi KTP Dan Pasangan

Pegadaian-Syariah

Langkah yang paling awal yaitu terkait KTP ataupun SIM yang dijadikan identitas Anda. Seperti proses peminjaman pada umumnya memang dokumen seperti KTP ini masih berlaku penting. Dari dokumen ini sebagai informasi data diri yang lengkap sebagai pemohon kredit. Selain itu juga perlu adanya dokumen KTP pasangan Anda sebagai penjamin atas pinjaman tersebut, ya.

2. Fotokopi KK Atau Surat Nikah

Pegadaian-Syariah

Dokumen selanjutnya yaitu kartu keluarga yang memvalidasi dokumen sebelumnya yaitu KTP. Dari dokumen KK ini ada bukti bahwa antara KTP Anda KTP pasangan Anda merupakan pasangan suami istri yang sah. Sehingga apabila nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti macetnya pembayaran angsuran kredit yang diajukan, ada penjamin yang nantinya akan bertanggungjawab. Pihak pegadaian syariah ini juga tentunya tidak ingin mengalami kerugian atas hal tersebut. Bagi Anda yang sudah menikah maka dapat mencantumkan bukti surat nikah kepada pihak pegadaian agar dapat dibuktikan keasliannya.

3. Slip Gaji Atau Keterangan Penghasilan

Pegadaian-Syariah

Slip gaji merupakan sebagai bukti penghasilan setiap bulannya bagi Anda. Dari pihak pegadaian syariah ini akan meminta bukti keterangan penghasilan selama 3 bulan terakhir. Dengan begitu dari melihat slip gaji yang diberikan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mengajukan kemampuan kredit Anda.

 

Baca juga: 7 Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Liburan Tenang

 

4. Keterangan Kendaraan Yang Akan Diajukan

Pegadaian-Syariah

Jika Anda akan membeli secara kredit kendaraan motor baru maka harus memberikan lokasi showroom dan harga kendaraan. Dengan adanya harga kendaraan yang diberikan oleh Anda maka dapat diketahui simulasi kredit motor pegadaian syariah. Karena tentunya Anda akan menyebutkan pinjaman awal untuk membeli motor tersebut.

5. Bukti Kepemilikan Tempat Tinggal

Pegadaian-Syariah

Bukti kepemilikan tempat tinggal ini menjadi dokumen yang sangat penting juga, lho. Dokumen yang diminta seperti PBB, rekening listrik, rekening telepon jika ada dan lain sebagainya. Bagi Anda yang sudah mempunyai tempat tinggal tetap maka akan mempunyai peluang yang sangat besar untuk dipenuhi permohonan kreditnya.

6. Calon Nasabah Membawa Agunan Perhiasan atau Barang Yang Berharga Lainnya

Pegadaian-Syariah

Jika Anda akan melakukan pegadaian maka harus membawa barang yang akan digadaikan sebagai jaminan pinjaman. Misalnya emas seberat 20 gram yang sangat berharga bisa kamu gadaikan untuk mendapatkan pinjaman uang dari pegadaian syariah. Jika kamu tidak dapat melunasi angsuran maka dipastikan barang jaminan akan menjadi milik pihak pegadaian syariah.

Simulasi Kredit Motor Pegadaian Syariah

Sebenarnya Anda sangat bisa sekali melakukan simulasi kredit di website resmi pegadaian syariah dengan masukkan harga motor yang Anda inginkan. Misalnya Anda ingin menggunakan pembiayaan pegadaian untuk membeli motor dengan harga sebesar Rp 14.000.000. DP yang Anda bayarkan sebesar Rp 2.800.000 dengan tenor 2 tahun. Maka besarnya ujrah setiap bulannya sebesar Rp 112.000. Kemudian angsuran setiap bulannya sebesar Rp 578.667 yang sudah ditambahkan dengan ujrah. Demikian simulasi kredit motor sebuah pegadaian syariah yang dapat Anda pahami sebelum mengajukan kredit.