avatardisplay_general
DISITU
28 Nov 2018

Simulasi Kredit Motor Pekanbaru Dan Informasi Bunganya

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181128/Banner/Simulasi Kredit Motor Pekanbaru Dan Informasi Bunganya.jpg

Kemudahan kredit sudah menjangkau ke hampir seluruh Indonesia, termasuk Pekanbaru. Adanya kemudahan kredit ini menjangkau ke hampir semua lini kredit. Mulai dari perabotan rumah tangga hingga yang paling sering di lakukan yaitu kredit motor. Kemudahan kredit utamanya kredit motor ini membuat Anda sebagai warga Pekanbaru tidak perlu risau lagi saat membutuhkan motor baru. Tapi, sebaiknya Anda lebih dulu melakukan simulasi kredit motor Pekanbaru sebelum melakukan kredit motor.

Dibalik simulasi kredit ada beberapa komponen yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah komponen terkait bunga. Perlu diketahui jika bunga kredit ada beberapa macam. Selain macam-macam bunga kredit ada juga perbandingan kredit yang harus Anda ketahui sebelum memulai simulasi kredit.

Seputar Bunga Dalam Simulasi

Dalam simulasi ada berbagai macam hal perihal bunga kredit yang harus Anda pahami. Jadi ada baiknya jika Anda lebih dahulu mengetahui tempat tujuan kredit Anda menggunakan bunga yang mana. Ini penting karena nantinya berkaitan dengan hasil simulasi.

1. Bunga Tetap Dari Kredit Bunga Flat

Simulasi-Kredit

Pertama kita akan mengenal tentang kredit bunga flat. Di sini yang dimaksud dengan kredit bunga flat adalah kredit yang menggunakan bunga dengan jumlah tetap. Tidak hanya bunga saja yang tetap namun, angsuran tiap bulan juga tetap. Jadi plafon kredit yang Anda ajukan akan dihitung proposional berdasarkan jangka waktu kredit yang Anda ajukan. Nilai bunga yang Anda bayarkan akan terus dalam jumlah yang sama tiap bulannya. Bunga tipe ini adalah yang paling banyak digunakan.

2. Perhitungan Akhir Angsuran Dari Bunga Efektif

Simulasi-Kredit

Jika tadi kita sudah mengenal bunga flat sekarang saatnya kita mengenal angsuran dari bunga efektif. Jadi dalam kredit yang menerapkan bunga efektif, perhitungan pembayaran bunga dihitung berdasar saldo akhir pada setiap bulan. Hitungan bunga ini berdasar pada nilai pokok. Apa yang dimaksud nilai pokok di sini adalah nilai yang belum di bayar. Pada bunga efektif nilai bunga yang harus dibayar akan terus menurun setiap bulannya.

3. Mengenal Bunga Anuitas

Simulasi-Kredit

Selanjutnya ada bunga anuitas. Jenis bunga yang satu ini adalah bunga yang merupakan modifikasi dari jenis bunga efektif. Jadi pada kredit bunga yang satu ini Anda diharuskan membayar angsuran bulanan yang tetap. Namun komposisi antara bunga serta angsuran pokok berubah. Setiap bulan jumlah bunga akan mengecil. Namun, di sisi lain angsuran pokok akan semakin membesar.

 

Baca juga: 7 Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Liburan Tenang

 

4. Bunga Floating Modifikasi Bunga Anuitas

Simulasi-Kredit

Kalau tadi kita mengetahui adanya bunga anuitas yang berasal dari modifikasi bunga efektif sekarang ada bunga floating. Jadi bunga floating adalah modifikasi yang berasal dari perhitungan anuitas. Adanya modifikasi ini dikarenakan ada perubahan bunga tiap tahunnya. Tiap tahun bank menyesuaikan suku bunga yang diterapkan berdasarkan BI Rate. Inilah yang kemudian membuat bunga berubah. Kemudian munculan bunga floating. Jadi jumlah cicilan perbulan bisa berbeda untuk tiap tahun. Semua bergantung pada bunga yang diterapkan pada saat itu.

5. Kredit Tanpa Bunga

Simulasi-Kredit

Kredit tanpa bunga memang terlihat paling menggiurkan di antara kredit-kredit lainnya. Salah satu yang sering menerapkan kredit jenis ini adalah layanan kartu kredit. Tapi, jangan salah kredit tanpa bunga ini biasanya memiliki persyaratan tertentu. Untuk itu sebaiknya Anda lebih dahulu memahami terkait persyaratan dalam kredit tanpa bunga. Tentunya untuk mencegah Anda mengalami kerugian.

Simulasi Kredit Motor Di Pekanbaru

Jika tadi kita sudah selesai membahas terkait bunga kredit, sekarang saatnya kita untuk melakukan simulasi kredit motor Pekanbaru. Contoh kasus adalah kredit motor Yamaha Mio Z dengan harga Rp.15.800.000. Kreditur menerapkan pinjaman dengan bunga flat 8,6% pertahun dengan tenor 24 bulan. Maka cicilan tiap bulan adalah sebesar Rp.771.566.

Simulasi kredit memang menjadi hal penting saat akan melakukan kredit. Tapi, sebelum melakukan simulasi baiknya Anda mengerti terkait masalah bunga kredit. Ketahui dahulu jenis bunga kredit yang diterapkan dalam tempat Anda akan melakukan kredit. Setelah itu lakukan simulasi kredit motor Pekanbaru. Dari hasil simulasi tersebut Anda akan mengetahui berapa besar biaya yang harus Anda bayarkan tiap bulannya.