avatardisplay_general
DISITU
18 Mar 2019

Simulasi Kredit Motor Vario, DP & Cicilan Ringan

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201903/190318/Banner/Honda Vario.jpg

Honda Vario menjadi salah satu motor matic terbaik yang paling banyak diincar karena kualitasnya. Dengan keluaran terbaru CBS ISS honda vario 125 cc memberikan performa yang lebih gahar dan dilengkapi mesin yang canggih. Sekarang Anda bisa mendapatkannya lebih mudah dengan mengajukan kredit motor. Untuk mempersiapkan biayanya Anda bisa melakukan perhitungan dengan melakukan simulasi kredit motor vario. Ini dilakukan agar pembayaran cicilan nantinya bisa sesuai dengan penghasilan anda setiap bulan.

Kendaraan roda dua memang lebih banyak dibutuhkan karena harganya yang tidak terlalu tinggi. Apalagi jika membeli motor dilakukan dengan cara kredit. Anda hanya perlu mencicil biaya setiap bulan tergantung dari kesepakatan saat pengajuan. Perhitungkan pengeluaran tersebut dengan membuat simulasi kredit motor vario yang akan diambil. Buatlah 4 rincian berikut ini dalam menghitung simulasi kredit motor vario :

1. Harga OTR motor

Simulasi-Kredit-Motor

Jika akan melakukan perhitungan biaya cicilan Anda harus mempertimbangkan harga OTR. Harga ini berkaitan dengan biaya tambahan lainnya yang dibayar secara langsung. On The Road berarti pengambilan motor yang anda ajukan sudah mengcover pembayaran dokumen penting lainnya. Yaitu pembayaran pajak dan STNK yang akan menjadi milik Anda. Jika pengajuan kredit juga bersamaan dengan pembayaran tambahan tersebut berarti Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lain ketika motor sudah ada di tangan Anda. Jadi pertimbangkan apakah kredit tersebut sudah termasuk harga OTR atau belum.

2. Besaran uang muka yang akan diambil

Simulasi-Kredit-Motor

Ketika mengajukan kredit sepeda motor berarti Anda harus menyiapkan uang muka terlebih dahulu. Anda bisa membuat simulasi kredit motor vario dengan mempertimbangkan berapa persen dp yang akan dibayar. Biasanya pihak dealer sudah menentukan besaran dp yang wajib dibayarkan agar kredit tersebut berjalan dengan baik. Semakin besar pembayaran uang muka maka sisa hutang Anda semakin kecil. Jadi pertimbangkan dengan baik mengenai biaya yang satu ini.

Baca Juga : Pilihan List Kredit Motor Baru Cicilan Ringan

3. Memilih tenor yang tepat

Simulasi-Kredit-Motor

Besarnya cicilan setiap bulan dipengaruhi oleh masa tenor yang Anda ambil. Yaitu berapa lama kredit motor tersebut sampai waktu pelunasannya. Anda bisa menyesuaikan dengan kesanggupan finansial yang dimiliki. Jika memang cicilan yang lebih sedikit bisa Anda bayar setiap bulannya berarti memilih tenor yang lebih lama. Tapi jika masih sanggup membayar cicilan dengan biaya besar lebih baik ambil tenor dengan waktu singkat. Agar kebutuhan Anda yang lainnya tidak terhambat karena masih ada bayaran yang harus dilunasi.

4. Mengetahui besaran bunga

Simulasi-Kredit-Motor

Saat melakukan perhitungan simulasi kredit motor vario, besarnya bunga juga berpengaruh terhadap pengeluaran Anda. Karena setiap cicilan akan ditambahkan dengan bunganya. Biasanya bunga yang diberikan yaitu 1.56% untuk setiap bulannya. Namun ketentuan besarnya bunga harus Anda ketahui. Bisa jadi bunga yang ditetapkan akan bertambah tapi paling umum untuk kredit motor baru menggunakan bunga flat. Pembayaran bunga tidak boleh terhambat sama dengan cicilan karena jika terjadi harus dibayarkan pada bulan berikutnya.

Baca Juga : 5 Kesalahan Ketika Kredit Motor Honda Baru Murah

Setelah anda tahu apa saja yang harus diperhitungkan maka akan lebih mudah melakukan simulasi kredit motor vario. Semua biaya tersebut penting diketahui dengan langsung berkonsultasi pada pihak dealer. Setelah itu Anda bisa menghitungnya melalui kalkulator online ataupun secara manual. Dan jika hasil perhitungan tersebut masih sebanding dengan pendapatan Anda berarti bisa langsung mengajukan kredit motor vario.