04 January 2018 00:00

Mengetahui Lebih Sistem Kredit Diperbolehkan dalam Islam

DISITU

125.Sistem Kredit yang Diperbolehkan dalam Islam.jpg

Di dalam islam telah disebutkan bahwasanya kredit dibolehkan asalkan tidak mengandung unsur riba didalamnya. Kredit Angsuran Berjangka dalam islam sebenarnya juga telah banyak dijelaskan. Islam sangat menganjurkan saling tolong menolong diantara sesama, bahkan mengecam seseorang yang menolak atau bahkan tidak berkenan untuk menolong saudaranya.

Pengertian Kredit

Secara terminologis disebutkan bahwa kredit adalah menjual sesuatu barang kepada orang lain dengan sistematika pembayaran cicilan dalam jumlah tertentu dan dalam kurun waktu tertentu pula, atau bisa dikatakan mengandung harga yang lebih mahal ketimbang harga jual kontan. Kaidah fiqih menyebutkan “Jual beli itu pada dasarnya boleh kecuali ada dalil yang mengharamkannya”.

Dalil Al-Qur’an dan Hadits

Dalil dalam Q.s. Al-Baqarah :275 yang berbunyi :

Keadaan mereka yang seoerti itu sebenarnya disebabkan karena mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

Ayat tersebut juga berlaku untuk jual beli Kredit Angsuran Berjangka. Namun para Ulama’ berselisih pendapat tentang hal ini, karena Rasulullah SAW juga pernah melakukan jual beli dengan cara menunda waktu pembayaran, dijelaskan dalam hadits:Dari ‘Aisyah Ra : Bahwasanya Rasulullah SAW pernah membeli makanan dari seorang yahudi dengaan pembayaran tertunda dan menggadaikan baju besinya sebagai buroh atau gadai.(H.R Bukhari nomor 2134 ).

Pendapat Ulama

Kalangan Ulama’ berbeda pendapat mengenai hal tersebut, maka muncullah dua pendapat diantara Ulama’ yakni sebagai berikut :

  1. Pendapat yang mengharamkan

Pendapat ini dipegang oleh kalangan mayoritas ulama baik ulama pada zaman dahulu atau bahkan ulama sekarang. Dalil mengharamkannya karena terdapat dua jual beli dalam satu transaksi, misal : aku jual hp ini kepadamu dengan harga 2 jt jika dibayar kontan, apabila engkau membayar cicilan maka akan aku jual 2,5 jt”.

  1. Pendapat yang membolehkan

Sedangkan ulama yang membolehkan adalah sebagian ulama seperti ulama Asy-Syaukani. Sedangkan pendapat yang membolehkan memaknai berbeda akan contoh tersebut, setelah terjadi akad kemudian penjual dan pembeli berpisah namun tidak ada kesepakatan harga apakah dibayar kontan ataukah kredit.

Hasil Pendapat

Dari penjelasan tersebut dijelaskan bahwa kedua pendapat yang lebih kuat adalah pendapat yang membolehkan. Sebagaimana telah dijelaskan. Bahwa kredit yang berlaku sekarang ini bukanlah dua jual beli dalam satu transaksi, karena penjual dan pembeli akan menentukan sistem pembayaran yang akan dilakukan, yakni menggunakan akad angsuran/kredit. Jadi bisa dikatakan bahwa hanya ada satu transaksi jual beli. Sehingga pada asalnya hukum kredit adalah boleh.

Macam Kredit

  1. Kredit yang haram karena transaksi, karena memang barang tersebut tidak boleh dijual dengan kredit, yakni jual beli berupa : emas dengan emas, perak dengan perak, emas dengan perak, uang dengan emas, uang dengan perak dan uang dengan uang.

  2. Kredit yang diperbolehkan dalam islam adalah dengan menggunakan cara yang jauh dengan riba. Misal :seseorang menjual motornya dengan harga 9 jt dan diangsur selama 9x dengan cicilan 1 jt, maka hal ini diperbolehkan.

  3. Kredit haram dengan hal lain, bisa diperhatikan apabila membeli motor dalam dealer kemudian pembeli membayar dengan kredit. Misalkan harga motor 15 jt apabila dibayar kontan, dan pembeli akan membayar 20 jt jika membayar dengan cicilan. Nah hal inilah yang tidak diperbolehkan dalam islam, karena ada tambahan didalamnya.

Itulah penjelasan singkat terkait dengan Kredit Angsuran Berjangka dalam islam, bentuk kehalalannya jika tidak terjadi dua akad dalam satu transaksi maupun tidak ada ribawi didalamnya, dan apabila anda ingin mengetahui sistem pinjam meminjam termasuk kredit, kunjungilah sistus Disitu.com lengkap dengan penjelsan detail. Bingung cari pinjaman online terpercaya dan berbasis syariah? Disitu.com pilihan yang tepat!. Disitu.com akan menjamin keamanan lembaga pembiayaan yang kita tuju. Cukup dengan mengajukan proposal pinjaman dana online atau pinjaman dana langsung, Disitu.com juga menjalin kerja sama dengan perusahaan pembiayaan terbaik di Indonesia. Yang pasti dengan melihat bunga yang tidak terlalu memberatkan, Jangan khawatir dan jangan pernah ragu. DISITU siap menyelesaikan permasalahan keuangan Anda. Manfaatkan segera kredit multiguna DISITU, dan segera ajukan pinjaman kredit Anda secara online melalui www.disitu.com. Dapatkan pinjaman dana tunai dengan proses yang cepat dan mudah. 

Cari Kredit? DISITU Pilihanmu

cari-kredit-DISITU-pilihanmu