avatardisplay_general
DISITU
15 Oct 2018

Solusi Kehilangan Kendaraan Dengan Asuransi TLO

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181015/Solusi%20Kehilangan%20Kendaraan%20Dengan%20Asuransi%20TLO.jpg

Asuransi memang sangat dibutuhkan dalam perlindungan kendaraan, baik itu sepeda motor ataupun mobil. Dan asuransi untuk kendaraan sendiri tersedia dalam beberapa pilihan, salah satunya adalah asuransi TLO. Asuransi ini sendiri merupakan sebuah jenis pertanggungan asuransi kendaraan yang mana menjamin kerugian jika kendaraan tersebut mengalami suatu kecelakaan dengan kerusakan di atas 75% dari harga kendaraan, kemudian bisa juga disebabkan oleh kendaraan yang terbakar, hilang karena dicuri ataupun perampasan secara paksa. Pada asuransi ini sendiri untuk klaim asuransinya hanya bisa diajukan jika terjadi sebuah kehilangan total, dimana 75% tersebut menjadi patokan dan dipastikan kendaraan tersebut dalam kondisi yang rusak parah serta tidak mungkin bisa digunakan lagi. Untuk masa berlaku dari asuransi tersebut biasanya satu tahun dan juga uang pertanggungan jaminan serta akan terus berkurang pada tahun berikutnya. Karena nilai dari mobil akan menyusut setiap tahunnya, maka pada saat akan membayar premi di tahun berikutnya, ada baiknya jika Anda selalu mengecek diantara premi, kemudian nilai mobil dan juga uang pertanggungannya.

Jenis Kehilangan Yang Ditanggung Dan Tidak Ditanggung Asuransi TLO

Asuransi

Perusahaan sebuah asuransi TLO sendiri akan mengganti kerugian karena kehilangan kendaraan yang disebabkan oleh pencurian dengan kondisi mobil sedang dalam kondisi diam seperti pecuarian di area parkir, kemudian karena perampasan maupun penodongan. Sedangkan jika kendaraan tersebut hilang karena dibawa teman ataupun saudara, penggelapan maupun penipuan, maka hal tersebut tidak akan ditanggung oleh asuransi. Asuransi ini sendiri akan menjamin ganti rugi jika memang mobil tersebut rusak parah karena tabrakan, terguling, benturan maupun tergelincir dengan kondisi kerusakan di atas 75%.

Prosedur Klaim Asuransi TLO

Asuransi

Kemudian untuk prosedur klaim dari asuransi kendaraan TLO ini sendiri Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Menghubungi pihak asuransi secepatnya setelah mengalami kecelakaan ataupun mobil hilang karena dicuri, sebaiknya dalam waktu 3x24 jam. Hal tersebut menjadi prioritas utama untuk menghindari klaim asuransi ditolak dengan alasan sudah lewat dari jangka waktu yang mana sudah ditentukan.

  2. Anda perlu melaporkan kejadian tersebut kepada polisi untuk mengurus surat keterangan jika kendaraan Anda hilang dan juga surat blokir STNK.

  3. Jika mobil mengalami kecelakaan, ada baiknya jika mobil dibawa ke salah satu bengkel yang mana sudah ditunjuk oleh perusahaan asuransi dan jangan lupa untuk mengambil foto bagian dari mobil yang rusak dimana akan dijadikan sebagai barang bukti.

  4. Lalu Anda perlu mengisi formulir yang sudah disediakan dan mengisi laporan kerugian yang sudah Anda tandatangani. Adapun beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan adalah formulir klaim yang telah diisi, kemudian fotokopi polis asuransi mobil, fotokopi SIM, fotokopi STNK dan juga surat keterangan kepolisian setempat.

  5. Setelah itu nantinya perusahaan asuransi akan memproses laporan Anda, jika perlu nantinya akan dilakukan investigasi ulang. Dan secara umum proses pendaftaran tersebut sampai dengan penggantian dana membutuhkan waktu sekitar 14 hari kerja.

Biaya Klaim Asuransi TLO

Asuransi

Pada dasarnya untuk melakukan klaim asuransi TLO ini terbilang cukup mudah, namun Anda juga perlu membayarkan sejumlah biaya jika ingin melakukan klaim asuransi tersebut. Proses klaim asuransi yang mana Anda lakukan memang nantinya akan dikenakan biaya resiko sendiri atau sering disebut dengan own risk dimana besaran jumlah dari biaya tersebut tergantung dari kebijakan masing – masing perusahaan asuransi dan hal tersebut juga sudah diatur oleh OJK dimana jumlahnya sebesar Rp 300.000,- untuk setiap kejadiannya.