24 November 2017 00:00

Start Up atau Corporate?

DISITU

46.5 pinjaman dana untuk artikel bekerja starup atau corporate

Tuntutan ekonomi dan gaya hidup serta kemampuan yang dimiliki menjadi pertimbangan setiap orang dalam mencari pekerjaan. Bagi para pencari kerja baik fresh graduate atau pun bukan, kerap kali dipusingkan dengan pilihan seputar tempat kerja seperti apa yang cocok. Banyak pilihan tempat bekerja, anda bisa bekerja di corporate atau perusahaan besar yang telah memiliki nama dan menjanjikan gaji besar, sehingga anda tidak akan direpotkan lagi dengan urusan nafkah, mencari pinjaman dana bank untuk biaya makan ataupun pinjaman dana untuk kebutuhan mendesak.

 

Berbeda halnya jika anda tergolong orang yang senang bekerja dalam bidang kreatif, tidak berorientasi penghasilan, tidak terbebani dengan kemungkinan mencari pinjaman dana untuk kebutuhan hidup, dan suka akan tantangan. Tipe seperti itu sangat cocok berkarir di perusahaan baru atau yang saat ini kita kenal dengan sebutan startup. Pada intinya, di manapun kita bekerja, tempat tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi anda yang hendak memilih, berikut ini 5 perbedaan bekerja di startup dan corporate yang bisa anda sesuaikan dengan kemampuan dan minat anda.

1. Waktu Kerja

Bagi anda yang menyukai keteraturan dalam bekerja, korporasi merupakan pilihan tempat kerja yang tepat untuk anda. Berbeda halnya dengan korporasi, startup memiliki jam kerja yang lebih fleksibel, longgar dan tidak mengikat. Tipe kerja di startup terfokus pada “goal” yang harus dicapai bukan pada lamanya waktu kerja. Namun, kadang kala bekerja di perusahaan startup akan menuntut anda kerja lembur habis-habisan untuk mencapai target.

2. Budaya Kerja

Dalam korporasi terdapat hierarki dan batasan yang jelas antara senior dan junior, atasan dan bawahan. Menjunjung tinggi formalitas dan sopan santun dalam bersikap kepada orang yang posisinya lebih tinggi. Beda halnya jika anda bekerja di startup. Meskipun tetap ada struktur jabatan, namun sifatnya lebih fleksibel. Komunikasi yang terjalin antara atasan dan bawahan lebih santai dan tidak terbebani dengan unsur senioritas.

3. Gaji Dan Tunjangan Hidup

Himpitan ekonomi terkadang menjadi faktor utama banyak kalangan lebih memilih bekerja di korporasi. Gaji yang jelas, bonus, tunjangan, upah lembur yang akan di dapat karyawan sudah diatur dengan jelas. Mereka tidak perlu bersusah payah mencari-cari pinjaman dana untuk kebutuhan sehari-hari meski gajinya mungkin tidak terlalu besar karena disesuaikan dengan jabatan. Beda halnya dengan orang yang bekerja di startup, meskipun tidak selalu identik dengan gaji kecil, namun startup tidak selalu memberikan bonus untuk karyawannya. Kadang kala, anda harus bekerja lembur beberapa hari tanpa menerima upah lembur. Sehingga terkadang anda kekurangan biaya hidup dan mencari pinjaman dana untuk memenuhi kebutuhan.

4. Seleksi Masuk Perusahaan

Korporasi memiliki proses seleksi yang ketat dalam mencari karyawan. Anda harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pencari kerja lainnya. Beda halnya dengan startup, kesempatan terbuka jauh lebih besar, bahkan untuk fresh graduate sekalipun. Tidak ada proses pendaftaran yang berbelit, tes psikologi maupun tes wawancara lainnya.

5. Masa Depan Karir

Korporasi besar dan mapan cenderung lebih stabil, tidak mudah bangkrut dan menjanjikan pesangon untuk pensiunannya. Namun, anda harus merangkak lama sekali untuk sampai pada puncak hierarki perusahaan. Sangat bertolak belakang dengan startup yang sulit diprediksi, tidak ada yang bisa menjamin masa depan perusahaan maupun karir karyawannya. Jika perusahaan berkembang pesat, anda yang ikut membangun perusahaan akan mendapat untung besar. Namun, anda juga bisa kehilangan pekerjaan kapan saja.

 

berikut perbedaan bekerja di startup dan corporate yang bisa anda sesuaikan dengan kemampuan dan minat anda. namun jika perbedaan sebenarnya hanya karna  pinjaman dana , jangan bingung. Langsung saja kunjungi www.disitu.com. Kebutuhan Anda pun, dapat langsung terpenuhi! cukup dengan menjaminkan BPKB ataupun SHM/SHGB Anda.  pinjaman dana tunai langsung anda dapatkan,  DISITU selalu siap untuk membantu Anda!

Cari Kredit? DISITU Pilihanmu!