avatardisplay_general
DISITU
23 Dec 2018

Sudahkah Anda Beralih ke Tagihan Listrik Prabayar?

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181223/Banner/Sudahkah Anda Beralih ke Tagihan Listrik Prabayar.jpg

Tagihan listrik ada dua, yaitu tagihan listrik pascabayar dan tagihan listrik prabayar. Jika Anda memakai terlebih dahulu setrum listrik baru melakukan pembayaran tiap bulan, itu berarti Anda menggunakan sistem tagihan listrik pascabayar. Sebaliknya, jika Anda melakukan pembelian voucher listrik terlebih dahulu baru memakai setrum sesuai pulsa listriknya, itu berarti Anda memanfaatkan tagihan listrik prabayar.

PLN sedang gencar menyarankan para pelanggannya untuk memakai listrik prabayar. Jika Anda selama ini memakai listrik pascabayar maka disarankan untuk beralih ke listrik prabayar. Banyak keunggulan dan keuntungan jika Anda menggunakan listrik prabayar. Berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Tidak ada petugas pencatat meter yang datang ke rumah Anda

listrik

Anda tidak akan terganggu dengan datangnya petugas pencatat meter yang menyambangi kediaman Anda. Privasi Anda pun tidak terganggu dan Anda bisa beraktivitas dengan nyaman di rumah.

  1. Tidak ada sanksi pemutusan

listrik

Berbeda dengan pascabayar, jika menggunakan listrik prabayar Anda tidak dihantui sanksi pemutusan setrum. Risikonya minimalis, yaitu ketika Anda lupa mengisi meteran Anda, aliran listrik terputus sementara, dan bisa hidup lagi setelah Anda mengisi dengan pulsa listrik.

  1. Tidak ada denda keterlambatan

listrik

Karena sudah Anda bayar dari awal, tentu saja Anda tidak terlambat membayar tagihan listrik. Pemakaian listrik pun bisa nyaman tanpa dibebani denda keterlambatan. Anda hanya mendapatkan ketidaknyamanan untuk sementara jika pulsa listrik Anda habis dan Anda tidak langsung mengisinya. Lampu padam untuk sesaat dan bisa nyala lagi begitu Anda mengisi pulsanya.

  1. Tanpa uang jaminan pelanggan

listrik

Listrik prabayar tidak membebani Anda dengan uang jaminan pelanggan. Ini sangat menguntungkan karena Anda hanya diwajibkan membayar besarnya setrum listrik yang Anda pakai melalui voucher yang Anda beli. Tidak perlu diembel-embeli uang jaminan yang tidak penting.

 

Baca juga: 5 Model Motor Trail Honda Terbaru 2018

 

  1. Tidak ada biaya beban bulanan

listrik

Keuntungan lainnya, uang Anda bisa efisien, hanya untuk beli pulsa listrik sesuai dengan kebutuhan Anda. Biaya bulanan tidak ada. Besar kecilnya uang Anda untuk beli setrum listrik disesuaikan dengan besar kecilnya pemakaian listrik Anda.  

  1. Beli pulsa listriknya mudah

listrik

Seperti pulsa ponsel, beli pulsa listrik pun mudah. Bahkan, penjual pulsa listrik sudah menyebar ke berbagai penjuru tanah air. Anda bisa memilih hendak membeli di tempat terdekat atau sambil jalan-jalan keliling kota dan mampir ke kantor PLN untuk beli setrum listrik prabayar.

Selain keenam hal di atas, Anda juga bisa merasakan manfaat dari penggunaan listrik prabayar. Berikut ini tiga di antaranya.

  1. Anda bisa mengendalikan pemakaian listrik sehingga terhindar dari pemborosan.

  2. Anda bisa memantau pemakaian setrum listrik setiap saat.

  3. Anda bisa menyesuaikan biaya pemakaian listrik dengan kekuatan kantong uang Anda.

Listrik prabayar membantu Anda mengelola pemakaian setrum melalui meter elektronik prabayar (MPB). Dengan menggunakan kWh meter LPB (kWh meter Listrik Prabayar), Anda mendapatkan pasokan listrik sesuai dengan kemampuan Anda. Alat ini disertai dengan voucher isi ulang listrik atau token. Token adalah 20 digit angka yang unik dan berisi informasi untuk dimasukkan ke dalam kWh meter LPB. Anda bisa membeli token yang nilainya Rp 20.000 hingga Rp 1 juta.

Beralihlah ke tagihan listrik prabayar jika Anda belum menggunakannya. Nikmati keuntungan dan manfaatnya aga hidup Anda bisa semakin nyaman. Anda bisa mendaftarkan diri ke PLN untuk beralih ke sambungan listrik prabayar, atau mendaftar baru sebagai pelanggan setrum listrik yang dibayar di muka dan dipakai belakangan ini. Terangilah hidup Anda dengan tagihan listrik yang nyaman dan mudah Anda kendalikan.***