avatardisplay_general
DISITU
22 Feb 2018

Syarat Pinjaman BJB Syariah, Syarat Mengajukannya

https://disituapi.azureedge.net/artikel/385 Syarat Pinjaman BJB Syariah Ini yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Mengajukannya.jpg

Uang atau materi memang menjadi sebuah alat tukar utama yang digunakan untuk membeli beragam kebutuhan. Semakin hari, harga-harga kebutuhan hidup mengalami pelonjakan. Oleh karena itu tidak mengherankan jika suatu ketika sebagian masyarakat kekurangan dana untuk mencukupi kebutuhannya. Di saat seperti itu, tentunya anda perlu melakukan pinjaman dana ke beberapa bank atau lembaga finance tertentu. Ketika anda ingin mengajukan pinjaman, tentu ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Kira-kira, apa sajakah syarat pinjaman BJB Syariah? Inilah beberapa ulasannya.

Inilah Syarat Pinjaman BJB Syariah Yang Perlu Diketahui

Ketika hendak mengajukan pinjaman, tentu anda diminta untuk melengkapi dokumen persyaratan terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar pinjaman dana yang diajukan bisa segera cair. Hampir setiap lembaga finance atau bank memiliki patokan sendiri mengenai dokumen persyaratan pinjaman. Berikut ini ada beberapa persyaratan umum yang biasanya digunakan untuk mengajukan pinjaman dana.

1. Identitas Diri

Jika anda meminjam dana di negara Indonesia, maka identitas diri yang harus dilengkapi seperti Kartu Tanda Penduduk, SIM, atau yang lainnya. Biasanya, KTP merupakan identitas diri yang sangat wajib disertakan ketika hendak mengajukan pinjaman dana. Jika anda belum menikah, biasanya harus menggunakan KTP sendiri dan kedua orang tua sebagai pihak penjamin. Akan tetapi jika anda sudah menikah, maka wajib menyertakan KTP suami atau istri. Sebaiknya anda juga harus memastikan bahwa alamat rumah memang benar-benar sesuai dengan apa yang telah tertulis pada KTP yang bersangkutan. Hal ini agar di kemudian hari proses pencairan dana pinjaman yang diajukan lancar dan cepat. Akan tetapi jika alamatnya berbeda, maka anda bisa menyertakan surat keterangan domisili.

2. Akta Menikah

Selain beberapa dokumen persyaratan tersebut, masih ada beberapa dokumen lain yang juga tak kalah pentingnya. Salah satu dokumen yang cukup penting yaitu fotokopi akta nikah. Akta nikah ini juga cukup menentukan keberhasilan dari pengajuan dana. Akta nikah ini diperlukan untuk para calon peminjam yang telah memiliki suami atau istri. Dokumen ini dijadikan sebagai bahan bukti bahwa peminjaman yang diajukan memang atas dasar keputusan bersama (bagi yang telah menikah).

3. Kartu Keluarga

Syarat pinjaman BJB Syariah lain yang perlu anda lengkapi adalah Kartu Keluarga (KK). Dokumen yang satu ini biasanya digunakan untuk melihat jumlah tanggungan dari calon peminjam. Biasanya jika jumlah orang yang ditanggung terlalu banyak, maka peluang cairnya pinjaman akan semakin kecil.

4. Buku Tabungan

Persyaratan umum lainnya yang tak kalah penting adalah buku tabungan. Biasanya sebelum mengajukan pinjaman, anda perlu melampirkan cetakan transaksi di rekening selama kurun waktu tiga bulan terakhir. Cetakan transaksi di dalam buku rekening ini digunakan pihak bank untuk melihat saldo anda.

5. Slip Gaji

Gaji memang sebuah hal pokok dan penting yang digunakan sebagai salah satu pertimbangan pencairan dana. Sebaiknya anda mengajukan pinjaman dengan nominal yang sesuai dengan jumlah gaji. Tujuannya adalah agar pihak bank percaya bahwa anda memang memiliki kemampuan untuk membayar angsuran pinjaman tersebut. Oleh karena itu, slip gaji memang perlu dilampirkan sebagai salah satu syarat pinjaman yang diperlukan.

6. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Biasanya ada juga sebagian bank yang meminta calon nasabahnya untuk mencantumkan NPWP. NPWP ini digunakan pihak bank untuk mempertimbangkan pinjaman dana yang anda ajukan.

7. Surat Izin Usaha

Surat izin usaha ini hukumnya tidak wajib bagi semua orang. Akan tetapi, surat izin usaha ini biasanya dilampirkan sebagai ganti slip gaji bagi para pengusaha yang ingin mengajukan pinjaman dana. Adanya surat izin usaha ini bisa dijadikan pertimbangan oleh pihak bank dalam mencairkan dana pinjaman yang diajukan.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu