27 November 2017 00:00

Syariah VS Konvensional

DISITU

50.beda multiguna konvesional dan syariah untuk kredit pinjaman

Seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat, kini banyak dijumpai lembaga penyedia pinjaman dana dengan berbagai varian produk kredit. Kondisi ini menguntungkan kita yang mencari pinjaman dana, agar tidak terpaku pada pinjaman dana dari bank. Sebab, kebanyakan bank memberikan aturan yang cukup rumit, sehingga kurang sesuai untuk digunakan nasabah yang membutuhkan pinjaman dana secepatnya. Tak heran, banyak bermunculan lembaga pinjaman dana online yang mempromosikan produknya via internet. Berbicara tentang pinjaman dana, umumnya varian produk yang kita ketahui ada dua macam, yaitu konvensional dan syariah. Kira-kira apa saja perbedaan kedua produk kredit tersebut? Dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan mendasar antara kredit multiguna konvensional dan syariah. Simak pembahasannya berikut ini.

Perbedaan Legalitas yang Digunakan

Perbedaan mendasar yang pertama antara kredit multiguna (KMG) konvensional dan syariah terletak pada legalitas hukum yang digunakan. KMG konvensional berdasar pada hukum positif yang digunakan negara Indonesia seperti UU, sedangkan KMG syariah berdasar pada hukum Islam. Pedoman hukum inilah yang menjadikan KMG syariah mengharamkan sistem suku bunga yang dinilai merupakan uang riba’ (haram).

Perbedaan Akad

Perbedaan akad bisa dikatakan juga sebagai perbedaan perjanjian yang di lakukan di awal, antara nasabah dan peminjam.  Dalam KMG konvensional, jika kita meminjam sejumlah uang, kita harus mengembalikan uang tersebut beserta besarnya bunga yang telah ditentukan. Sedangkan pada KMG syariah tidak memberlakukan adanya bunga yang harus dibayar. Sebab, seperti disebutkan sebelumnya, jika bunga termasuk uang riba yang bersifat haram (tidak halal). Dalam KMG syariah juga dikenal beberapa akad peminjaman yang membedakannya dengan KMG konvensional, di antaranya :

  Akad Murabahah

Akad ini memiliki proses jual beli dengan cara mencicil. Artinya, jika kita ingin meminjam KMG syariah, kita akan ditanya untuk membeli. Apa. Misalnya mobil. Setelah itu, pihak lembaga pembiayaan yang akan membelikan mobil, dan kita akan mencicilnya dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Akad Ijarah Wa Iqtina

Hampir sama dengan akad murahabah, akad ijarah wa iqtina juga membelikan barang tertentu yang dicari oleh nasabah. Akan tetapi, barang tersebut bersifat sewa-menyewa. Artinya, dalam jangka waktu tertentu nasabah sama halnya dengan menyewa barang pada pihak pemberi pinjaman. Kemudian, pihak nasabah bisa membeli barang tersebut jika masa sewanya sudah habis.

Akad Mutanaqishah

Akad mutanaqishah menawarkan sistem investasi kepada nasabah. Misalnya, pihak pemberi pinjaman akan membayar pembelian rumah seharga 60%, maka sisa 40% menjadi tanggungan nasabah. Karena meminjam dana sebanyak 60%, maka nasabah harus melunasinya dengan cara mengangsur.. Setelah lunas, barulah nasabah akan memiliki rumah tersebut sepenuhnya

 Perbedaan Risiko

Selain perbedaan legalitas hukum dan akad, ada juga perbedaan resiko antara KMG konvensional dan KMG syariah. Ketika menggunakan KMG konvensional, maka apapun usaha yang nasabah lakukan, baik untung maupun rugi, nasabah harus tetap membayar semua pinjaman pokoknya kepada pihak peminjam. Sedangkan pada KMG syariah, jika usaha nasabah mengalami kerugian, nasabah akan diberikan keringanan tertentu sesuai akad. Salah satunya yaitu membayar tagihan porsi modal jika akadnya adalah capital sharing.

Demikian informasi mengenai perbedaan mendasar antara KMG konvensional dan syariah. Masih banyak varian produk pinjaman dana lainnya yang bisa kita pilih untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Salah satunya adalah pinjaman dana online. Kita bisa mencari pinjaman dana online hanya dengan modal koneksi internet. Jika masih meragukan keamanan pinjaman dana online, kita bisa memanfaatkan situs perantara pinjaman seperti Disitu.com. Situs ini akan membantu kita menemukan penyedia pinjaman dana online paling ideal sesuai kebutuhan kita.

Ajukan proposal pinjaman dana online atau pinjaman dana langsung. Tentunya dengan melihat bunga yang tidak terlalu memberatkan, Jangan khawatir dan jangan pernah ragu. DISITU siap menyelesaikan permasalahan keuangan Anda.Manfaatkan segera kredit multiguna DISITU, dan segera ajukan pinjaman kredit Anda secara online melalui www.disitu.com. Dapatkan pinjaman dana tunai dengan proses yang cepat dan mudah. 

Cari Kredit? DISITU Pilihanmu