avatardisplay_general
DISITU
25 Oct 2018

Tabungan Emas Begini Syarat Dan Manfaatnya

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181025/7.jpg

Informasi mengenai tabungan emas begini syarat dan manfaatnya mungkin sekarang mulai ramai dicari di internet. Hal itu tidak mengherankan karena memang saat ini banyak orang yang sudah mulai tergiur untuk menabung dalam bentuk emas. Tabungan emas juga merupakan suatu bentuk investasi yang cukup aman dan kemungkinan juga lebih kecil resiko untuk mengalami kerugian. Hal tersebut dikarenakan harga emas untuk jangka panjang tidak akan mengalami penurunan dan justru akan mengalami peningkatan. Investasi ini juga bisa Anda lakukan untuk mewaspadai kebutuhan jangka mendatang. Oleh karena itu Anda bisa menabung emas meskipun sedikit demi sedikit. Lantas apa saja syarat dan manfaat tabungan emas? Di bawah ini akan disajikan informasinya untuk Anda.

Syarat Tabungan Emas

Syarat untuk membuka rekening tabungan emas yaitu fotokopi identitas diri yang masih berlaku. Identitas diri yang harus Anda lampirkan bisa KTP/SIM/PASPOR. Kemudian setelah itu Anda mengisi formulir dan membayarkan biaya administrasi dan biaya fasilitas titipan. Lalu Anda membuat kesepakatan apabila membutuhkan dana tunai maupun menginginkan emas batangan. Lalu jika Anda menghendaki penjualan emas dan percetakan emas batangan harus menunjukkan buku tabungan dan identitas yang asli.

Manfaat Tabungan Emas

Manfaat yang akan Anda peroleh dengan menabung emas tentunya sangat banyak. Oleh karena itu pembuatan rekening tabungan emas tentu tidak akan membuat Anda menyesal. Lalu apa saja manfaat tabungan emas itu? Ini dia jawabannya :

1. Tabungan Emas Bisa Dilakukan Bertahap

Harga Emas

Manfaat ini biasanya akan dirasakan oleh kaum muda yang ingin membuka rekening tabungan emas. Patut dibanggakan bagi kaum muda yang sudah punya inisiatif untuk menabung emas. Karena terkadang pikiran kaum muda hanya untuk kebahagiaan sesaat tanpa mempertimbangkan kebutuhan mendatang yang tidak terduga. Nah, untuk menabung emas ini bisa Anda lakukan dengan berangsur mencicil dengan menabung uang sedikit demi sedikit mulai dari Rp 50.000. Dengan uang segitu maka Anda sudah bisa membuka rekening tabungan emas, lho. Apalagi kaum muda yang sudah mempunyai target masa depan untuk menikah dan lain sebagainya. Tentu sangat bermanfaat untuk meringankan biaya pernikahan, bukan?

 

Baca juga: 10 Tempat untuk menikmati liburan bersama keluarga

 

2. Harga Emas Semakin Meningkat

Harga Emas

Hal inilah yang mungkin menjadi alasan kuat kenapa sekarang informasi tabungan emas begini syarat dan manfaatnya banyak dicari di internet. Orang-orang jaman sekarang sudah semakin menyadari bahwa harga emas akan semakin meningkat setiap tahunnya. Sehingga investasi ini tidak akan mengalami kerugian karena justru Anda akan mengalami keuntungan. 

3.Tabungan Emas Ini Bisa Anda Titipkan Dengan Aman

Harga Emas

Harganya juga relatif terjangkau jika Anda memiliki kemauan yang keras untuk menabung. Hal tersebut tentu berbeda jika dibandingkan menabung/investasi lain yang tidak bisa dititipkan dengan aman. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk pembelian emas maupun penjualan emas karena juga sangat aman dan relatif kecil mengalami kerugian.

4. Tidak Ada Batasan Jumlah Emas

Harga Emas

Jadi jika Anda menabung emas ini tidak ada peraturan minimal emas yang akan Anda tabung. Seberapa pun emas yang Anda miliki akan bisa ditabung. Selain itu juga membeli emas tidak ada batasan jadi sesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki saja. Tabungan itu tidak perlu memaksakan jadi harus sesuai dengan kemampuan saja, ya.

5. Tabungan Emas Termasuk Dalam Ranah Syariah

Harga Emas

Bagi Anda yang mengkhawatirkan akan terjadi riba dalam sistem tabungan maka untuk tabungan emas ini sudah termasuk dalam ranah syariah, lho. Proses perjanjian yang dilakukan menggunakan akad murobahah dan akad wadiah. Sehingga investasi ini terbilang aman karena tidak mengandung unsur riba di dalamnya.

Nah dengan mengetahui informasi tabungan emas begini syarat dan manfaatnya ini tentunya anda sudah tidak usah ragu lagi untuk memulainya. Mari jemput banyak keuntungan dan manfaat dari tabungan emas.