avatardisplay_general
DISITU
13 Sep 2018

Tempat Gadai Sertifikat Rumah Non Bank

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180913/Tempat%20Gadai%20Serifikat%20Non%20Bank.jpg

Lembaga keuangan bukan bank atau Lembaga keuangan non bank merupakan sebuah badan keuangan yang melayani jasa keuangan selain yang dilakukan oleh Bank. Berbeda dengan bank yang memiliki fungsi utama sebagai penghimpun dana masyarakat dan menyalurkannya kembali. Lembaga keuangan non bank berfungsi untuk mendorong dalam pengembangan pasar modal. Melalui Lembaga keuangan non bank ini, masyarakat dapat mengajukan pinjaman baik dengan agunan maupun tanpa agunan. Adapun jenis agunan yang dapat dijaminkan seperti BPKB kendaraan, emas, sertifikat rumah dan sebagainya. Berikut ini beberapa tempat gadai sertifikat rumah non bank yang

1. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam atau biasa dikenal dengan koperasi kredit merupakan Lembaga keuangan non bank  yang bergerak dibidang simpan pinjam atau perkreditan. salah satu fungsi dari koperasi simpan pinjam adalah memfasilitasi peminjaman dengan agunan sertifikat rumah. Bunga pinjaman juga cukup kecil yakni 0,96% tiap bulannya. Selain itu persyaratan dalam mengajukan pinjaman juga mudah yaitu dengan melengkapi dokumen berupa Fotokopi KTP (Suami/istri pemohon), Fotokopi akta nikah, Fotokopi PBB dengan sertifikat rumah.

2. Pegadaian

Pegadaian adalah Lembaga keuangan non bank yang melayani pembiayaan dengan agunan. Memilih pegadaian merupakan solusi tepat bagi Anda yang hendak melakukan gadai sertifikat rumah non bank. Hal ini dikarenakan proses dalam pencairan dana yang cepat, mudah dana aman. Hal-hal yang perlu dipersiapkan ketikan akan menggadai sertifikat rumah di pegadaian, antara lain sertifikat asli rumah, fotokopi identitas (KTP dan KK) dan mengisi form permohonan titipan.

3. Lembaga Finance

Lembaga Finance merupakan perusahaan keuangan yang menyediakan pelayanan peminjaman dana dengan agunan. selain memberikan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah, Lembaga Finance juga melayani pembelian kendaraan dengan angsuran. Di Indonesia sendiri ada banyak Lembaga multifinance yang terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

4. Layanan Keuangan Digital

Untuk dapat menggadaikan barang berharga seperti sertifikat rumah sekarang ini dapat dilakukan melalui layanan keuangan digital. Saat ini ada banyak layanan keuangan digital salah satunya disitu.com. adapun cara pengajuan gadai sertifikat rumah yang dapat dilakukan melalui disitu.com dengan mengajukan diri dengan mengisi formulir. Form yang diberikan berupa informasi jaminan sertifikat rumah, lokasi rumah, luas tanah, luas bangunan dan data identitas diri.

Selanjutnya Anda dapat memilih jenis jaminan apakah sertifikat rumah atau sertifikat ruko. Dalam memilih sertifikat yang hendak dijaminkan pastikan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan finansial. Proses selanjutnya adalah mengirim form yang telah diisi dan menunggu proses verifikasi. Ketika proses verifikasi berhasil maka pinjaman uang dapat dicairkan.

5. Perorangan

Terlepas dari Aman tidaknya, menggadaikan sertifikat rumah ke perseorangan merupakan langkah alternatif paling mudah ketika membutuhkan dana cepat. Selain syaratnya yang mudah dana juga dapat cair dengan cepat. Namun hal yang perlu diperhatikan saat memilih gadai sertifikat rumah pada perseorangan yaitu memastikan orang tersebut benar-benar terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Itulah beberapa tempat gadai sertifikat rumah non bank yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pinjaman dana. Menggadaikan sertifikat rumah memang merupakan cara ampuh dan mudah untuk mendapatkan uang yang besar dengan cepat. Namun hal yang perlu diperhatikan yakni bahwa rumah adalah asset berharga yang Anda miliki.  Sebisa mungkin untuk segera melakukan pelunasan atau setidaknya rutin dalam membayar angsuran bulanan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal buruk seperti terkena denda penalty atau penyitaan asset.