avatardisplay_general
DISITU
27 Sep 2018

Tetap Merasa Aman Dengan Asuransi Perjalanan

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180927/Tetap%20Merasa%20Aman%20Dengan%20Asuransi%20Perjalanan.jpg

Banyak orang merasa bahwa asuransi perjalanan bukanlah hal yang penting ketika melakukan suatu perjalanan atau traveling. Namun karena kita tidak pernah tahu akan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang, ada baiknya jika kita selalu berjaga-jaga akan musibah yang mungkin dapat terjadi terlebih ketika kita sedang berjalan-jalan atau berada di negara lain.

Asuransi Perjalanan

Secara umum, fungsi asuransi perjalanan tak jauh berbeda dengan asuransi biasa. Asuransi perjalanan atau travel insurance merupakan produk pelindung yang hanya berlaku selama jangka waktu tertentu, yaitu saat nasabah melakukan perjalanan. Produk ini memberikan kenyamanan dan ketenangan untuk Anda, dimana kemungkinan resiko seperti penerbangan tertunda, pembatalan penerbangan, kehilangan bagasi, atau kecelakaan disaat perjalanan mungkin terjadi.

Salah satu jenis asuransi perjalanan yang paling umum adalah asuransi perjalanan internasional. Ada beberapa pilihan yang tercakup didalam asuransi ini, seperti asuransi untuk perjalanan biasa, asuransi khusus haji dan umrah, dan student assist atau asuransi khusus mahasiswa yang menjalani pendidikan di luar negeri.

Kemudahan yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan seperti ACA, ACE, AIG, dan AXA mandiri juga melayani pendaftaran asuransi perjalanan secara online dengan menggunakan kartu kredit untuk pembayaran premi asuransi.  Harga premi ini dinilai cenderung kecil dibanding total biaya perjalanan, hanya sepersekian persen dari total biaya perjalanan.

Lalu, hal apa saja yang akan ditanggung oleh asuransi perjalanan?

Secara umum, asuransi perjalanan menanggung biaya medis anggota selama melakukan perjalanan. Travel insurance juga memiliki perlindungan dari kehilangan bagasi, atau delay pesawat. Hal ini dapat menjadi pertimbangan karena biasanya maskapai tidak mengganti rugi atau hanya mengganti sebagian kecil biaya dari barang yang hilang. Beberapa premi tambahan juga dapat Anda dapatkan untuk perlindungan terhadap rumah yang mungkin akan anda tinggalkan dalam waktu yang cukup lama.

Proses pengambilan dana

Proses pengambilan dana atau klaim asuransi dapat dilakukan dengan dua skema. Skema pertama adalah apabila perusahaan tersebut termasuk dalam worldwide provider. Skema ini memungkinkan anggota untuk menunjukkan asuransi tersebut langsung kepada rumah sakit tempa perawatan sehingga biaya dapat langsung ditanggung oleh perusahaan asuransi.  Yang kedua adalah skema reimburse, dimana anggota dapat berobat terlebih dahulu dan harus meminta surat keterangan dari dokter sebagai bukti perawatan. Biaya penggantian rumah sakit ini dapat diklaim saat Anda kembali dari perjalanan.

Membeli asuransi sesaat sebelum melakukan perjalanan merupakan hal yang sangat disarankan. Namun, perlu diingat bahwa setiap perusahaan asuransi memiliki peraturan atau perjanjian hingga manfaat yang berbeda-beda didalam produk asuransi yang ditawarkan. Untuk itu, ada baiknya jika meneliti dahulu mengenai semua manfaat dan peraturan yang ada, tentang besar tanggungan yang akan diberikan, jangka waktu asurasni, negara mana saja asuransi berlaku, hingga cara dan ketentuan dari klaim asuransi tersebut.