avatardisplay_general
DISITU
03 Oct 2018

Tips Aman Gadai Sertifikat Rumah Tanpa Survey

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/101003/_Tips%20Aman%20Gadai%20Sertifikat%20Rumah%20Tanpa%20Survey%20(1).jpg

Saat ini gadai sertifikat rumah  menjadi andalan banyak orang untuk mendapatkan dana pinjaman. Banyak lembaga keuangan menawarkan gadai sertifikat tanah dengan berbagai penawaran. Hanya saja, lembaga yang menawarkan penawaran tersebut bukanlah lembaga resmi. Lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman jaminan sertifikat biasanya menerapkan syarat dan ketentuan tertentu. Dan tentunya dalam proses pencairan dana tidaklah langsung cair. Proses pencairan dana harus melewati  tahap-tahap yang membutuhkan waktu beberapa hari. Salah satunya adalah proses survey yang memakan waktu yang lama. Namun saat ini terdapat gadai sertifikat rumah tanpa survey. Berikut ini adalah tips aman gadai sertifikat rumah tanpa survey.

Gadai Sertifikat

1. Ketahui Tempat Pinjam Uang Yang Tepat

Sebelum Anda melakukan proses transaksi penggadaian sertifikat rumah tanpa survey, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu tempat yang ingin Anda tuju. Hal tersebut dapat meminimalisir tanggungan resiko yang nantinya akan Anda hadapi. Maka dari itu, pertimbangkan dengan baik dan matang-matang seperti apa tempat yang akan Anda tuju. Anda bisa menilai tempat mengajukan pinjaman dana dari suku bunga yang relatif lebih sedikit. Pilihlah lembaga keuangan yang memiliki reputasi yang bagus di khalayak umum maupun di dunia lembaga keuangan. Selai hal tersebut, Anda juga bisa melakukan survey untuk lebih yakin memantapkan kualitas lembaga keuangan tersebut.

Gadai Sertifikat

2. Bertekad Mengembalikan Pinjaman

Gadai sertifikat rumah bukanlah hal yang main-main, karena rumah merupakan aset yang sangat berharga dalam kehidupan Anda. Jangan sampai nantinya Anda kehilangan rumah Anda karena tidak sanggup untuk melunasi pinjaman Anda. Oleh karena itu, jika uang telah berada di tangan Anda, maka gunakanlah dengan sebaik mungkin. Pinjamlah uang yang sesuai dengan kebutuhan Anda serta kemampuan Anda. Jangan mentang-mentang gadai sertifikat rumah Anda mudah diterima, lalu Anda seenaknya meminjam uang tanpa mempertimbangkannya.

Gadai Sertifikat

3. Membuat Catatan Pengeluaran

Menulis semua pengeluaran yang Anda lakukan, akan mempermudah Anda dalam mengontrol uang pinjaman tersebut. Jangan pernah Anda menggali dua lubang sekaligus. Sebaiknya Anda mengoptimalkan uang pinjaman Anda tersebut terlebih dahulu serta tidak mengajukan kredit lagi di tempat yang sama. Anda bisa memprioritaskan hasil bulanan Anda untuk membayar cicilan pinjaman uang. Jika Anda susah untuk membagi uang, Anda bisa mencoba membuat rekening khusus untuk membayar cicilan tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membagi uang bulanan Anda.

Gadai Sertifikat

4. Terapkan 5C (Capacity, Character, Condition, Capital, Collateral)

Janganlah berharap besar dulu dengan pengajuan pinjaman gadai sertifikat rumah Anda akan diterima oleh pihak lembaga keuangan. Sebab, lembaga keuangan akan menimbang secara matang-matang untuk memberi pinjaman kepada Anda. Bank atau lembaga keuangan biasanya memiliki analisis yang dikenal dengan nama 5C dalam mengambil keputusan untuk mengajukan kredit seorang nasabah. Pada umumnya, terdapat beberapa aspek yang tidak disetujui oleh pihak lembaga keuangan. Aspek tersebut antara lain yaitu keadaan Anda yang sangat tertekan dalam kebutuhan yang mendesak. Ketika gadai sertifikat rumah menjadi cara akhir, maka bank akan berpikir bahwa Anda memiliki utang yang banyak di tempat lain. Bank juga akan mengevaluasi kemampuan financial Anda.

Gadai Sertifikat

5. Pahami Prosedur Dan Ketentuan

Tips aman selanjutnya adalah Anda harus mengetahui prosedur serta ketentuan yang ditetapkan oleh pihak lembaga keuangan. Anda harus cermati betul-betul setiap prosedur yang ditentukan oleh lembaga keuangan. Salah langkah sedikit saja ada kemungkinan Anda akan kehilangan rumah Anda yang berharga tersebut. Jadi ikutilah tahapan yang ada dan ketentuannya dengan sebaik mungkin.

Itulah ulasan mengenai tips aman gadai sertifikat rumah tanpa survey. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi Anda semua. Dan jadilah nasabah yang cermat dan cerdas agar tidak merugikan diri sendiri nantinya