avatardisplay_general
DISITU
05 Oct 2018

Tips Cari Tempat Gadai Sertifikat Rumah Di Lampung

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181005/Tips%20Cari%20Tempat%20Gadai%20Sertifikat%20Rumah%20Di%20Lampung.jpg

Menggadaikan sertifikat rumah merupakan salah satu cara yang saat ini banyak dilakukan orang demi mendapatkan dana pinjaman. Hal semacam ini banyak kita lihat di beberapa daerah termasuk Lampung. Saat memilih tepat gadai, ada tidak boleh sembarangan karena nantinya hal itu akan mempengaruhi proses peminjaman dana yang diajukan. Maka dari itu untuk Anda yang ingin mencari tempat gadai sertifikat rumah di Lampung, berikut tipsnya. 

Gadai Rumah

1. Kreditur Mempunyai Identitas Yang Jelas

Tips aman mencari tempat gadai sertifikat rumah di Lampung yang pertama adalah Anda harus mengetahui identitas pemberi kreditur yang Anda pilih. Hal ini penting untuk Anda perhatikan karena secara umum, identitas adalah hal penting yang harus ada dalam setiap transaksi. Data ini terdiri dari nama, alamat, nomor handphone, alamat kantor, dan lain sebagainya. Sebelum melakukan transaksi, identitas ini penting untuk Anda ketahui karena dari sinilah Anda bisa menganalisis apakah kreditur yang anda pilih terpercaya atau tidak. Selain itu Anda pun bisa menggunakan data tersebut untuk melaporkan ke pihak berwajib jika terjadi tindak penipuan. Hal ini dikarenakan sertifikat rumah merupakan barang berharga yang memiliki nominal jual tinggi dan sangat beresiko terjadi penipuan.

Gadai Rumah

2. Dilindungi Oleh Badan Hukum

Tips aman kedua ketika Anda ingin mencari tempat gadai sertifikat rumah adalah dengan mengetahui badan hukum yang melindungi pihak pemberi pinjaman. Hal ini penting untuk Anda ketahui karena secara umum semua lembaga keuangan terpercaya dilindungi oleh badan hukum tertentu. Salah satu badan yang melindungi lembaga gadai semacam itu adalah OJK. OJK merupakan singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan dan bertugas mengawasi serta memberikan ijin kepada lembaga pemberi pinjaman. Untuk itu sebelum Anda mengajukan gadai sertifikat rumah, ketahui dulu apakah pihak yang bersangkutan dilindungi oleh OJK atau tidak. Jika tidak, maka Anda bisa mencari tempat gadai yang lain karena sangat dikhawatirkan transaksi di tempat tersebut tidak aman. Untuk mengeceknya, Anda bisa menanyakan ke pihak customer service ketika melakukan survei.

Gadai Rumah

3. Memiliki Reputasi Yang Baik

Tips ketiga yang bisa Anda gunakan ketika mencari tempat gadai sertifikat rumah yang aman adalah dengan mengetahui reputasi tempat yang akan Anda tuju untuk mengajukan pinjaman. Hal ini cukup penting karena dengan memiliki reputasi yang baik, jelas tempat tersebut punya kualitas serta keamanan yang terjamin. Cara ini berlaku untuk anda yang ingin menggadaikan sertifikat di lembaga apapun baik bank, koperasi, atau yang lainnya. Dengan mengetahui reputasi tempat gadai yang Anda pilih, kemungkinan transaksi gadai bisa aman. Tidak hanya itu nominal pinjaman yang Anda inginkan juga mungkin saja bisa dikabulkan.

Gadai Rumah

4. Jangan Terlalu Mudah Tergiur Nominal Gadai Tinggi

Jangan mudah tergiur dengan pihak yang menawarkan nominal gadai tinggi, juga termasuk tips yang bisa Anda gunakan ketika ingin mencari tempat gadai yang aman. Secara umum, hal semacam ini sering kita lihat ketika ingin mengajukan pinjaman ke lembaga atau perorangan. Selain lembaga, terdapat pula beberapa situs gadai online yang juga menawarkan harga gadai tinggi dengan bunga rendah. Melihat hal semacam ini, Anda patut curiga ketika menemukan pihak yang memberikan penawaran seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Gadai Rumah

5. Jangan Menggadaikan Ke Rentenir

Tips aman mencari tempat gadai sertifikat rumah di Lampung yang terakhir adalah jangan sekali-kali meminjam dana ke rentenir. Seperti kita tahu, meminjam dana ke rentenir memiliki banyak resiko salah satunya adalah sulit untuk menebus barang yang dijadikan jaminan. Dengan bunga yang tinggi serta biaya administrasi yang lain, jelas akan memberatkan Anda ketika membayar cicilan. Maka dari itu jangan sekali-kali menggadaikan sertifikat rumah ke rentenir karena sangat beresiko tinggi