avatardisplay_general
DISITU
26 Nov 2018

Tips dan 10 Langkah Mengikuti Lelang Motor

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181126/Banner/10 Langkah Mengikuti Lelang Motor.jpg

Lelang motor sudah mulai dikenal oleh beberapa masyarakat. Banyaknya keuntungan yang diperoleh pada pelelangan menjadikan daya tarik tersendiri bagi sebagian masyarakat. Seringkali kondisi motor yang terbilang masih sangat bagus. Selain itu tentu saja harga yang dibandrol untuk motor lelangan juga murah.  Lalu bagaimana caranya mengikuti proses lelang motor? Berikut ini adalah 10 langkah mengikuti proses lelang motor :

1. Cek Jadwal Lelang Terbaru

lelang-motor

Langkah pertama untuk mengikuti pelelangan motor ialah Anda harus tahu dulu tentang jadwal lelang tersebut. Carilah informasi selengkap-lengkapnya mengenai jadwal lelang sepeda motor yang akan Anda ikuti. 

Anda perlu mengetahui kapan saja waktu-waktu lelang diadakan. Anda bisa mengecek langsung di tempat lelang motor. Selain itu Anda juga bisa mencari jadwal lelang sepeda motor tersebut melalui internet.

2. Cek Kondisi Motor Sebelum Hari H Pelelangan

lelang-motor

Biasanya sebelum hari H pelelangan, akan diadakan acara open house terlebih dahulu. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk terlebih dahulu melihat-lihat motor yang akan dilelang. Anda bisa saja mengecek motor lelang yang Anda incar pada saat itu. Dengan demikian nanti pada saat hari H pelelangan, Anda sudah tidak perlu bingung lagi untuk memilih motor yang mana yang akan Anda beli.

Selain itu, dengan melakukan cara ini Anda juga akan lebih hemat waktu dan tenaga pada saat proses pelelangan. Namun hal ini tentunya juga tergantung dari kebijakan pihak yang mengadakan lelang tersebut, apakah mengadakan sesi ini atau tidak. 

3. Daftar Sebagai Peserta Lelang

lelang-motor

Jika Anda ingin mengikuti lelang Anda perlu mendaftar sebagai peserta lelang. Cara mendaftarnya dengan membeli Nomor Peserta Lelang (NPL). Setiap satu NPL hanya dapat digunakan untuk menawar satu motor

4. Membayar Uang Jaminan

lelang-motor

Sebelum pelelangan setiap pendaftar wajib menjaminkan uang sebesar 1 juta rupiah untuk satu motor. Tak perlu khawatir, jaminan uang akan dikembalikan kepada peserta jika ternyata tidak mendapatkan motor saat proses pelelangan.

5. Registrasi

lelang-motor

Setelah membeli Nomor Peserta Lelang (NPL), peserta wajib melakukan registrasi. Registrasi dilakukan di lokasi lelang motor dengan membawa bukti pembayaran dan identitas diri.

6. Mengikuti Acara Lelang Motor

lelang-motor

Setelah proses pendaftaran selesai, peserta harus datang saat acara lelang diadakan. Peserta tidak dapat diwakilkan saat acara lelang, peserta yang tidak hadir tentu tidak akan mendapatkan motor yang diinginkan.

7. Membayar Pelunasan Lelang

lelang-motor

Peserta yang memenangkan motor lelang, wajib membayar sesuai harga kesepakatan pada forum lelang dalam jangka waktu tiga hari. Jika dalam waktu tiga hari tidak dibayar, kesepakatan lelang motor akan hangus.

8. Pengembalian Uang Jaminan

lelang-motor

Untuk peserta yang tidak menang dalam lelang motor, uang jaminan sebesar satu juta yang telah dibayarkan di awal akan dikembalikan secara penuh. Pengembalian uang jaminan dilakukan satu hari setelah proses lelang.

9. Pengambilan Motor

lelang-motor

Setelah seluruh pembayaran telah dilunasi, peserta dapat mengambil motor yang telah disepakati sebelumnya. Pengambilan motor dapat dilakukan pada hari yang sama dengan hari pelunasan.

10. Cek Kelengkapan Dan Dokumen-Dokumen

lelang-motor

Sebelum meninggalkan lokasi lelang, ada baiknya Anda mengecek kembali. Terutama terkait dokumen-dokumen motor baik BPKB maupun STNK. Pastikan nomor mesin sudah sesuai dengan yang ada di STNK dan BPKB. Kekurangan dan kecacatan tidak akan dilayani setelah Anda meninggalkan lokasi lelang.

Itulah 10 langkah mengikuti proses lelang motor. Nah dengan adanya penjelasan tersebut diharapkan Anda sudah tidak bingung lagi jika akan mengikuti proses lelang motor.