avatardisplay_general
DISITU
05 Dec 2018

Tips Dan Cara Untuk Merawat Motor Seken Agar Awet

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181205/Banner/Tips Merawat Motor Seken Agar Awet.jpg

Motor seken adalah salah satu alat alternatif manusia yang sering digunakan namun dengan uang yang cukup untuk membelinya. Dalam membeli motor seken ini kadang kita tidak tau kondisinya seperti apa. Kadang ada kondisi motornya masih bagus namun ada juga yang kondisinya sudah rusak atau harus diperbaiki. Namun jika kita bisa merawatnya maka motor seken akan sebanding dengan motor baru. Berikut ini tips merawat motor seken agar awet yaitu:

1. Selalu Memeriksa Kabel Koil Dan Busi

merawat-motor

Merawat motor seken sangatlah mudah jika kita tahu caranya. Cara yang pertama adalah memeriksa kabel koil dan busi. Kabel koil yaitu kabel yang menghubungkan arus listrik ke busi. Kabel koil ini harus diganti saat kondisinya  sudah tidak layak dipakai seperti rusak dan pengerasan pada kabel. Selain kabel koil, busi juga sangatlah penting  untuk motor. Busi ini berfungsi untuk melancarkan mesin motor. Apabila busi ini sudah usang  maka akan membuat mesin motor Anda  macet dan sulit untuk dihidupkan. Maka pastikan jika busi selalu dalam kondisi baik dan selalu rutin untuk memeriksa kabel koil dan busi.

2. Selalu Rutin Memeriksa Kelistrikan Motor

merawat-motor

Cara merawat motor seken selanjutnya yaitu selalu memeriksa  kelistrikan motor. Periksa listrik pada motor seken bisa Anda lakukan dengan cara menyalakan lampu depan, lampu belakang, klakson, starter dan lainnya. Jika semua kelistrikan itu berfungsi maka motor tersebut normal. Jika untuk antisipasi maka periksa hal-hal tersebut setiap hari.

 

Baca juga: Prinsip Asuransi Konvensional Vs. Asuransi Syariah

 

3. Rutin Periksa AKI Motor

merawat-motor

Merawat motor bekas bisa dilakukan dengan cara rutin memeriksa aki motor. Untuk sebuah motor, aki adalah memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai sumber listrik. Oleh karena itu, aki harus selalu dalam kondisi bagus. Aki bisa kita lihat dari air aki (basah), jangan sampai melewati batas maksimal. Aki juga memiliki daya listrik yang kuat jika aki ini sudah melemah maka sebaiknya cepat diganti. Jangan dipaksa karena jika aki dipaksa maka akan mengeluarkan korosi (warna putih). Jika korosi ini terjadi maka bisa menjalar kebagian yang menyalurkan arus listrik seperti lampu, dynamo dan lainnya. Jika motor tidak mau menyala maka jangan sampai Anda dorong karena itu akan merusak gigi transmisi motor Anda.

4. Selalu Mengontrol Oli Motor

merawat-motor

Merawat motor bekas harus bisa mengontrol oli pada motor. Oli ini ibarat air pada motor yang mengalir.  Fungsi dari oli adalah untuk melumasi komponen motor, seperti ring seher, stang seher, kruk as. Oli akan memudar warnanya, jika oli sudah tidak menghitam maka sebaiknya diganti dengan yang baru. Karena oli yang sudah memudar tidak bisa melumasi komponen motor secara maksimal. Maka sebaiknya ganti oli dan cek setiap bulannya.

5. Selalu Membersihkan Karburasi Motor

merawat-motor

Cara yang terakhir merawat motor bekas yaitu rutin membersihkan karburasi motor. Karburasi motor ini sangat penting untuk kenyamanan motor Anda. Jika suara motor Anda tidak terdengar halus atau terdengar kasar maka karburasi motor Anda kotor. Maka untuk kenyamanan motor Anda maka bersihkan karburasi motor Anda setiap bulannya. Untuk hasil yang maksimal maka bawalah ke bengkel yang terpercaya untuk servis motor.

Itulah beberapa cara merawat motor seken yang bisa Anda lakukan untuk motor Anda agar awet. Semoga dalam pembahasan kali ini bisa membantu Anda untuk merawatnya. Motor seken bukanlah barang rusak namun jika kita bisa merawatnya akan lebih bagus dari motor lainnya.