avatardisplay_general
DISITU
07 Sep 2018

Tips Jitu Agar Sukses Gadai Motor di OLX

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180907/Tips Jitu Agar Sukses Gadai Motor di OLX.jpg

Keputusan untuk menggadaikan barang yang dimiliki bisa saja Anda ambil saat sedang terjepit oleh kebutuhan finansial. Dengan perkembangan teknologi yang ada, proses pencairan dana pinjaman hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Bahkan saat ini pegadaian bisa ditemukan melalui media online. Contohnya OLX.co.id.

OLX bukan hanya situs yang menawarkan jual beli, tetapi juga berbagai macam jasa dan lowongan pekerjaan. Tak terkecuali dengan gadai barang. Melalui olx.co.id, Anda bisa menggadaikan sesuatu yang Anda miliki untuk mendapatkan pinjaman uang. Misalnya gadai motor. Bagi Anda yang tertarik dengan gadai motor di OLX, pahami dulu tips berikut ini agar sukses hingga akhir.

Pahami Sistem Kerja Gadai Motor di OLX

OLX tidaklah sama dengan situs jual beli atau marketplace lainnya yang ada di Indonesia. Jika marketplace lainnya berperan sebagai perantara yang menghubungkan penjual dengan pembeli, sementara OLX berperan sebagai pasar atau wadah bagi penjual dan pembeli untuk bertemu. Transaksi jual beli akan terjadi berdasarkan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Hal-hal yang terjadi selama proses transaksi, itu di luar tanggung jawab OLX.

Pihak yang menerima gadai motor di OLX bisa dalam bentuk kelompok/perusahaan atau perorangan. Jadi melalui OLX, Anda hanya akan menemukan informasi terkait perusahaan atau orang yang mau menerima gadai motor. Bila Anda tertarik, Anda harus melakukan komunikasi dengannya lebih lanjut.

Cermati Dulu Kebenaran Penerima Gadai Motor di OLX

Kita mesti tahu bahwa tidak semua orang di dunia ini selalu berniat baik. Di luar sana masih ada orang-orang yang mencari nafkah dengan jalan yang tidak halal. Salah satunya melalui modus penipuan di situs online. Oleh karena itu, Anda harus hati-hati setiap saat.

Cermati dan telusurilah dengan sedetail-detailnya mengenai pihak penerima gadai yang Anda minati tersebut. Tidak cukup hanya dengan membaca informasi yang terdapat di OLX, Anda pun harus mencari informasi lain yang lebih lengkap baik melalui online, cetak maupun mendatangi langsung kantornya.

Berhati-hatilah ketika pihak penerima merupakan perorangan. Jika harus COD atau Cash On Delivery, pilihlah tempat yang aman dan ramai serta ajaklah rekan kepercayaan Anda untuk menemani. Bila perlu pilih tempat yang memasang CCTV untuk berjaga-jaga.

Persiapkan Seluruh Persyaratan Dokumen

Apabila Anda sudah mendapatkan perusahaan atau orang yang mau menerima gadai motor di OLX, maka langkah selanjutnya ialah mempersiapkan dokumen yang menjadi persyaratan, seperti kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga, surat tanda nomor kendaraan (STNK), buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) dan motor yang akan digadaikan untuk dicek kondisinya.

Jika penerima gadai adalah perorangan, maka cukup motor, fotocopy KTP dan STNK saja yang diserahkan. Pastikan orang tersebut benar-benar dapat dipercaya dan bertanggung jawab. Akan lebih aman lagi jika Anda menggadaikan motor pada kerabat atau saudara dekat.

Pertimbangkan Nilai Bunga Gadai Motor di OLX

Pinjaman dana biasanya disertai dengan bunga yang nominalnya telah ditentukan. Pertimbangkan dengan baik besarnya bunga gadai tersebut. Jangan asal terima hanya karena butuh. Anda juga perlu memikirkan keberlanjutannya di masa depan. Bunga yang dibebankan harus dalam batasan yang telah ditentukan lembaga keuangan resmi seperti Otoritas Jasa Keuangan. Jika melebihi batasan, tentu akan merugikan Anda di kemudian hari.

Tips finansial selanjutnya bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi situs terbaik kami Disitu.com. Anda bisa membaca sekaligus mempelajari berbagai informasi menarik yang dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah finansial.