avatardisplay_general
DISITU
25 Oct 2018

Tips Sebelum Kredit Sumber Baru Motor Jogja

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181025/Tips%20Sebelum%20Kredit%20Sumber%20Baru%20Motor%20Jogja.jpg

Motor seakan merangkak dari kebutuhan tersier menjadi kebutuhan sekunder. Bahkan ada juga yang menempatkan motor sebagai kebutuhan primer. Sehingga tak heran kemudian banyak orang yang berbondong-bondong melakukan kredit motor. Biasanya kredit motor ini mengambil motor dari dealer-dealer ternama. Bagi warga Jogja, dealer yang banyak dijadikan rujukan saat akan kredit motor adalah Sumber Baru Motor Jogja. Tapi, sebelum melakukan kredit sumber baru motor Jogja ada satu hal yang harus dipertimbangkan yakni masalah keuangan.

Pertimbangan terkait masalah keuangan memang menjadi hal penting saat akan melakukan kredit. Untuk itu harus dilakukan perencanaan keuangan yang baik agar cicilan dapat dibayar dengan lancar. Berikut ini ada beberapa tips mengatur keuangan yang baik saat akan melakukan kredit motor :

1. Cari Motor Yang Sesuai Budget

Tips kredit

Sebaiknya menyiapkan budget adalah langkah awal yang Anda tempuh ketika memutuskan untuk melakukan kredit motor. Hal ini karena budget diperlukan untuk menjaga agar Anda tidak memaksakan memilih motor yang tidak sesuai kemampuan keuangan Anda. Di tengah desakan dan tuntutan pergaulan saat ini hal seperti itu tentu sangat mungkin terjadi. Untuk itu sebaiknya Anda harus menetapkan budget dan benar-benar menerapkannya dalam memilih motor. Pilih list motor yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Pemilihan motor yang sesuai budget menjadi hal krusial. Ini karena pada akhirnya biaya cicilan yang Anda keluarkan bergantung pada harga motor yang Anda beli. Tentu jangan sampai cicilan menunggak tak terbayar karena harga motor yang over budget.

2. Lakukan Simulasi Kredit

Tips kredit

Setelah memilih motor yang cocok, sebaiknya Anda mulai melakukan simulasi cicilan. Banyak tempat penyedia kredit motor online yang menyediakan fitur simulasi. Salah satunya adalah disitu.com. Selain memberikan kemudahan pengajuan kredit, disitu.com juga memberikan kemudahan dalam melihat cicilan tiap bulan. Ini berdasarkan ketentuan masing-masing mitra disitu.com yang menyediakan kredit.

Adanya simulasi ini akan membantu Anda menentukan besar cicilan tiap bulan. Besarnya cicilan ini sudah dihitung termasuk potongan pembayaran dari uang muka dan juga sudah ditambah bunga.

3. Buatlah Perencanaan Keuangan

Tips kredit

Jika Anda sudah mengetahui besar cicilan bulanan serta biaya minimum untuk uang muka sekarang saatnya Anda melakukan perencanaan keuangan. Inilah yang menjadi titik sentral dalam keuangan Anda selama melakukan cicilan kredit sumber baru motor Jogja. Perencanaan keuangan menjadi hal yang penting dan harus Anda rencanakan dengan baik.

Buatlah sebuah tabel perkiraan pemasukan dan pengeluaran dalam tiap bulan. Potong anggaran untuk pengeluaran yang menurutmu dapat dikurangi. Lalu dari potongan-potongan akan pengeluaran ini alokasikan ke dalam biaya cicilan motor. Jika memang memungkinkan, masukkan juga daftar pemasukan tambahan yang mungkin dapat Anda peroleh. Lakukan perencanaan keuangan secara umum dalam periode cicilan dan juga tiap bulan.

4. Pastikan Anda Mampu Membayar Cicilan

Tips kredit

Fungsi dari perencanaan keuangan tersebut adalah untuk memastikan jika Anda mampu membayar cicilan tiap bulannya. Adanya alokasi dana yang sudah Anda anggarkan untuk membayar cicilan tersebut tiap bulan. Ini menjadi penting, untuk mencegah Anda tidak mampu membayar cicilan atau tunggakan cicilan. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap track record kredit Anda ke depannya. Tapi, selain perencanaan keuangan diperlukan juga keseriusan dari Anda untuk menjaga agar cicilan tetap dapat dibayarkan dengan baik.

5. Catat Pengeluaran Dan Pemasukan Bulanan

Tips kredit

Untuk menjaga agar keuangan tetap berjalan dengan baik sesuai perencanaan keuangan maka diperlukan catatan pengeluaran dan pemasukan bulanan. Ini juga berfungsi untuk melihat aliran uang Anda selama sebulan. Sehingga jika ada pengeluaran berlebihan dapat Anda antisipasi untuk bulan selanjutnya. Selain itu ini juga untuk menjaga agar Anda disiplin dalam menerapkan perencanaan keuangan.

Tips-tips pengelolaan keuangan di atas dapat menjadi acuan ketika Anda akan melakukan kredit sumber baru motor Jogja. Adanya pengelolaan keuangan yang baik akan menghindarkan Anda dari kesulitan saat akan membayar cicilan. Sehingga keuangan Anda tetap sehat , track record kredit Anda pun tetap bagus.