avatardisplay_general
DISITU
19 Sep 2018

Tips Sebelum Melakukan Gadai Sertifikat Rumah Surabaya

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180919/Tips%20Sebelum%20Melakukan%20Gadai%20Sertifikat%20Rumah%20Surabaya.jpg

Surabaya merupakan salah satu kota terpadat di dunia. Dianggap sebagai metropolitan “kedua”, Surabaya memiliki aroma persaingan bisnis yang tidak kalah ketat. Ditambah lagi dengan area tanah bebas yang makin sempit. Hal ini bisa membuat siapa pun (termasuk Anda) hilang motivasi sehingga memilih pulang kampung dan melakukan gadai sertifikat rumah. Sebelum Anda melakukan gadai sertifikat rumah Surabaya, ada baiknya Anda pahami dulu cara-cara melakukan gadai sertifikat rumah yang benar.

Anda mungkin bertanya, kenapa memberikan judul tips dikhususkan pada aspek gadai rumah? Gadai sertifikat rumah adalah transaksi bernilai sangat tinggi. Lebih tinggi dari emas, bahkan. Maka dari itu, proses proteksinya harus lebih ketat. Dari berbagai sumber, berikut tips-tips yang mungkin perlu Anda ketahui sebelum mengajukan gadai sertifikat rumah Surabaya.

Gadai Surabaya

1. Ketahui Jenis Sertifikat Rumah Yang Anda Miliki

Sebelum melakukan gadai sertifikat rumah Surabaya, ketahui jenis sertifikat rumah yang Anda miliki. Hal ini sangat penting. Jenis sertifikat rumah akan memengaruhi segalanya dalam transaksi ini. Mulai dari diterima tidaknya transaksi, biaya, hingga bunga yang dikenakan. Semakin tinggi tingkat legalitas sertifikat maka semakin positif pula bagi transaksi gadai. Begitu pun sebaliknya.

Gadai Surabaya

2. Pahami Prosedur Gadai Sertifikat Rumah

Gadai sertifikat rumah adalah transaksi yang membutuhkan perlindungan tingkat tinggi. Karena itulah, prosedur birokrasinya bisa berbeda-beda tiap mitra gadai. Saat Anda telah menentukan mitra gadai yang dipercaya, jangan terburu-buru mengajukan uang jaminan padanya. Pahami dulu prosedur gadai sertifikat rumah di mitra yang dituju. Baru setelah benar-benar paham, Anda bisa melakukan gadai sertifikat rumah.

Gadai Surabaya

3. Lakukan Estimasi Awal Harga Penjaminan Rumah

Sebagai pemilik, Anda tentu yang paling tahu. Bagaimana rumah itu dibangun, berapa harga yang dibayarkan, serta biaya perawatan. Sebelum “menyekolahkan” sertifikat rumah Anda, lakukan estimasi harga penjaminan sedini mungkin. Sehingga saat terjadi kesalahan hitung dari pelayan gadai, Anda dapat langsung mengoreksinya.

Gadai Surabaya

4. Jaga Pengendalian Diri Saat Melakukan Gadai

Proses gadai sertifikat rumah bisa membutuhkan waktu berjam-jam dan menguras emosi. Hal ini bisa diakibatkan oleh banyaknya birokrasi yang harus dilalui untuk gadai sertifikat rumah. Diperlukan kesabaran dan pengendalian diri yang lebih jika seseorang ingin melakukan transaksi gadai sertifikat rumah dengan lebih sukses.

Gadai Surabaya

5. Pintar-Pintar Bernegosiasi

Tipikal di Indonesia, posisi mitra gadai cenderung lebih menguntungkan. Dibandingkan dengan nasabah, mitra gadai lebih berkuasa dalam menentukan harga gadai untuk sertifikat rumah. Namun jangan sampai Anda mau dibodohi. Pintar-pintarlah melakukan negosiasi sehingga Anda tidak dianggap sasaran “polos” untuk ditipu.

Gadai Surabaya

6. Pahami : Tidak Ada Depresiasi Nilai Dalam Gadai Sertifikat Rumah

Dalam gadai benda lain seperti alat elektronik atau kendaraan transportasi, ada biaya yang disebut dengan biaya depresiasi. Biaya ini memiliki pengertian bahwa setiap benda, dikenakan atau tidak, mengalami penurunan kualitas. Baik secara penggunaan maupun secara harga. Hal ini berbeda dengan gadai sertifikat rumah. Sertifikat rumah yang biasanya berbentuk kertas tidak akan berkurang nilainya jika didiamkan dalam brankas gadai. Selama apapun waktunya. Kertas bukanlah barang yang bisa mengalami depresiasi.

Gadai Surabaya

7. Pastikan Kelancaran Cicilan Gadai Secara Rutin

Supaya nama Anda tidak masuk blacklist BI Checking, pastikan Anda melakukan pembayaran cicilan gadai secara rutin. Gadai sertifikat rumah memiliki jumlah nominal tinggi, namun risiko yang harus ditanggung juga tinggi. Meleset sedikit saja saat melakukan pembayaran cicilan/bunga, maka nama Anda dapat tertera dalam daftar warga negara yang dilarang mengajukan kredit. Hal ini memang berat. Tapi ini konsekuensi yang harus ditanggung jika melakukan gadai sertifikat rumah.