avatardisplay_general
DISITU
26 Sep 2018

Trik Jitu Hindari Hutang Kartu Kredit

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180926/Trik%20Jitu%20Hindari%20Hutang%20Kartu%20Kredit.jpg

Hadirnya sistem pembayaran elektronik seperti kartu kredit memang sangat mempermudah seseorang dalam melakukan berbagai transaksi. Tidak perlu membawa banyak uang, cukup dengan satu kartu saja, berbagai kegiatan mulai dari belanja, transfer uang, sampai dengan membeli pulsa semuanya bisa dilakukan kapan pun.

Sayangnya di balik kemudahan tersebut, banyak orang tidak menyadari dirinya sedang berhutang terhadap bank. Penggunaan yang tidak mengharuskan pemilik memiliki saldo di bank terkait membuat banyak orang lupa diri dan tidak memiliki kontrol dalam berbelanja. Hasilnya tidak jarang banyak orang terjerat kartu kredit.

Agar Anda tidak pusing memikirkan hutang kartu kredit yang menumpuk di awal bulan, sebaiknya hindari dengan trik berikut ini:
 

  1. Gunakan Satu Kartu Kredit

Kartu Kredit

Masalah utama seseorang terjerat kartu kredit adalah karena memiliki lebih dari satu kartu. Memiliki lebih dari satu kartu kredit akan membuat Anda merasa punya banyak tabungan sehingga tanpa sadar banyak melakukan pengeluaran. Karena itu sebaiknya cukup memiliki satu kartu kredit dan buat batasan transaksi sesuai dengan kemampuan Anda.

 

  1. Buat Rencana Pengeluaran Setiap Bulan

Kartu Kredit

Selain mengurangi risiko terjerat kartu kredit dengan membuat satu kartu saja, cara pencegahan lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat rencana pengeluaran setiap bulannya. Hal ini penting sebab Anda jadi memiliki proyeksi mengenai hal apa saja yang perlu dibayar setiap bulannya. Cara ini juga akan membantu Anda untuk membuat rencana menabung setiap bulan sehingga tidak semua uang gaji habis begitu saja untuk keperluan yang tidak penting.

 

  1. Jangan Gunakan Kartu untuk Tarik Tunai

Kartu Kredit

Kartu kredit memang membantu Anda untuk melakukan pembayaran saat uang tunai di dompet tidak cukup atau kebetulan tidak membawa uang sama sekali. Namun bukan berarti Anda bisa terus menggunakannya untuk menarik uang tunai. Hindari hal tersebut karena bisa membuat Anda semakin boros dalam menggunakan kartu kredit. Karena itu jangan pernah lupa membawa uang tunai dan kartu debit agar Anda tidak tergoda untuk menggunakan kartu kredit.

 

  1. Bayar Penuh Setiap Bulan

Kartu Kredit

Cara terakhir yang bisa dilakukan agar tidak terjerat hutang kartu kredit adalah dengan membayar tagihan secara penuh setiap bulannya. Trik yang satu ini sangat penting sebab membayar dengan cara cicil hanya akan mebuat Anda jadi malas untuk melunasinya dan akhirnya justru terus menerus menumpuk di bulan selanjutnya. Karena itu penting untuk mencatat setiap transaksi yang Anda lakukan dengan kartu kredit setiap bulannya agar bisa mengetahui berapa jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Selain keempat cara di atas, hal utama yang bisa Anda lakukan agar tidak terjerat kartu kredit adalah dengan menahan diri atau melakukan kontrol diri. Banyaknya diskon atau promo menarik memang mampu membuat Anda tergoda, namun sekali lagi cobalah untuk tidak melakukan transaksi karena keinginan sesaat namun gunakan kartu kredit dengan bijak saat benar-benar dibutuhkan.