avatardisplay_general
DISITU
01 Jun 2018

Ulasan Lengkap Mengenai Bitcoin yang Wajib Anda Tau

https://disituapi.azureedge.net/artikel/755 Penting Sisihkan Rp5000 Tiap Hari Bisa Bikin.jpg

Pada era ini bitcoin sering banyak terdengar dan popular. Namun Anda mungkin saja satu dari sekian banyak orang yang penasaran kok harga bitcoin terus melonjak.

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan  menggunakan jaringan peer-ke-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal. Dimana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi. Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

 

Sumber Gambar: (Financial Tribune)

Siapa Saja yang Bisa Memainkan Bitcoin?

Semua orang bisa memainkan bitcoin karena keuntungan yang diberikan sangat besar dari bitcoin sendiri, sehingga menyebabkan orang-orang meninggalkan pekerjaannya dan mementingkan untuk bermain bitcoin.

Kenapa Bitcoin Saat Ini Populer?

Bitcoin menjadi populer Karena adanya kepercayaan yang tumbuh dari masyarakat lantaran bitcoin memberikan kepastian investasi. Sedangkan mata uang sah seperti Dolar Amerika, nilainya cenderung tidak dapat diprediksi. Sehingga, investor mulai mencari alternatif lain dalam investasi yang lebih memberikan kepastian keuntungan, yaitu dalam bitcoin.

Pada awalnya pengguna di Indonesia menggunakan Bitcoin hanya untuk membayaran web hosting saja namun lama - kelamaan berbagai start up meminati uang virtual ini. Tahun lalu pengguna Bitcoin hanya berkisar 8.000 akun saja namun kini telah melonjak bahkan hingga 7 kali lipat yaitu sebesar 56.000 pengguna. Sekiranya ada 200 Bitcoin yang digunakan per hari di Indonesia dan diprediksi akan terus naik tiap tahunnya. 1 Bitcoin setara dengan 5.7 juta rupiah yang tentu saja bisa ditarik ke akun rekening bank anda di Indonesia.

Banyak pula toko online yang menerima bitoin sebagai alat pembayaran bahkan microsoft juga menerimanya. Pamor Bitcoin memang tak bisa dipandang sebelah mata terlebih penggunanya terus meningkat. Tidak berhenti pada toko online atau software bahkan anda juga bisa membeli asuransi dengan uang virtual ini. Kelebihan uang virtual ini lainnya ialah tidak dikenakan biaya yang tinggi untuk transfer.

Adanya situs Bitcoin.co.id sangat membantu anda yang hendak menjual maupun membeli Bitcoin. Sayangnya Bitcoin.co.id masih kalah dengan itbit milik Singapura yang mampu mengumpulkan 2.000 Bitcoin setiap harinya. Di situs Bitcoin.co.id anda juga akan mendapatkan informasi up to date mengenai valuasi terbaru Bitcoin. Tidak hanya harga tertinggi maupun terendah saja yang bisa ditampilkan namun juga volume perdagangan hingga kapitulasi pasar. Bisa dibilang pendapatan situs ini sudah lumayan besar walaupun baru berdiri sejak 2013 yang lalu. Hal ini ditengarai pembeli dibebankan biaya sebesar 0.3 persen saja sedangkan untuk penjual tidak dikenakan biaya sepersenpun. Tak heran banyak orang suka sekali berdagang di situs bitcoin.co.id.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Bitcoin?

Sebuah pertanyaan yang terkadang agak susah untuk dijawab karena pertanyaan tersebut memiliki segudang jawaban yang berbeda-beda. Tetapi apabila Anda seorang yang benar-benar baru di Bitcoin dan pertama kali mengenal Bitcoin maka kami sangat menyarankan untuk melakukan 5 langkah awal untuk memulai langkah pertama anda dalam memasuki dunia Bitcoin:

1. Membuat Bitcoin Wallet

Silakan daftar di https://blockchain.info/wallet/new  pastikan anda memasukkan email anda. Catat identifier dan password anda (serta mnemonic). Pastikan jangan sampai anda melupakannya karena Blockchain.info tidak menyimpan password anda.

2. Mencoba memiliki bitcoin pertama anda

Apabila anda seorang yang baru mengenal Bitcoin, kami sarankan anda mencoba bertransaksi pertama kali melalui https://x.bitcoin.co.id. Silakan isi form beli bitcoin dan isi alamat bitcoin dengan wallet bitcoin address. Sistem akan otomatis menghitung berapa bitcoin yang akan anda dapatkan. Dalam 1 jam biasanya transaksi akan berjalan dan anda akan mendapatkan bitcoin pertama anda. Anda bisa mencoba bertransaksi dalam jumlah yang sangat kecil misalnya Rp 100.000 saja. Silakan login ke dalam bitcoin wallet anda (http://blockchain.info) untuk melihat bitcoin anda setelah anda mendapatkan pemberitahuan bahwa pembelian Bitcoin anda telah diproses.

Anda bisa juga menjual bitcoin anda kembali melalui https://x.bitcoin.co.id  untuk melihat proses bagaimana bitcoin anda terjual menjadi rupiah kembali.

Proses beli dan jual bitcoin tersebut adalah cara paling sederhana bergabung dalam bisnis Bitcoin. Beli di harga murah dan jual di harga mahal seperti transaksi emas. Dapatkan keuntungan dari situ. Terkadang dalam 1 – 2 minggu saja terjadi kenaikan lebih dari 100%

3. Membuat account dagang Bitcoin melalui link : https://vip.bitcoin.co.id/register

Pastikan anda membuka email anda setelah mendaftar dan klik link verifikasi pada email tersebut karena apabila account anda tidak diverifikasi dalam 24 jam maka akan secara otomatis terhapus dari database Bitcoin.co.id.

Account dagang ini akan membantu anda untuk membeli dan menjual bitcoin di harga yang lebih baik daripada https://x.bitcoin.co.id . Biaya yang dikenakan juga sangat murah yaitu 0.3%

4. Membeli bitcoin melalui https://vip.bitcoin.co.id

Kami sarankan berikutnya anda mencoba untuk bertransaksi melalui https://vip.bitcoin.co.id . Pada sistem Vip.Bitcoin.co.id ini berbeda dengan di X.Bitcoin.co.id karena anda sendiri yang menentukan harga Bitcoin yang ingin anda beli / jual.

Ini Perkembangan Bitcoin 5 Tahun Terakhir

 

Sumber Gambar: (Coin Desk)

Kami sengaja mengambil timeline 5 tahun terakhir, karena pada tahun 2012 bisa dibilang adalah awal kepopuleran Bitcoin. Kami yakin Anda pasti terkejut kalau mengetahui harga Bitcoin pada tahun 2012 lalu, yaitu kisaran Rp 50 ribuan.

Lalu mulai naik jadi Rp 1 jutaan pada tahun 2013. Pada awal tahun 2014, kembali meroket jadi Rp 10 jutaan. Lalu turun jadi Rp 3 jutaan di tahun 2015. Dan pada tahun 2016 hingga 2017 sekarang ini, meroket hingga Rp 15 jutaan.

3 Negara Didunia yang Memiliki Miners Terbanyak?

Proses penambangan untuk Bitcoin adalah proses yang cukup rumit sehingga memerlukan jumlah daya komputer dan daya listrik yang cukup besar. Oleh karena itu jumlah penambang Bitcoin terbesar secara geografis dapat ditemukan di negara-negara yang tidak hanya memiliki teknologi yang canggih, tetapi juga akses ke sumber energi yang lebih murah tersedia. Oleh karena itu, pertambangan cenderung condong ke negara dengan listrik lebih murah.

Selanjutnya di masing-masing negara, beberapa perusahaan mining telah memanfaatkan sejumlah besar kekuatan jaringan dalam upaya penambangan mereka – menciptakan struktur proses penambangan yang lebih terpusat. Hanya ada beberapa negara yang bisa memanfaatkan usaha penambangan terkonsentrasi semacam ini. Karena itu hanya sedikit negara yang mampu mengekspor Bitcoin dengan cukup baik dan maksimal. 3 negara berikut adalah contoh yang paling nyata.

  1. Georgia

 

Sumber Gambar: (Wikipedia)

Berbasis di Georgia, BitFury adalah salah satu perusahaan yang dikenal sebagai pemain terbesar dalam industri pertambangan Bitcoin. Mereka menawarkan pengembangan segmen bisnis dan menjual perangkat keras streaming yang efisien kepada para miner dan pebisnis.

Bitfury adalah salah satu perusahaan teknologi Blockchain dengan layanan penuh penuh dan salah satu penyedia infrastruktur swasta terbesar di ekosistem Blockchain. Dengan kemampuan itu pada tahun 2016, BitFury berhasil menambang sekitar 15% dari semua Bitcoin yang ada di dunia.

  1. Cina

 

Sumber Gambar: (Pixabay)

Meski selama peredarannya di negeri tirai bambu itu Bitcoin kerap mengalami kontroversi, namun tidak bisa dibantah jika China merupakan negara dengan miners paling besar di dunia. Selain karena listrik yang cukup murah di sana, beberapa perusahaan pertambangan Bitcoin  terbesar dunia, berbasis di Cina.

  1. Amerika Serikat

 

Sumber Gambar: (Wikipedia)

Sebagai negara yang paling ramah terhadap perkembangan cryptocurrency, tidak mengejutkan jika Amerika Serikat termasuk negara yang menguasai pasar Bitcoin dunia. 21Inc, salah satu perusahaan pertambangan Bitcoin yang berbasis di California, menawarkan solusi produk komputer Bitcoin21 mereka yang bertenaga rendah. Pada tahun 2016 lalu, mereka menguasai 3% dari semua Bitcoin dunia.

Meski Indonesia masih jauh untuk bisa menyusul ketiga negara tersebut, keberadaan platform cryptocurrency lokal seperti Bitcoin Indonesia (Bitcoin.co,id) diharapkan bisa memperbanyak miner lokal. Tertarik untuk mulai berinvestasi atau melakukan trading Bitcoin?

Wirausaha-Sukses