avatardisplay_general
DISITU
26 Dec 2018

Yamaha Jupiter Z atau Jupiter MX, Pilih yang Mana?

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181226/Banner/Yamaha Jupiter Z atau Jupiter MX Pilih yang Mana.jpg

Sebagai salah satu produsen motor yang paling populer di Indonesia, Yamaha selalu berusaha menghadirkan berbagai produk baru untuk kebutuhan yang berbeda. Salah satu pilihan motor yang menjadi jagoan Yamaha adalah Jupiter Z dan Jupiter MX. Sebagai jenis motor dari generasi Jupiter, dua motor ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini perbandingan Jupiter Z dan Jupiter MX sebagai pertimbangan anda sebelum melakukan kredit motor baru

Yamaha Jupiter Z

yamaha

Sebagai salah satu anggota generasi Jupiter, Jupiter Z merupakan salah satu produk andalan Yamaha yang sudah diproduksi dalam lima generasi. Yang paling populer adalah Jupiter Z generasi 115cc yang diklaim mempunyai spesifikasi mesin yang paling bagus diantara lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Jupiter Z.

Kelebihan

  • Kualitas mesin yang paling baik diantara generasi Jupiter yang lain yaitu menggunakan sistem SOHC dengan sistem silinder tunggal, 4 strike, 2 valve, dan berkapasitas mesin 115cc.

  • Ranka dan suspense motor kokoh karena menggunakan rangka steel pipe underbone. Motor ini juga sudah menggunakan suspensi dengan teleskopik sedangkan suspensi belakang menggunakan Swing arm Double Shock.

  • Desain bodi dibuat sporty yang tetap terlihat macho meski digunakan oleh kaum pria. Untuk menambah kesan sporty, motor ini menggunakan velg racing untuk tampilan yang lebih keren.

  • Pada sistem starter, motor ini menggunakan dua jenis starter yaitu electric starter dan kick. Dari segi transmisi, motor ini sudah menggunakan transmisi tipe 4.

  • Dari segi keamanan, motor ini sudah dilengkapi dengan rem cakram pada bagian depan serta rem tromol pada bagian belakang.

Kekurangan

  • Mesin masih menggunakan teknologi karburator dan belum menggunakan teknologi injeksi. Selain itu, penggunaan bahan bakar cenderung lebih boros dan tidak ramah lingkungan.

  • Bagian lampu depan belum menggunakan LED dan plat knalpot cenderung lebih cepat panas.

Yamaha MX

yamaha

Masih dalam keluarga Jupiter, Yamaha juga meluncurkan seri sporty yaitu Jupiter MX dengan beberapa kelebihan dan kekurangan sebagai berikut ini.

Kelebihan

  • Mesin Jupiter MX ini sudah mengadopsi teknologi dari seri motoGP yaitu Forged piston dan diasil cylinder yang berguna untuk membuat performa dan tenaga yang dihasilkan mesin menjadi semakin maksimal.

  • Desain cover bodi bagian depan, sayap, spatbor dibuat dengan desain baru yang lebih keren.

  • Berbeda dengan Jupiter Z, Jupiter MX ini hadir dalam dua varian yaitu tanpa kopling dan kopling. Untuk tipe kopling atau hand clutch, motor ini sudah menggunakan transmisi 5 percepatan. Fitur yang sama sudah pernah digunakan juga pada Yamaha Vixion.

  • Jupiter MX ini menggunakan karburator tipe Vakum Mikuni BS25 dengan teknologi Throttle Position Sensor atau TPS. Dengan menggunakan karburator tersebut, performa motor semakin tangguh dan kuat.

Kekurangan

  • Karena mengusung image sporty, Jupiter MX ini tidak dilengkapi dengan bagasi yang memadai serta tidak dilengkapi dengan gantungan untuk barang. Sehingga cukup sulit dan tidak terlalu fungsional untuk membawa barang bawaan.

  • Tidak dilengkapi dengan fitur takometer yang memperlihatkan perpindahan gigi, sehingga hanya mengandalkan feeling pengendara saja.

  • Pelek yang digunakan berkurang 2,5 inci termasuk cukup tipis dan kecil untuk ukuran motor cepat sehingga kurang stabil saat lewat di tikungan.

  • Untuk mencapai kecepatan maksimal dengan transmisi 5 gigi membutuhkan lintasan yang panjang dan lurus sehingga motor bisa mencapai kecepatan maksimal 120 km/jam.

Dua pilihan motor ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan yang tepat bisa berbeda untuk setiap orang tergantung dengan kebutuhan masing-masing.