avatardisplay_general
DISITU
14 Jul 2018

Tempat yang Menerima Gadai Mobil Rental, Yuk lihat

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201807/180714/22 Tempat%20yang%20Menerima%20Gadai%20Mobil%20Rental,%20Yuk%20lihat.jpg

Praktik gadai mobil tanpa menggunakan BPKB mungkin sudah marak dilakukan. Biasanya mobil tanpa BPKB yang diterima adalah mobil kredit dengan keterangan dari pihak penyedia kredit. Namun tidak sedikit penyedia gadai yang menerima gadai mobil rental tanpa BPKB dan tanpa keterangan yang jelas. Padahal tidak adanya BPKB ini dapat menjadi bumerang bagi pihak gadai dikemudian hari. Jika mobil ternyata tidak bermasalah tentu pihak gadai dapat bernafas lega. Tapi, bagaimana jika gadai mobil tanpa BPKB karena mobil tersebut adalah mobil rental? Sebenarnya ada atau tidak tempat yang menerima gadai sebuah mobil rental? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya dimengerti dulu terkait syarat gadai mobil. Dari sana akan didapat kesimpulan terkait gadai sebuah mobil rental.

Syarat-Syarat Dalam Melakukan Gadai Mobil

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan dalam melakukan gadai. Syarat-syarat inilah yang harus diperhatikan oleh pihak yang akan menggadaikan mobil. Berikut ini beberapa syarat untuk melakukan gadai mobil.

1. Harus Menyertakan BPKB

Gadai Mobil

Syarat yang pertama adalah terkait dengan BPKB. Adanya BPKB menjadi bukti kepemilikan dari kendaraan tersebut. Untuk itu pihak yang akan menggadaikan mobilnya diminta menyerahkan BPKB. Biasanya tempat gadai akan menahan BPKB hingga kendaraan tersebut dilunasi masa peminjamannya. Adanya BPKB dianggap sebagai syarat utama dalam melakukan gadai mobil. Ini untuk mencegah adanya mobil yang ternyata bukan milik pihak yang menggadaikan mobil tersebut. Untuk kasus tanpa BKPB akibat kredit dapat diatasi dengan melakukan take over kredit dari pihak penyedia kredit kepada pihak pegadaian.

2. Mobil Dalam Kondisi Baik

Gadai Mobil

Kondisi mobil juga harus diperhatikan saat hendak melakukan gadai. Jika kondisi mobil tersebut membutuhkan perbaikan banyak tentu ada kemungkinan gadai mobil akan ditolak. Kalau pun diterima biasanya dihargai dengan harga pinjaman yang lebih rendah. Ini karena mobil tanpa kondisi prima tentu tidak memiliki nilai jual yang sama dengan mobil dalam kondisi prima. Maka pihak yang akan menggadaikan mobil harus menyiapkan mobilnya dalam kondisi baik. Apalagi jika akan menuju proses survei. Mobil dalam kondisi baik perlu dipersiapkan jauh-jauh hari.

3. Syarat Identitas Jelas

Gadai Mobil

Identitas penggadai mobil tentu menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi. Jika identitas penggadai tidak jelas maka biasanya pihak gadai tidak akan menerima gadai tersebut. Apalagi jika identitas tidak lengkap seperti syarat. Pihak pegadaian memiliki syarat-syarat identitas yang harus dipenuhi oleh pihak yang akan menggadaikan barangnya. Syarat-syarat identitas inilah yang harus lebih dulu dilengkapi oleh pihak yang akan melakukan gadai mobil. Biasanya syarat-syarat tersebut mencakup KTP, KK dan syarat lain seperti slip gaji atau NPWP.

4. Melakukan Prosedur Sesuai Yang Diterapkan Di Tempat Gadai

Gadai Mobil

Setiap tempat gadai memiliki prosedur tersendiri. Kebanyakan memang memiliki prosedur yang sama. Namun tidak sedikit juga yang memiliki prosedur berbeda. Untuk itu ketika akan menggadaikan kendaraan sebaiknya prosedur gadai harus dilihat terlebih dahulu. Pihak yang akan menggadaikan barangnya diminta untuk memenuhi prosedur gadai sebelum pada akhirnya melakukan gadai. Untuk itu prosedur gadai sebaiknya dipenuhi dengan baik.

5. Mobil Milik Sendiri

Gadai Mobil

Terakhir syarat yang harus dipenuhi dalam gadai mobil adalah terkait kepemilikan mobil. Banyak pihak gadai yang menerima gadai mobil rental karena tidak tahu menahu terkait kepemilikan mobil. Ini karena mobil yang digadai harus dipastikan milik sendiri. Mobil gadai yang bukan milik sendiri tentu rawan merupakan hasil kejahatan atau bermasalah. Sehingga harus dipastikan jika mobil tersebut milik sendiri. Itu dibuktikan dengan beberapa poin di atas seperti BPKB dan identitas.

Kelima poin di atas merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh pihak yang akan menggadaikan mobilnya. Syarat-syarat tersebut tentu harus dipenuhi agar mobil dapat disetujui untuk menjadi agunan. Jika gugur satu syarat otomatis pihak gadai tidak dapat menerima mobil yang akan digadaikan. Utamanya syarat adanya BPKB dan kepemilikan mobil. Berangkat dari syarat tersebut pihak gadai selama ini tidak dapat menerima gadai mobil rental. Karena mobil rental dianggap tidak memenuhi syarat terkait BPKB dan syarat kepemilikan.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu