avatardisplay_general
DISITU
08 Jul 2018

10 Cara Usaha Dengan Modal Kecil Bagi Pemula

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180708/10 Cara Usaha Dengan Modal Kecil Bagi Pemula.jpg

Zaman sekarang bisnis bukanlah hal yang baru, banyak hal-hal kecil disekitar kita yang bisa dijadikan ide bisnis. Mulai dari jualan makanan ringan, acessories, jasa pengetikan dan lain-lain. Namun, kebanyakan orang mengeluh diawal-awal ingin membuka usaha. Banyak orang mencari cara usaha dengan modal kecil. Modal adalah poin utama dalam memulai bisnis. Bagi Anda yang berencana usaha sendiri tapi hanya punya sedikit modal tidak usah khawatir. Diluar sana banyak sekali pebisnis sukses yang memulai usahanya dengan modal receh. Tentunya bagi Anda yang masih pemula sangat dibutuhkan panduan cara membangun usaha dengan modal kecil yang efektif. Anda bisa mencoba 10 cara usaha dengan modal kecil bagi pemula berikut ini:

1. Bentuk Mindset Bisnis

Yang namanya bisnis itu pasti ada untung dan ruginya. Percaya atau tidak hal itu pasti akan menjadi makanan harian pebisnis. Jadi, buat Anda yang berniat membangun bisnis terutama dengan modal yang pas-pasan bentuk mindset bisnis dulu. Hambatan dan tantangan itu pasti. Kondisi lapangan tidak mesti sama dengan perkiraan awal maka dari itu Anda harus memiliki mental baja agar tetap bertahan.

2. Bulatkan Niat

Jangan bilang mau bisnis tapi sekedar iseng-iseng saja. Tidak pas, Anda tidak akan mencapai hasil yang maksimal dan akhirnya menyerah di tengah jalan. Hal ini akan jauh beda bila Anda sudah lebih dulu membulatkan niat sebelum usaha.

3. Tentukan Jenis Usaha Yang Akan Ditekuni

Ini penting. Anda harus tahu jenis usaha apa yang akan Anda bangun. Usaha sederhana seperti kios pulsa dan perdana, membuat kripik, handycraft, atau yang lainnya. Semua itu bisa menjadi pilihan Anda. Pada akhirnya, jenis usaha yang Anda pilih akan menentukan besarnya modal yang dikeluarkan.

4. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar sangat penting untuk menentukan pesaing yang memiliki usaha yang sama. Dari sini, Anda akan mendapatkan referensi jenis usaha, cara pengelolaan dan cara bertahan di tengah persaingan pasar.

5. Hitung Modal Yang Harus Dikeluarkan

Setelah ke empat hal diatas dilakukan, jangan lupakan poin ini. Mengapa? ingat tidak ada usaha yang bisa dijalankan tanpa adanya modal. Lakukan perhitungan dengan teliti, kurangi hal-hal yang tidak perlu dan cari jalan alternatif untuk menekan pengeluaran.

6. Kurangi Biaya Operasional Dengan Efektif

Mengapa Anda perlu menghemat biaya operasional? Bengkaknya biaya operasional yang dikeluarkan akan berimbas pada modal yang harus dikeluarkan. Misalnya, usaha krupuk terasi. Saat cuaca sedang panas manfaatkan sinar matahari dengan baik, kurangi pemanfaatan mesin pengering.

7. Tentukan Lokasi Usaha Yang Strategis

Semakin strategis lokasi, kemungkinan untuk dilirik konsumen semakin besar. Tetapi lokasi yang srategis memiliki tarif yang tinggi Untuk menyikapinya Anda bisa membuka usaha rumahan yang memberikan layanan delivery. Sebagai tempat pemasaran Anda bisa gunakan media sosial.

8. Anda Punya Keahlian, Manfaatkan!

Keahlian atau softskill adalah nilai plus yang bisa digunakan untuk berbisnis. Misalnya, Anda punya keahlian membuat accesories, Anda bisa membuat lebih banyak varian accesories. Pemasarannya bisa dengan sistem titip di toko-toko pakaian, atau online sendiri di media sosial. Ini akan lebih efektif, dibanding usaha di luar passion. Selain membutuhkan tambahan pekerja yang ahli di bidang itu, sangat disayangkan karena banyak modal yang harus keluar.

9. Bahan Baku Yang Murah Tetapi Sehat Dan Baik

Tidak perlu menggunakan bahan yang mahal dan branded. Cukup gunakan apa yang biasa dijual dipasarkan, asalkan ada jaminan higienis, baik dan tidak expired.

10. Promosi Melalui Sosial Media

Anda punya berapa akun media sosial? Manfaatkan sebagai lahan berbisnis. Banyak hal yang bisa dimulai disini mulai dari menawarkan produk sendiri atau produk orang lain.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu