avatardisplay_general
DISITU
29 Nov 2017

10 Orang Terkaya Indonesia yang Bisa Jadi Inspirasimu

56.pinjaman uang bantu orang terkaya di Idonesia

Kita sering berpikir menjadi orang kaya adalah keinginan mustahil untuk diwujudkan seseorang yang terlahir miskin. Kita pasti mengira orang seperti ini akan terus hidup miskin, serba kekurangan, dan terlilit banyak hutang. Jika mereka hendak mencari pinjaman uang, kita pasti enggan memberinya karena takut tidak akan dibayar. Padahal, tidak semua orang miskin akan selamanya menjadi miskin.

Hal ini dibuktikan oleh 10 orang ini. Mereka pernah hidup miskin, namun kini menjadi orang terkaya di Indonesia. Bahkan, salah satu diantara mereka mengaku pernah melakukan pinjaman uang untuk membangun usahanya. Siapa sajakah mereka? Berikut kisah 10 orang terkaya di Indonesia yang pernah hidup miskin.

1. Eka Tjipta Widjaja, CEO Grup Sinarmas

Eka lahir dari keluarga miskin dan masa kecilnya dihabiskan dengan berjualan barang-barang kelontong secara keliling. Bahkan, dia hanya tamatan SD. Namun, kegigihannya berjualan keliling dengan mencari pemasok sendiri membuatnya sukses membangun usaha.

2. Sudono Salim, CEO Grup Salim

Pebisnis bernama asli Liem Sioe Liong ini adalah seorang anak petani miskin yang hidup kekurangan. Dia pernah putus sekolah dan menjajakan mie semasa kecil. Setelah masuk ke Indonesia, Salim menjadi pemasok cengkeh dan akhirnya sukses merintis usahanya sendiri.

3. Ciputra, CEO Ciputra Group

Ciputra kecil mengalami kehidupan serba sulit karena ayahnya diduga mata-mata penjajah dan ditangkap orang tak dikenal. Namun, berkat kerja kerasnya Ciputra kini menjadi pebisnis sukses di bidang properti.

4. Theodore Permadi Rachmat, CEO Grup Astra

Teddy pernah menjadi sales dan berstatus pegawai magang di perusahaan keluarganya sendiri. Namun, pengalamannya itulah yang membuatnya sukses memimpin Grup Astra.

5. Tommy Winata, CEO Grup Artha Graha

Entrepreneur yang sukses menjalankan bisnis di berbagai bidang ini dulunya adalah yatim piatu miskin.

6. Keluarga Hartono, CEO Djarum

Robert dan Michael Hartono sempat putus kuliah dan membangun kembali pabrik rokok warisan keluarganya dari nol. Sebab, pabrik itu pernah ludes terbakar pada 1963.

7. Chairul Tanjung, CEO CT Corp

Chairul Tanjung adalah orang desa yang menjalankan usahanya dari nol. Dia pernah berjualan kaos, buku fotokopian, hingga mengajukan pinjaman uang di bank untuk bisnis ekspor.

8. Djoko Susanto, CEO Alfamart

Meski pernah tidak lulus SMA, sejak usia 17 tahun Djoko mulai membuka warung kelontong dan menjajakan rokok. Hingga akhirnya dia sukses dari usaha ritel yang dibangun dari nol.

9. Martua Sitorus, CEO Wilmar

Semasa muda Martua pernah berdagang udang dan hidup serba pas-pasan. Namun, tidak ada yang menduga Martua akhirnya sukses menjalankan perusahaan kelapa sawit.

10. Boenjamin Setiawan, CEO Kalbe Farma

Boenjamin termasuk pebisnis sukses yang mengawali usahanya dari nol. Bahkan, Kalbe Farma didirikan pertama kali dari sebuah garasi bekas.

Dari beberapa kisah tersebut, kita bisa memetik pelajaran bahwa kesuksesan seseorang ditentukan dari usaha dan kerja kerasnya. Ketika usaha kita bangkrut, kita tidak boleh patah semangat. Kita bisa membangunnya lagi dari nol, misalnya dengan memanfaatkan pinjaman uang dari bank seperti Chairul Tanjung. Di era digital sekarang, kita bisa mendapat pinjaman uang lebih mudah dari internet atau yang biasa disebut pinjaman dana online.