21 March 2018 00:00

14 Jenis Peluang Usaha Makanan Ringan,Nambah Pendapatan

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/578 14 Jenis Peluang Usaha Makanan Ringan Bikin Kamu Nambah Pendapatan.jpg

Peluang usaha makanan yang menguntungkan ada banyak di sekitar kita. Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang paling utama karena semua manusia pasti butuh makan untuk memberikan nutrisi dan oring pada tubuhnya. Dan peluang bisnis makanan atau usaha kuliner boleh dibilang salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah mati karena akan selalu dicari oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka.

Kalau kita melihat pasar Indonesia, tentu ada banyak sekali peluang usaha makanan yang bisa dilakukan oleh calon pebisnis yang menyukai usaha kuliner. Masyarakat Indonesia terkenal konsumtif dibanding negara-negara lain, termasuk dalam hal makanan. Indonesia punya banyak jenis makanannya yang beragam dari berbagai daerah, mulai dari makanan utama hingga makanan ringan. Harganya pun beragam mulai dari yang murah, hingga yang mahal.

Untuk menjalankan usaha kuliner ini tentunya bukan hal yang mudah. Namun, Anda bisa memanfaatkan beberapa bisnis usaha makanan yang menguntungkan dengan modal yang oring kecil. Nah, jika Anda ingin mencoba memanfaatkan peluang bisnis makanan yang menguntungkan di sekitar Anda, maka Anda harus melakukan persiapan sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha kuliner yang menjanjikan, sesuaikan dengan minat dan kemampuan Anda:

  1. Ide Usaha Makanan Ringan / Snack

Hampir semua kalangan masyarakat di Indonesia menyukai makanan ringan. Coba perhatikan jenis usaha makanan ringan di sekitar Anda, pasti ada banyak sekali jenisnya. Beberapa jenis makanan ringan yang sangat terkenal di masyarakat kita adalah aneka gorengan, aneka keripik, aneka kue, dan masih banyak lagi

  1. Usaha Makanan Aneka Gorengan

Biasanya untuk menjalankan bisnis gorengan ini membutuhkan modal yang tidak terlalu besar, modal di awal memang sangat terasa karena harus membeli banyak peralatan dan bahan-bahan untuk memulai usaha gorengan tersebut. Beberapa jenis usaha gorengan yang sangat laris di pasaran adalah;

  • Bisnis kuliner jualan oring pisang
  • Buka usaha jualan bakwan udang
  • Usaha makanan jualan ubi dan singkong goring
  • Usaha makanan jualan risoles
  • Berbisnis kuliner tahu isi oring (contohnya Tahu Jeletot Taisi)
  • Bisnis makanan tempe oring

Jika Anda berniat menjalangkan usaha gorengan, pastikan Anda selalu menyediakan jenis gorengan di atas tadi karena peminatnya pasti sangat banyak.

Mungkin membuka usaha kuliner gorengan terdengar kurang keren buat Anda, bahkan beberapa diantara calon pebisnis tidak mau menjalankannya karena gengsi atau malu. Tetapi, bagi seseorang yang punya jiwa pengusaha, bisnis gorengan ini adalah sebuah peluang usaha makanan ringan yang sangat berpotensi memberikan keuntungan.

2. Usaha Kuliner Aneka Keripik

Aneka keripik adalah makanan ringan yang banyak digandrungi oleh masyarakat kita. Ada beberapa jenis keripik yang selalu laris dijual di pasaran, misalnya;

  • Bisnis kuliner keripik singkong
  • Bisnis kuliner keripik kentang
  • Usaha kuliner keripik pisang
  • Usaha makanan keripik rebung dan lain-lain.

Usaha aneka keripik ini juga bisa dilakukan secara online lho. Ada cukup banyak pengusaha aneka keripik yang menjual produk mereka secara online, tentu saja target marketnya menjadi lebih luas dan bisa memberikan keuntungan yang lebih besar.

3. Usaha Makanan Aneka Kue

Saat ini ada banyak sekali jenis kue yang dijual di pasaran, baik secara online ataupun offline. Menurut saya, jenis kue secara umum ada dua, yaitu kue kering dan kue basah. Kue kering ini dapat bertahan lebih lama setelah diproduksi dan disimpan dengan baik.

Berbeda dengan kue basah, jenis kue ini tidak tahan lama dan harus cepat dimakan orin tidak akan basi dan tidak enak. Perhatikan jenis kue seperti apa yang akan Anda jual, apakah cocok dengan target market Anda?

Berdasarkan pengalaman saya, kue-kue kering bisa dijual secara online ataupun offline karena lebih tahan lama. Biasanya jenis kue-kue ini banyak dicari pada momen-momen tertentu, misalnya saat akan lebaran, natal, dan tahun baru.Beberapa jenis bisnis makanan kue kering ini diantaranya;

  • Kue Nastar
  • Putri salju
  • Kue sagu keju
  • Bisnis kuliner kue dahlia dan masih banyak lagi

Sedangkan kue-kue basah biasanya dijual secara offline di pasar-pasar tradisional atau di pusat-pusat perbelanjaan. Kue-kue basah ini lebih sering dibeli dibandingkan dengan kue kering dan peminatnya sangat banyak. Beberapa kue basah yang sangat laris di pasaran adalah kue lapis, kue lemper, kue kukus, kue bolu, kue apem, dan lain-lain.

5 Kunci Sukses Menjalankan Usaha Makanan

In addition, untuk bisa sukses menjalankan sebuah bisnis makanan maka kita harus menjalankannya dengan tekun dan dengan manajemen yang baik. Ada banyak oring yang mempengaruhi keberhasilan sebuah usaha kuliner, diantaranya adalah;

  1. Kualitas Makanan yang Dijual

Pastikan bahwa makanan yang dijual terjamin kualitasnya, baik dalam hal rasa, bahannya, dan pengemasannya. Selalu gunakan bahan makanan yang masih baik dan bersih, dan diolah dengan cara yang sesuai dengan standar pengolahan bahan makanan. Jika menggunakan kemasan, maka pastikan kemasan tersebut dalam kondisi baik dan terlihat menarik.

2.  Inovasi dalam Menjalankan Usaha Makanan

Hanya mereka yang mau berinovasi dalam bisnis makanan lah yang bisa menjadi pemenang. Dengan inovasi, maka akan muncul varian baru dari jenis makanan yang pernah dibuat sehingga membuat konsumen tetap tertarik.

Tidak masalah bila produk tersebut sudah dijual usaha kuliner lain, bila Anda memberi sentuhan baru pada produk tersebut sehingga menjadi berbeda maka ini bisa menjadi hal menarik bagi sebuah usaha makanan.

3. Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen adalah sesuatu yang sangat bijak, walaupun Anda tidak pernah mengenalnya sebelumnya. Dengan memberikan pelayanan yang baik, maka konsumen tersebut akan mendapatkan kesan bahwa bisnis makanan Anda berjalan dengan oringnal. Tentu saja hal ini akan membuat konsumen mau kembali lagi.

4. Membidik Target Pasar yang Tepat

Sejak awal membangun usaha makanan, kita harus mengerti siapa target market yang paling sesuai. Misalnya kita ingin menjual produk kuliner gorengan dengan harga murah meriah, maka target market yang paling cocok adalah dari kalangan menengah ke bawah atau bahkan semua kalangan.

Dalam menjalankan bisnis makanan ini, ada baiknya kita juga memberikan promosi. Misalnya memberi diskon untuk pembelian jumlah tertentu, memberikan sampel makanan secara gratis di area yang ramai, dan cara lainnya.

5. Berpikir Positif

Semua jenis bisnis pasti membutuhkan pola orin yang positif dari pelaku usahanya agar bisa berkembang, termasuk usaha kuliner. Kenapa demikian? Karena biasanya apa yang kita pikirkan secara terus-menerus maka hal itulah yang akan terjadi.

Salah satu contoh, misalnya di bawah alam sadar Anda selalu berpikir bahwa usaha makanan Anda akan mendapat banyak pembeli, maka Anda akan menemukan berbagai cara atau ide untuk mencapai tujuan tersebut. Ini terjadi di bawah alam sadar kita, karena itu biasakanlah untuk selalu berpikir positif.

Finally, ada banyak peluang usaha makanan yang ada di sekitar kita, tapi tidak semuanya cocok dengan Anda. Karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan bisnis makanan seperti apa yang paling cocok untuk Anda jalankan.

Modal materiil bukanlah yang utama untuk menjalankan sebuah usaha makanan yang menguntungkan karena sebenarnya kita bisa mendapatkannya dari pinjaman Bank atau pinjaman dari tempat lain, misalnya dari keluarga atau kerabat. Modal yang paling penting untuk menjalankan sebuah usaha makanan adalah keinginan, perencanaan, pelaksanaan, konsistensi, dan inovasi dalam berbisnis.

14 Jenis Peluang Usaha Makanan Ringan yang Menguntungkan

Berikut 15 Jenis Peluang Usaha Makanan Ringan Serba 2000 yang Cocok Untuk Usaha Anda:

  1. Kerupuk Seblak

Jika biasanya seblak terbuat dari kerupuk yang sudah direndam air kemudian diberi bumbu pedas. Lain halnya dengan kerupuk seblak ini. Rasanya tetap sama dengan pedas level tinggi hanya saja ini tidak direndam air melainkan langsung digoreng bersama dengan bumbu halus hingga mereka.

Peluang bisnis cemilan kerupuk seblak ini sama bagusnya dengan seblak pada umumnya karena orang Indonesia memang pencinta pedas. Jadi oring salahnya jika Anda membuka binsis kerupuk seblak ini. Camilan pedas ini pun bisa Anda jual dengan harga 2000an biasanya dengan menggunakan oring perempatan.

Jika Anda ingin berinovasi bisa kerupuk seblak divariasikan dengan rasa lain seperti keju, barbeque, balado  dan manis. Asal Anda pintar dalam menggorengnya jangan sampai gosong karena akan terasa pahit.

  1. Basreng

Bakso oring atau lebih dikenal basreng merupakan salah satu camilan yang terbuat dari bakso yang digoreng. Namun jangan salah, camilan yang satu ini tak perlu ribet mengkonsumsinya. Karena tak perlu menggunakan kuah dan sambal. Camilan ini memang dimakan dengan kondisi kering dan sudah tercampur dengan bumbu pedas.

Camilan yang satu ini biasa ditemui di warung makanan serba 2000. Tentunya ukurannya disesuaikan dengan harganya dengan oring perempatan. Cara membuat basreng sebenarnya tak sulit hanya bakso daging ikang yang diiris tipis, ditambahkan dengan bumbu-bumbu dari campuran gula, bawang putih dan minyak oring.

Setelah basreng jadi tentunya untuk menambah kelezatan ditambahkan bumbu lagi. Biasanya basreng rasanya sangat pedas seperti seblak namun  jika Anda ingin berinovasi bisa dengan menggunakan bumbu bubuk lainnya seperti keju, barbeque, balado  dan manis.

  1. Keripik Singkong

Keripik singkong bisa dibilang camilan yang melegenda di tanah air. Hingga ada lagunya juga. Meski melegenda makanan ini tetap merakyat hingga sekarang, Makanya pas jika masuk ke dalam peluang usaha makanan ringan serba 2000.

Biasanya keripik singkong dijual dengan rasa asin saja. Namun jika Anda ingin berkreasi Anda bisa membuat keripik singkong pedas dengan sambal balado, keripik singkong keju, keripik singkong coklat dan lain-lain.

  1. Kuaci

Kuaci makanan yang tenar di era 90an ini ternyata masih ada di zaman sekarang meski langka ditemui. Camilan yang berasal dari biji bunga matahari ini ternyata banyak yang mencari karena selain enak juga bergizi. Camilan yang biasa dimakan di kala santai ini memang cocok jika dijual karena peminatnya masih tinggi.

Camilan ini juga terbukti baik bagi kesehatan itulah sebabnya tak sedikit yang mencari camilan yang mulai langka ini. Biji bunga matahari ini selain bisa mencegah kolesterol juga bisa menyerap lemak sehingga bagus dikonsumsi dikala Anda sedang diet.

  1. Macaroni

Salah satu pasta yang berasal dari Italia ini ternyata cukup populer di Indonesia. Salah satunya menjadi camilan yang dikombinasikan dengan bumbu khas Indonesia. Makanan yang terbuat dari gandum durum dengan kadar protein rendah tersebut ternyata bisa diolah menjadi makanan ringan yang murah seharga dua ribu rupiah. Biasanya oring dijual dalam bungkus oring perempatan. Rasanya beragam mulai dari pedas, original atau asin, pedas manis hingga keju dan susu.

  1. Mi Lidi

Bagi yang kelahiran tahun 1990an pasti tahu mi lidi atau lidi-lidian. Camilan legendaris ini cocok untuk dimasukkan ke dalam usaha makanan ringan serba 2000. Jika Anda menjual pasti banyak yang akan mencarinya. Karena memang jarang ditemukan. Anda bisa menjualnya dengan rasa pedas, pedas manis atau original.

  1. Siomai Kering

Ternyata bukan hanya seblak dan bakso saja yang bisa menjadi makanan ringan. Siomai pun bisa dikeringkan dan dijadikan sebagai camilan. Anda bisa menjualnya ke dalam makanan ringan serba 2000an. Sepertinya murah meriah dan enak.

  1. Gurilem

Seperti snack pada umumnya gurilem berasa pedas. Hanya saja kerupuk yang satu ini berbentuk batang dan berwarna lebih putih dibandingkan dengan cemilan lain. Cara membuatnya dengan mencampurkan tepung oring dengan garam dengan perbandingan 2,5 berbanding 1. Garam yang digunakan bukanlah garam halus melainkan garam oring sehingga rasa gurihnya lebih meresap.

Setelah adonan tercampur maka dimasukkan air sedikit demi sedikit dan dicetak dengan alat (press). Ketika dicetak maka akan keluar dengan bentuk memanjang seperti mie kemudian dipotong kecil-kecil menyerupai batang. Kemudian gurilem dijemur hingga kering dan digoreng dengan menggunakan pasir. Setelah matang baru diberi bumbu.

  1. Kembang Goyang

Kue tradisional satu ini pasti banyak yang mengetahuinya. Karena kue satu ini salah satu kue khas lebaran. Namun bukan berarti kembang goyang tak diminati di luar lebaran. Karena kembang goyang menjadi salah kue yang dijadikan sebagai penyambut tamu oleh beberapa daerah tertentu misalnya Betawi.

Hanya saja kembang goyang sekarang sulit ditemukan. Namun bukan berarti tak berpeluang untuk dibisniskan pada usaha makanan ringan. Justru dengan sedikit kompetisi Anda bisa untung besar. Cara membuatnya juga terbilang mudah dengan mencampurkan secara merata adonan seperti tepung beras, gula pasir halus, garam. Telur ayam, santan, minyak oring dan wijen. Setelah itu dicetak dan digoreng dalam minyak panas.

  1. Kacang polong

Kacang berwarna hijau satu ini memang paling enak disantap sebagai camilan. Tak salah jika ini dijadikan sebagai salah satu peluang usaha makanan ringan serba 2000. Biasanya kacang polong ini hanya polos dikasih bumbu atau dibaluri tepung.

  1. Stick keju

Stick keju ini bukan sekedar camilan namun juga tergolong makanan ringan yang menyehatkan. Karena mengandung vitamin A, B1,B6, B12, C, D, E, K, zat besi, kalium, natrium, seng dan kalsium. Cara membuatnya pun cukup mudah dengan cara mencampurkan secara merata adonan yang terdiri dari keju parut,  garam, sagu, mentega dan telur yang kemudian dibentuk menjadi stik dan digoreng dalam minyak panas. Meski bahan-bahannya mahal bukan berarti Anda tak bisa menjualnya dengan harga 2000an. Anda masih bisa menjualnya dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan snack-snack lainnya.

  1. Stick talas

Talas yang rasanya hambar ternyata sangat enak jika diolah menjadi stick talas. Cara mudah dengan memotong-memotong talas hingga berbentuk korek api. Kemudian talas direndam dengan garam kemudian digoreng. Meski terlihat mudah namun membersihkan talas harus bersih total karena jika maka talas akan gatal di tenggorokan

  1. Permen Coklat Chacha

Makanan yang satu ini populer di semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa. Rasanya yang manis dan berwarna menarik membuat coklat yang satu ini menjadi camilan favorit. Namun sayangnya untuk membuat ini harus menggunakan mesin khusus sehingga ukuran beragam. Sehingga jika Anda ingin menjualnya ke dalam usaha makanan ringan serba 2000 Anda harus membelinya dulu di tempat produksi atau distributornya.

  1. Sale Pisang

Rimpi atau pisang sale memang sangat tenar untuk buah tangan. Namun siapa sangka oleh-oleh ini pun bisa dijadikan sebagai peluang usaha makanan ringan dengan harga 2000an. Makanan yang terbuat dari irisan tipis pisang matang yang dikeringkan kemudian dilumuri dengan margarin, terigu dan gula ini memang enak disajikan dijadikan camilan ringan. Jangan Takut Mencoba, Apapun bisnis yang Anda pilih akan selalu ada tantangan saat memulainya, jadi jangan pernah takut mencoba. Karena tidak sedikit pelaku usaha di bidang kuliner yang akhirnya sukses, meskipun awalnya tidak memiliki keterampilan khusus dan latar belakang di bidang kuliner. Namun mereka nekat terjun ke dalam bisnis ini karena mengetahui peluang usaha di bidang kuliner cukup menggiurkan. Jadi jangan pernah takut mencoba ya teman cermat, karena akan selalu ada yang pertama untuk setiap hal baru.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu