22 March 2018 00:00

41 Bisnis Menjanjikan Untuk Mahasiswa, Kamu Bisa Banget Coba

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/581 41 Bisnis Menjanjikan Untuk Mahasiswa Kamu Bisa Banget Coba.jpg

Saat ini Indonesia sedang mengalami bonus demografi, dimana Indonesia sedang didominasi oleh usia muda. Salah satu usia muda yang mendominasi adalah mahasiswa. Mahasiswa menjadi tulang punggung Indonesia di masa depan, sehingga harus benar-benar memiliki kecakapan intelektual dan spiritual yang matang.

Mahasiwa harus memiliki skiil yang bisa ‘dijual’ nantinya. Mengingat persaingan dunia kerja semakin ketat dan tak terelakkan. Sebagai contoh saja, kita lihat sarjana banyak yang mengantri untuk menjadi ‘ojek’. Ini tentu sangat memprihatinkan. Ribuan orang berjejal seharian hanya untuk mengikuti tes menjadi seorang ‘ojeker’. Padahal dia adalah seorang sarjana. Hal ini tentu merupakan salah satu akibat dari pola berfikir bahwa kuliah hanya fokus belajar saja, sehingga tidak ada kesempatan dan kemauan untuk mengembangkan diri. Saat mahasiswalah kita mengasah kemampuan kita diberbagai bidang. Apakah itu seni, wirausaha, teaching, organisasi, orasi, dan seabrek keahlian lainnya. Nah, kali ini kita akan sedikit membahas mengena wirausaha mahasiswa. Sebenarnya, ada banyak sekali peluang bisnis untuk mahasiswa.

Sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Jike kita sudah mulai berbisnis sejak mahasiswa kita setidaknya sudah punya bekal yang akan kita kembangkan dikemudia hari. Berbeda kalau kita baru akan memulai bisnis ketika wisuda, karena setelah wisuda tantangan aka semakin berat, peluang bisnis akan semakin kecil, kesempatan belajar akan berkurang sementara usia terus bertambah.

Peluang bisnis untuk mahasiswa terbuka lebar, terutama kalau kita mencermati dengan baik. Saya sendiri sudah mulai berwirausaha ketika SMA, dilanjutkan dengan dibangku kuliah. Sehingga tidak perlu lagi repot-repot mencari kerja sana-sini ketika sudah diwisuda.

Berikut ini setidaknya ada 41 peluang bisnis untuk mahasiswa yang berhasil infobisnisusaha.com rangkum untuk anda, dan sebagiannya merupakan pengalam saya pribadi dan sebagiannya lagi berdasarkan pengamatan saya.

Peluang Bisnis untuk Mahasiswa yang Tidak Boleh Dilewatkan

Meskipun ada banyak sekali peluang bisnis untuk mahasiswa, tapi sebaiknya anda fokus saja pada satu atau beberapa, karena jika anda terlalu maruk, justru anda akan kehilangan fokus dan akibatnya akan terbangkalai semuanya. Fokus pada satu usaha, jika sudah terbukti anda ‘berhasil’ pada usaha tersebut, anda baru mulai ekspansi ke bisnis yang lainnya:

1. Bisnis Jasa Printing untuk Mahasiswa

Peluang bisnis untuk mahasiswa yang pertama adalah membuka jasa printing. Hanya dengan bermodalkan satu buah print seharga Rp. 300.000 sampai Rp. 1.000.000 anda sudah bisa membuka jasa printing di dekat kost-kostan atau dekat kampus.

Bisnis modal kecil ini cukup menjanjikan, mengingat ada banyak mahasiswaa yang butuh dengan jasa pengeprintnan di luar sana. Mahasiswa kebanyak memiliki tugas berupa makalah atau laporan praktikum. Ini merupakan peluang usaha untuk anda. Jangan sampai anda lewatkan.

Selain rpinter, modal lainnya berupa kerta A4 dengan harga sekitar Rp. 30.000 dan tinta seharga Rp 30.00 perbotol.

2. Bisnis Service Printer untuk Mahasiswa

Jasa service printer juga menjadi salah satu bisnis untuk mahasiswa yang cukup lumayan, mengingat tidak sedikit printer mahasiswa lainnya yang rusak. Selain menargetkan mahasiswa ktia juga bisa mengincar pasar umum, seperti staf kampus, pegawai kantoran dan sebagainya.

Untuk awalnya, anda hanya menuliskan di depan kost buka jasa service printer. Kalaupun anda tidak bisa service printer, anda bisa bekerjasama dengan jasa service printer disekita kampus anda. Karena di sekitar kampus biasanya juga ada penjual printer yang menerima jasa service printer. Jadi sifatnya kerjasama, anda akan diberi harga lebih murah ketimbang pelanggan lainnya.

3. Bisnis Kaos untuk Mahasiswa

Bisnis untuk mahasiswa yang tidak kalah menguntungkan lainnya adalah jasa sablon kaos. Saat ini kaos dsitro cukup booming dikalangan anak-anak muda. Apalagi kalau harga yang kita tawarkan cukup bersaing. Disini kita hanya mengandalkan kemampuan desain kita. Mengenai sablon dan sebagainya kita bisa kerjasama dengan berbagai percetakan.

Tahap awal memulai bisnis kaos, kita harus mencari konveksi yang memiliki reputasi baik. Kemudian, kita mulai mendesai gambar-gambar menarik untuk baju. Bisnis ini lumayan menguntungkan, apalagi kalau kita bisa mengajukan dalam PMW. Kita bisa membuat distro sendiri, dengan harga yang bersaing.

4. Bisnis Jasa Pengiriman untuk Mahasiswa

Bisnis pengiriman juga cocok untuk mahasiswa, baik itu tahap awal bahkan tahap akhir, nantinya anda bisa mengembangkan bisnis pengiriman barang yang lebih besar lagi jangkauannya. Pertama anda bisa melayani pengiriman dari atau menuju kampung asal mahasiswa.

5. Bisnis Pulsa untuk Mahasiswa

Jualan pulsa menjadi binis yang cocok untuk mahasiswa yang mobile atau banyak kegiatan. Dengan demikian anda akan meiliki banyak relasi, kenalan dan teman. Anda cukup menawarkan pulsa kepada kenalan anda tersebut. Bisnis pulsa bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan.

Siapa yang tidak butuh pulsa? Pulsa kini bisa dibilang sebagai kebutuhan primer. Apalagi dengan jumlah mahasiswa sampai puluhan ribu, tentu ini menjadi pasar yang sangat menjanjikan. Tahap awal mungkin kita hanya menawarkan kepada rekan-rekan saja, kemudia membuat semacam pin atau stiker jual pulsa di tas. Nah, anda tidak perlu lagi menawarkan kepada orang-orang, karena dengan adanya brosur atau PIN tersebut orang-orang akan mengetahui bahwa anda jualan pulsa.

Jangan lupa untuk terus menambah saldo pulsa anda. Jika dirasa anda sudah punya cukup modal untuk membuka counter, mungkin sebaiknya anda mulai survey lokasi-lokasi strategis tempat mahasiswa berkumpul atau dekat dengan kost-kostan mahasiswa dan mahasiswi.

Meskipun margin keuntungan berkisar antara RP. 1000 sampai Rp 2.000, namun dengan jumlah transaksi yang besar, ini cukup lumayan. Sebut saja 50 atau bahkan 100 transaksi perhari. Pilihlah counter yang memiliki harga yang murah, tidak masalah kalau anda harus mendaftar dengan modal yang agak besar, asal kita dapatkan pulsa dengan harga yang lebih murah.

Selanjutnya anda bisa menawarkan orang lain untuk berjualan pulsa melalui cannel atau downline anda. Dimana setiap traksaksi mereka, anda akan mendapatkan keuntungan. Meskipun anda jualan pulsa anda tetap bisa menjalankan bisnis lainnya, jadi jangan sampai anda lewatkan peluang bisnis untuk mahasiswa ini.

6. Bisnis Perawatan dan Penitipan Hewan untuk Mahasiswa

Untuk kota-kota besar, jasa penitipan dan perawatan hewan bisa menjadi bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Anda hanya butuh sedikit keahlian untuk melakukan perawatan hewan. Para penggemar binatang biasanya mau melakukan apasaja asalkan peliharaan mereka senang, seperti perawatan bulu, mencuci, keramas, sampai mengeringkan bulu.

7. Bisnis Jualan Ebook untuk Mahasiswa

Jika anda orang yang akademisi, mungkin anda bisa membuat semacam rangkuman pelajaran. Rangkuman pelajaran ini biasanya sangat berguna menjelang ujian. Nah, ini bisa anda bundel kemudian anda jual. Tentu saja bukan sotf copy dari dosen yang anda jual, melainkan hasil karya anda sendiri yang anda rangkum dari berbagai sumber.

8. Bisnis Aplikasi untuk Mahasiswa

Jual beli aplikasi adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa IT atau yang pandai membuat aplikasi. Tidak semua mahasiswa bisa membuat aplikasi, untuk anda mahasiswa IT, ini tentu menjadi ‘makanan’ sehari-hari untuk kita. Kita bisa membuat berbagai aplikasi yang dijual nantinya.

Kita bisa membuat aplikasi untuk akuntasi seperti aplikasi untuk cashier, aplikasi tembang, aplikasi untuk anak matematika bahkan bisa membuat perangkat keras seperti robotik yang bisa kita jual ke instansi atau perusahaan.

9. Bisnis Service Laptop untuk Mahasiswa

Anda punya keahlian bongkar pasan Laptop? Jasa service laptop menjadi salah satu peluang bisnis untuk mahasiwa yang menjanjikan. Ini bisa menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan. Anda bisa memulia bisnis jasa service laptop dari kamar kost-kostan. Kalau seandainya anda menemui jalan buntu, anda bisa membawa laptop tersebut ke jasa service laptop yang ‘sesungguhnya’.

Jika bisnis ini semakin berkembang tidak ada salahnya anda mulai merambah dengan membuka toko, kemudian mulai jual beli laptop dan aksesorisnya. Cari lakasi strategis dekat dengan kampus.

10. Bisnis Install Ulang untuk Mahasiswa

Install ulang termasuk bisnis untuk mahasiswa tanpa modal. Kenapa tanpa modal karena kita tidak butuh biaya untuk memulai jasa ini. Kita menggunakan software yang ada di internet, apalagi kalau kita bisa install ulang yang asli. Kita hanya butuh sebuah CD dan driver laptop, ini pun kalau si empunya laptop tidak membawa driver laptop milik mereka.

Biasanya pangsa utama darai jasa install ulang adalah mahasiswi, karena mereka biasanya tidak mau repot dan malas otak-atik komputer dan taaraa, biasanya mereka akan datang ke jasa intall ulang laptop.

11. Bisnis Foto Kopi untuk Mahasiswa

Foto kopi merupakan salah satu bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Meskipun sudah ada banyak yang buka fotokopian, namun karena jumlah mahasiswa yang sangat banyak, tetap tidak akan terhendle oleh mereka. Peluang bisnis ini cukup menjanjikan. Pertama mungkin anda bisa menyewa mesin fotokopi, karena memang mesin foto kopi cukup mahal harganya.

Kalau kita bisa lebih kreatif, coba buatlah PMW atau proposal usaha, atau usaha bersama dengan beberapa teman untuk membuka jasa foto kopi. Mengenai bagi hasilnya, harus benar-benar clear sehingga kita bisa nyaman selama menjalankan usaha.

12. Bisnis Jasa Pengetikan untuk Mahasiswa

Ide bisnis untuk mahasiswa selanjutnya adalah jasa pengetikan. Tidak semua mahasiswa punya laptop atau punya cukup uang untuk ke warnet tiap hari. Nah, ini bisa kita jadikan sebagai peluang usaha. Kita buka jasa pengetikan. Pengetikan yang bisa kita terima seperti pengetikan skripsi, pengetikan jurnal, makalah, laporan praktikum dan lain sebagainya.

Disini kita hanya mengetik saja bukan yang mengerjakan skripsi atau makalah tersebut.

13. Bisnis Penulis untuk Mahasiswa

Anda hobi menulis? Atau anda mempunyai minat menulis? Apa menulis bisa menghasilkan uang? Tentu saja bisa. Anda bisa memulai dengan menjadi penulis tamu di website-website yang membayar. Juga ada banyak website yang mau membeli tulisan anda jika ternyata tulisan anda berkualitas.

Anda juga bisa mengikuti berbagai forum seperti di kaskus, ads.id, dan sebagainya yang mau membeli tulisan anda. Atau anda juga bisa bergabung dengan situs penulis konten. Pertama anda harus memberikan contoh tulisan anda kepada pihak penulis konten. Untuk bayarannya cukup lumayan, bisa antara Rp 2.000 sampai Rp. 50.000 tergantung dari kualitas dan jumlah kata artikel kita.

Artikel yang kita tulis bisa berupa artikel teknologi, internet, bisnis, wisata dan lain sebagainya. Disini anda sebagai freeelance, jadi anda tidak terikat waktu. Anda bisa menulis kapanpun anda mau, tentu dengan syarat tulisan anda harus enak dibaca dan memenuhi kreiteria permintaan.

Biasanya artikel yang kita tulis harus memenuhi kriteria SEO. Ada kata kunci yang akan diberikan. Misal kita diminta menulis 300 kata. Dalam 300 kata itu sebaiknya ada 3 – 5 kata kunci kita yang kita ulang. Namun tentu saja harus natural dengan bahasa yang mengalir bukan asal meletakan kata kunci saja.

Kata kunci tersebut kita letakkan di awal, awal paragraf. Kemudian di tengah paragraf kedua, dan bisa diakhir paragraf, paragraf akhir sebagai penutup. Jika artikel kita terbukti enak dibaca dan SEO friendly, biasanya blogger-blogger tersebut akan memesan artikel lagi kepada anda. Untuk 300 kata biasanya dihargai antara RP 4.000 sampai Rp. 7.000 rupiah.

Kalau kita sanggup menulis sampai 3000 kata dengan kata kunci 2% persen dari 3000, artikel tersebut akan dibayar mahal. Saya pribadi bisa membayar artikel tersebut antara Rp 50.000 sampai Rp 150.000. Anda tertarik, kontak kami segera :D.

14. Bisnis Cafe untuk Mahasiswa

Bisnis cafe juga merupakan peluang usaha untuk mahasiwa yang sangat menjanjikan. Berbagai cafe bisa kita buka, mau itu cafe cafe dan bakerry, coffe shop, cafe susu kambing murni, susu sapi murni, yang jelas sasarannya adalah tempat untuk nongkrong mahasiswa. Apalagi kalau kita menyediakan wifi gratis, tempat nobar moto GP, bola dan lain sebagainya.

Jika anda menyediakan berabgai fasilitas seperti di atas, maka cafe anda akan cepat terkenal dan ramai oleh pelanggan. Memang, untuk membuka kafe membutuhkan modal yang cukup besar untuk menyewa tempat. Anda bisa membuka usaha bersama, melalui PMW atau proposal usaha ke berabgai instansi.

Jika usaha ini sudah jalan, maka langkah selanjutnya adalah ekspansi usaha.

15. Bisnis Catering untuk Mahasiswa

Kehidupan organisasi kampus tidak terlepas dari seminar, training dan kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang lainnya. Ini bisa menjadi peluang usaha untuk mahasiswa kreatif seperti anda. Dulu saya pribadi juga membuka katering bersama dua rekan lainnya.

Dan hasilnya juga lumayan. Apalagi kami merupakan organisatori di 3 lembaga yang berbeda, kami menerima pesanana dari berbagai ormawa yang mengadakan seminar dan traning. Kami tidak mengeluarkan dana sepeserpun untuk memulainya. Kami mengajak ibu-ibu yang pandai memasak dan membuat kue untuk kerjasama, mereka pasti akan sangat senang sekali karena dapat menambah pemasukan untuk keluarga.

Tahap awal memang kita harus promosi dan melakukan iklan, dengan label pondok katering, usaha katering kami cepat dikenal, dan orgeran pun berdatangan. Namun karena kesibukan kami di semester akhir, usaha kami pun lambat laun agar surut hingga akhirnya berhenti total. Namun untuk hasil dari bisnis katering ini cukup lumayan bisa membantu kebutuhan dana selama perkuliahan.

Jika anda termasuk organisatoris, tidak ada salahnya untuk mencoba untuk membuka usaha katering ini.

16. Bisnis Jasa Les Privat

Di luar sana ada banyak siswa dan siswi SD, SMP dan SMA membutuhkan les privat dari anda. Anda bisa memulai les privat dari siswa atau siswa di sekitar kost-kostan anda. Atau menanyakan kepada teman-teman anda yang butuh les privat, relasi sangat diperlukan.

17. Bisnis Bimbel (Bimbingan Belajar)

Berbeda dengan les privat yang sidatnya personal, anda juga bisa membuka bimbel berbagai mata pelajaran. Memang untuk membuka bimbel kita harus menyediakan tempat yang nyaman dan tenang. Kita bisa mengajak teman untuk join atau untuk modal usaha. Tenaga pengajar bisa kita dapatkan denga mudah.Di luar sana ada banyak tenaga pengajar yang membutuhkan pekerjaan. Buka saja lowongan di kantor pos atau di mding-mading kampus. Pasti banyak lamaran akan masuk.

18. Bisnis Kost-Kostan untuk Mahasiswa

Meskipun anda adalah anak kost-kostan, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk anda menyediakan kost-kostan. Anda bisa mencari mahasiswa baru untuk mengkost di tempat anda kost. Atau anda bisa mengontrak sebuah rumah kemudian anda kost-kan perbulan. Bisnis ini membutuhkan komunikasi dan persetujuan dengan pemilik rumah.

Jelaskan kondisi anda dan anda siap bertanggungjawab terhadap apapun yang mungkin terjadi terhadap rumah yang anda re-kostkan. ?? Anda jadi seperti agen.

19. Bisnis Fotografi untuk Mahasiswa

Untuk anda yang hobi fotografi, anda bisa menjual hasil foto anda kepada perusahaan dan perorangan. Anda bisa menjual karya anda melalui website: Istockphoto.com (komisi 15% per foto), ShutterStock.com (komisi 20-30%), Fotolia.com dan StockFresh.com.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menjual hasil karya anda? Bekerja berdasarkan hobi pasti sangat menyenangkan.

20. Bisnis Tiketing Online untuk Mahasiswa

Kini sedang booming penjualan tiket secara online. Anda bisa mendatarkan diri diberbagai website jual beli tiket, bisa tiket pesawat atau tiket kereta api. Anda bisa menjualnya via online atau dengan membuat kantor biro penjualan tiket. Selain bisnis tiketing anda juga bisa mencoab jual pulsa listrik atau pulsa PDAM. Memang untuk bisnis ini kita harus memiliki saldo yang agak lumayan.

21. Bisnis Jual Beli Barang Bekas untuk Mahasiswa

Anda punya barang bekas? Bisnis jual beli barang bekas juga bisa menjadi bisnis sampingan untuk anda. Sangat sayang sekali kalau barang bekas tidak terpakai. Anda bisa menjualnya di OLX.co.id atau Tokopedia dan berabgai situs jual beli lainnya. Barang bekas disini tentu yang masih bagus dan masih layak pakai.

Seperti HP bekas, laptop bekas, komputer bekas, motor bekas dan berabgai barang bekas lainnya. Asal jangan pacar bekas :D. Kalau itu tidak laku.

22. Bisnis Desain Spanduk untuk Mahasiswa

Berbagai kegiatan mahasiswa pasti membutuhkan spanduk untuk perlengkapan acara. Disini anda bisa menjual jasa desain spanduk sekaligus memprint spanduk. Anda tidak perlu punya alat-alat untuk memprint spanduk karena anda bisa bekerjasama dengan percetakan. Anda mengambil margin dari harga percetakan dengan pelanggan anda. Disini anda sebaiknya jemput bola.

23. Bisnis EO untuk Mahasiswa

Kalau anda punya kemampuan dalam hal manajemen sebuah acara tidak ada salahnya kalau anda membuka asa EO acara. Pastikan anda mempunyai MC yang handal, roundown acara yang jelas, perlengkapan acara yang baik dan orang-orang yang bisa bekerja dalam team. Anda perlu promosi agar EO anda bisa dikenal. Bisa juga ditambahkan dengan berbagai hiburan, games dan atraksi pendukung acara lainnya.Ajak teman-teman yang memiliki visi yang sama dengan anda.

24. Bisnis Makanan Ringan untuk Mahasiswa

Bisnis makan ringan juga menjadi salah satu ide usaha mahasiswa yang lumayan menjanjikan. Anda bisa menitipkan makan ringan berupa gorengan di berbagai kantin di kampus, jadi sistemnya bagi hasil, anda tidak perlu repot-repot berjualan sana-sini.

25. Bisnis Jus dan Minuman Dingan Lainnya untuk Mahasiswa

Jika kampus anda berada di daerah yang cukup panas, ide bisnis minuman bisa menjadi peluang usaha cemerlang untuk mahasiswa. Anda bisa membuka couter kecil-kecilan yang menyediakan berbagai minuman dingin dan jus aneka buah. Kalau anda kurang waktu, anda bisa menggunakan jasa pelayan atau karyawan.

26. Bisnis Dropshoping untuk Mahasiswa

Bisnis dropshoping menjadi salah satu peluang usaha terbaru yang sangat menguntungkan. Dimana anda tidak perlu punya produk untuk dijual, anda menjualkan produk orang lain dengan berbagai peragaan seperti brosur, katalog atau gambar produk serta detail barang yang kita jual.

Anda bisa menjual produk melalui media sosial Facebok.com, twitter.com, Instagram, Line, BBM, WA dan media sosial lainnya yang kita miliki.

Disini anda berperan sebagai reseller. Ada banyak situs yang membuka peluang sebagai reseller seperti:

http://www.tanahabangpgmta.com

http://www.bursatanahabang.com

http://deltagrosir.com

27. Bisnis PTC untuk Mahasiswa

Anda pernah mendenga istilah PTC (pay to click). Bisnis PTC merupakan salah satu cara menghasilkan uang lewat internet yang sangat populer saat ini. Ada banyak perusahaan PTC baik itu lokal maupun internesional. Salah satu yang paling populer dan paling banyak penghasilannya adalah dari Google Adsense.Google Adsense sangat populer karena ada banyak milyarder yang sukses dari bisnis PTC ini. Untuk mengikuti program PTC Google Adsense, kita harus memiliki webuah web atau blog gratisan di blogger.com.

Siapa bilang dengan blogger tidak bisa menghasilkan uang. Silahkan anda baca-baca mengenai kisah sukses linda ikeji dengan bermodalkan blog gratisan di blogger.com. Memang saat ini Linda Ikeji sudah menggunakan domain berbayar.

Namun kalau anda tidak punya modal untuk membeli domain dan hosting atau tidak mau keluar uang untuk membeli domain dan hosting, anda cukup membuat sebuah blog di blogger.com. Kemudian anda isi dengan artikel berkualitas dan rutin.

Secara perlahan nanti pengunjung akan datang ke blog atau web anda. Jika pengunjung sudah mulai banyak, sekitar 500 orang perhari, anda bisa mendaftarkan diri di Google Adsense. Memang, agak sulit untuk bisa diterima dan bergabung di Google Adsen, namun anda harus terus berusah mengupdate artikel berkualitas terus menerus. Masih ada banyak situs PTC atau situs-situs iklan lainnya yang bisa menghasilkan uang untuk anda.

Kuncinya konsisten dan tidak mudah menyerah. Penulis secara pribadi saat ini sedang mendalami dan menseriusi bisnis PTC dengan Google Adsense.

Penjelasan di atas memang belum lengkap, karena akan membutuhkan penjelasan yang panjang lebar. Isnya Allah nanti akan saya ulas juga mengenai cara mendapatkan uang dari Google Adsense.

28. Bisnis Membuat Website untuk Mahasiswa

Bagi anak informatika, membuat sebuah website bukanlah sebuah masalah, sangat mudah sekali. Jika anda punya kemampuan untuk membuat website, tidak ada salahnya kalau menawarkan jasa pembuatan website, karena ada banyak perorangan dan perusahaan yang mencari jasa pembuatan website instansi dan organisasi mereka.

Jika anda bisa membuat toko online akan lebih baik lagi. Anda bisa mencari klien di ads.id, fjb.kaskus.co.id dan forum-forum lainnya.

29. Bisnis Penerjemah untuk Mahasiswa

Anda mahir berbahasa Ingris atau bahas asing lainnya? Coba berdayakan kemampuan anda ini dengan membuka jasa translator. Ada banyak mahasiswa ataupun dosen yang butuh jasa terjemahan. Selain itu juga ada banyak klien di internet yang sedang mencari jasa untuk terjemahan seperti di project.com.di, freelancer.com dan sebagainya.

30 Bisnis Wisata untuk Mahasiswa

Jika anda berasal dari daerah yang meiliki petonsi wisata, tidak ada salahnya kalau membuka jasa biro travelling. Mengingat ada banyak orang yang butuh piknik :D. Anda juga bisa memulai bisnis biro perjalanan, kalau anda tidak punya akomodasi dan kendaraan, anda bisa bekerjsama dengan biro perjalanan yang sudah eksis terlebih dahulu. Disini anda tentu harus mencari biro perjlanan yang terpercaya dan murah :).

31. Bisnis OL Shop untuk Mahasiswa

Selain sistem dropshopping, anda juga bisa membuka toko online sendiri dengan sistem yang sama, anda menjadi reseller. Anda bisa membuat etalase sendiri diberbagai situs jual beli besar seperti di tokopedia, bukalapak, olx dan sebagainya.

Peluang bisnis jual beli online sangat besar sekali. Disini sangat dibutuhkan kepercayaan. Maka dari itu, anda harus membuat identitas diri sejelas mungkin. Mencantumkan KTP, rekening Bank, alamat yang jelas dan testimoni pelanggan.

Kepuasan pelanggan menentukan keberhasilan usaha anda. Karena pembeli belum pernah bertemu dengan penjual sebelumnya, maka anda harus membagun kredibilitas anda terlebih dahulu, baru anda bisa memulai transaksi.

Anda juga bisa menjual berbagai produk anda di media sosial. Syarat utama yang tidak boleh tidak adalah follower yang banyak. Anda juga bisa meminta artis atau orang yang memiliki banyak pengikut untuk mengendorse produk anda. Anda berikan produk anda secara cuma-cuma kemudian, anda mitan testimoni mereka di akun mereka.

Untuk bisa mendapaktan endorse dari artis tidaklah mudah, cukup sulit dan biasanya mereka juga mengenakan tarif yang lumayan. Namun demi membangun kredibitas produk dan nama kita tidak ada salahnya kita mengeluarkan modal untuk promosi.

Selain dengan endorse produk, kita juga bisa mengiklankan toko kita diberbagai forums dan iklan berbayar seperti Google Adword Fb Ads dan sebagainya.

32. Bisnis Pembuatan Pindah Kost-kostan

Jasa pindah kostan juga bisa menjadi peluang bisnis untuk mahasiswa yang pandai membaca peluang seperti anda. Karena banyak mahasiswa dan mahasiswa yang membutuhkan jasa pindah kost. Biasanya yang lebih banyak adalah mahasiswi.

33. Bisnis Kelompok Seni untuk Mahasiswa

Kalau anda memiliki kelebihan dalam hal seni seperti suara yang bagus, pandai acting, bisa berpuisi dan bakat seni lainnya, cobalah untuk membuat sanggar atau group seni. Anda bisa menawarkan kelompok seni anda untuk mengisi hiburnan pada acara seminar atau training.

Biasanya pada acara seminar atau traning ada sesi ice breaking untuk mencairkan suasana. Apakah itu dengan group vokal, pusi, pertunjung pantomin, dan sebagainya.

34. Bisnis Personal Training untuk Mahasiswa

Jika anda memiliki kemampuan untuk self training, anda bisa membuka semacam jasa pelatihan atau konsultasi pribadi. Apalagi kalau anda memiliki sertifikat Cht, atau CH Cht. Anda akan diizinkan untuk membuka konsultasi, hipnosis dan traning terkait kepribadian lainnya. Soft skill seperti ini memang perlu diasah sejak mahasiswa.

35. Bisnis EO Out Bond untuk Mahasiswa

Banyak organisasi kampug melakukan kegiatan out bond di lapangan untuk menambah kecakapan atau soft skill anggotanya. Nah, ini bisa menjadi salah satu peluang usaha untuk anda. Anda bisa membukta jasa Out Bond dengan konsep yang unik atau sesuai request. Anda harus promosi ke organisasi mahasiswa yang ada.

36. Bisnis Moment Tertentu untuk Mahasiswa

Anda pasti bertanya-tanya bisnis seperti apa yang ada pada moment-moment tertentu? Ada banyak peluang usaha mahasiswa pada moment tertentu seperti pada saat wisuda, saat penerimaan mahasiswa baru. Saat wisudah kita bisa bisnis jual bunga, binis plakat wisudah, bisnis kenang-kenangan wisuda dan lain sebagainya.

Khusus untuk penerimaan mahasiswa baru, kita bisa menjual materai, pensil, atau menjadi guide untuk mahasiswa mengisi KRS. Karena biasanya mereka sangat kebingungan pada saat awal masuk kuliah. Kita bisa membuka stand dengan perlengkapan berupa laptop dan printer. Kita bisa membuka jasa print, cetak foto, fotokopi dan lain sebagainya.

Memang, bisnis ini sifatnya musiman, namun cukup lumayan untuk mengisi waktu luang yang bisa menghasilkan rupiah atau income untuk membantu kita. Ini tentu menjadi salah satu pelunag bisnis untuk mahasiwa yang sangat sayang untuk dilewatkan.

37. Bisnis Jual Jilbab untuk Mahasiswa

Bisnis yang cocok untuk mahasiswi ini cukup menjanjikan. Apalagi kalau kita banyak kenalan para hijabers. Kita bisa menawarkan menggunakan browsor atau kita langsung kenakana sendiri. Biasanya kalau cantik mereka akan tertarik. Jika dirasa kita punya modal, tidak ada salahnya kalau mulai membuka gerai jilbab sendiri.

38 Bisnis Jual Makanan Khas Daerah untuk Mahasiswa

Anda berasal dari daerah yang memiliki kuliner khas? Ini bisa menjadi peluang bisnis untuk mahasiswa. Karena kuliner khas daerah memiliki daya tarik tersendiri untuk pecinta kuliner. Pertama mungkin anda memberikan FR atau gratisan, jika ternyata enak pasti mereka nanti akan membelinya, kecuali mereka yang suka gratisan.

39. Mengadakan Seminar untuk Mahasiswa

Mahasiswa biasanya sangat tertarik untuk mengikuti seminar, apakah untuk menambah soft skill atau hanya untuk mendapatkan sertifikat. Untuk sekali seminar kita bisa mengenakan dana investasi. Jika kita bisa mendatangkan pemateri handal dan terkenal tingkat nasioanl, pasti mahasiswa berbondong-bondong akan mendaftar seminar anda. Misal saja kita bisa menghadirkan yusuf mansur, Ippho S, Mario Teguh, Ary Ginanjar dan lain sebagainya. Seminar kita akan menjadi wah dan besar. Peluang usaha seminar menjadi ide bisnis untuk mahasiswa yang kreatif seperti anda.

40. Bisnis Service Handphone untuk Mahasiswa

Anda punya keahlian servis handphone? Coba saja untuk membuka jasa service Smartphone, service handpond menjadi salah satu peluang bisnis untuk mahasiswa tanpa modal. Kadang-kadang karena hal sepele handphone mendadak mati atau hang. Ini bisa menjadi pelunag usaha untuk anda. Apalagi mahasiswi, biasanya mereka banyak masalah dengan smartphone dan malas ambil pusing, kemudian cari tempat service hp.

41. Bisnis Loundry untuk Mahasiswa

Bisnis Loundry juga menjadi peluang bisnis untuk mahasiswa. Apalgi kalau kostan anda berada di dekat kost-kostan yang ramai. Mahasiswa yang super sibuk biasanya tidak sempat mencuci dan menyetrika pakaian mereka, ditambah lagi mahasiswa yang mereka memang malas mengurusi pakaian mereka, peluang usaha ini harus anda manfaatkan sebaik-baiknya. Anda bisa mulai merekrut ibu-ibu sekitar untuk mengurusi bagian mencuci dan strika dan anda mengurusi bagian manajemen.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan? Sangat sayang sekali kalau segitu banyak peluang bisnis untuk mahasiswa di atas tidak anda manfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah kantong anda. Itulah 41 peluang bisnis untuk mahasiswa daari kami, semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi usaha untuk Anda.

Kelola dengan Baik dan Terkonsep demi Mendapatkan Hasil? Terbaik. Bisnis-bisnis yang telah diuraikan di atas akan dapat berkembang jika dikelola dengan baik dan terkonsep. Akan sangat luar biasa bila belum lulus kuliah, tetapi sudah mempunyai bisnis yang berjalan secara sistematis. Jika bisnis Anda bisa berkembang, mungkin Anda bisa memenuhi syarat untuk mengajukan pinjaman uang online untuk mendapatkan modal bisnis di masa depan. Karena itu, cari tahu apa bakat dan kemampuan pribadi yang ada di dalam diri. Lalu tentukan bisnis yang sesuai keterampilan yang dikuasai. Segera lakukan dan jangan terlalu banyak berpikir. Semoga berhasil.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu