05 June 2018 00:00

5 Alasan Anda Perlu Waspada Ketika Melakukan Gadai Mobil Kreditan Di Bandung

DISITU

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Dunia perkreditan sekarang merupakan hal yang wajar dan sudah merambah ke beberapa kalangan baik itu kalangan atas maupun kalangan bawah. Tidak sedikit bagi masyarakat Bandung untuk melakukan sebuah pinjaman dengan gadai mobil yang statusnya masih kredit. Walaupun terbilang menguntungkan karena Anda dapat mendapatkan sebuah dana pinjaman dan dapat menutup kebutuhan yang ada. Tapi ada beberapa alasan yang menjadikan Anda harus berfikir ulang saat hendak melakukan gadai mobil kreditan di Bandung ini. Alasan ini menjadikan Anda harus benar-benar waspada sebelum melakukan gadai mobil kreditan, tentu supaya tidak merugi kelak. Berikut beberapa alasan Anda perlu waspada ketika melakukan gadai mobil kreditan tersebut :

Akan Semakin Terbebani Dengan Jumlah Angsuran

Ketika Anda melakukan sebuah pinjaman dengan gadai mobil yang statusnya masih kredit, tentu Anda akan membayar angsuran secara doble. Baik untuk membayar cicilan mobil tersebut maupun membayar pinjaman. Bayangkan saja jika Anda tidak memiliki penghasilan dalam jumlah yang besar, tentu Anda akan semakin sulit dalam membayar cicilan tersebut. Hal tersebut justru akan semakin membebani Anda bukan meringankan kondisi keuangan Anda.

Hasil Kredit Mobil Tidak Optimal

Jika Anda menggadaikan mobil yang masih kredit untuk mendapatkan sebuah pinjaman, berarti Anda tidak memanfaatkan mobil tersebut secara maksimal. Harusnya, Anda dapat menjadikan mobil tersebut sebagai sarana penambah uang misalnya sebagai penyewaan atau lainnya. Hal tersebut justru akan semakin menstabilitaskan keuangan dan meringankan keuangan Anda. ketika melakukan pinjaman dengan gadai mobil kredit, berarti sama saja Anda menutup lubang kemudian menggalinya kembali. Walaupun cara tersebut tidak salah, namun terbilang kurang tepat. Yang jelas, ketika Anda melakukan kredit mobil tentu ingin menikmati fasilitas dari mobil tersebut, namun jika kendaraan tersebut digunakan untuk barang gadai justru Anda hanya membayar angsurannya saja tanpa menikmati mobil.

Banyak Gadai Liar Yang Memanfaatkan Kesempatan

Banyaknya usaha gadai liar di Bandung biasanya akan menawarkan sebuah persyaratan yang sangat mudah. Nah, dengan menggunakan gadai mobil yang berstatus kreditan ini, merupakan salah satu cara untuk menarik nasabah tersebut. Lembaga penggadai liar tentu tahu bahwa orang yang ingin melakukan gadai mobil kreditan di Bandung pasti sangat memerlukan dana yang besar namun cepat. Hal itu dijadikan kesempatan bagi pihak penggadai liar untuk dapat memanfaatkan situasi tersebut. Dengan tawaran yang menarik tentu banyak masyarakat Bandung yang akhirnya mau dan ditipu oleh pihak gadai liar.

Bunga Pinjaman Akan Lebih Besar

Sebuah mobil yang digadaikan namun masih berstatus kredit biasanya akan dikenai bunga yang lebih besar. Hal tersebut karena dokumen atau surat dari kendaraan tersebut belum sepenuhnya berada di tangan debitur. Tentu pihak lembaga pembiayaan tidak ingin dirugikan, apalagi jika pihak debitur tidak mampu membayar cicilan mobil kredit tersebut. Bahkan pihak leasing dapat mengambil mobil sewaktu-waktu dari pihak pembiayaan. Hal ini dikarenakan pihak leasing memiliki dokumen dan perjanjian yang kuat untuk melakukan pengambilan sebuah mobil tersebut.

Melanggar Undang-Undang Fidusia

Melakukan sebuah pinjaman dengan gadai mobil yang statusnya masih kredit tanpa seijin pihak leasing dapat dikenakan sanksi pidana oleh kedua pihak. Bagi seorang penggadai dapat dikenakan pasal 372 KUHP tentang Penggelapan dan 36 UU No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia.

Membutuhkan sebuah dana jangan hanya lantas pilih supaya cepat dapat menutup kebutuhan saja, Anda perlu memikirkan segala risiko yang ada. Kalaupun melakukan gadai mobil kreditan di bandung ini merupakan salah satu cara bagi Anda, memang tidak ada salahnya. Asalkan saja Anda benar-benar memikirkan segala risiko yang ada dan memilih tempat yang benar-benar mampu membantu Anda dalam menyelesaikan persoalan keuangan Anda.