avatardisplay_general
DISITU
11 Jul 2018

5 Alasan Bisnis Sampingan Modal Kecil Gagal

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180711/5 Alasan Bisnis Sampingan Modal Kecil Gagal.jpg

Apabila kita jeli melihat kondisi lingkungan maka akan kita dapatkan bahwa banyak dari karyawan yang penghasilannya kecil atau pas-pasan namun mempunyai banyak waktu luang. Tetapi sebagian besar dari mereka enggan memanfaatkan waktu luangnya untuk mengubahnya menjadi uang. Penghasilan tambahan ataupun  rencana keuangan masa depan dapat mereka peroleh dari memanfaatkan waktu luang yang ada. Akan tetapi tidak sedikit yang menyatakan bahwa waktu kerja mereka sebagai alasan tidak bisa menjalankan bisnis sampingan modal kecil. Sebenarnya mereka masih bisa menyisihkan sedikit waktu untuk  mengurus bisnis sampingan karena waktu mereka tidak penuh seharian bekerja di perusahaan tersebut dan perusahaan juga tidak melarang karyawannya untuk menekuni usaha sampingan. Berikut 5 alasan bisnis sampingan modal kecil gagal.

1. Salah Dalam Menentukan Prioritas

Bisnis sampingan memang dalam arti bukan pendapatan yang utama atau prioritas. Namun jika mereka tetap mempertahankan pekerjaan penuh dengan waktu mereka sambil mengembangkan bisnis sampingan dengan modal kecil maka berhati-hati. Walau hanya bisnis sampingan, bisnis tetaplah bisnis. Usaha dengan skala kecil pun memiliki tingkat kegagalan sama dengan bisnis skala besar yang telah dijalankan bertahun – tahun. Banyak kegagalan dari bisnis sampingan ini karena ingin cepat sukses. Mereka terkadang memaksakan diri mengambil banyak pesanan tanpa melihat kondisi mereka mampu mengerjakan atau tidak. Mereka menjadi tidak fokus dan sering keteteran yang mengakibatkan  sering kali terjadi complain.

2. Salah Dalam Menentukan Kebutuhan

Dikarenakan ingin cepat sukses maka mereka terkadang tidak fokus, mereka terkadang terbuai oleh sesuatu yang tidak begitu penting. Mereka salah dalam menentukan kebutuhan layaknya sudah mempunyai usaha yang besar. Misalnya menciptakan logo usaha, membuat kartu nama, membeli perangkat lunak yang mahal untuk pembukuan dan lain-lain. Semua hal tersebut memang penting untuk sebuah bisnis namun bukan saat ini seperti bisnis sampingan yang baru berjalan. Lebih baik fokus pada pemasaran dan tersedianya pasokan bahan baku.

3. Perencanaan Bisnis Yang Tidak Matang

Perencanaan memiliki peranan penting dalam menentukan suatu usaha, baik usaha kecil  maupun usaha dalam skala besar. Rencana bisnis bisa meliputi yang sederhana tanpa perlu penjelasan terperinci seperti membuat rencana jangka pendek, mendata pelanggan potensial untuk mengembangkan bisnis dan lain- lain. Biasanya pelaku usaha bisnis sampingan modal kecil tidak membuat perencanaan yang matang sehingga usaha tersebut dijalankan dengan asal jalan yang mengakibatkan hasil yang dicapai pun tidak maksimal bahkan mengalami kegagalan.

4. Pola Pikir Yang Salah

Banyak kegagalan bisnis sampingan dengan modal kecil dikarenakan pola pikir atau mindset yang salah. Contohnya: ada anggapan bahwa apapun yang dijual pasti ada yang membeli, juga pola pikir yang menganggap remeh persoalan pemasaran. Sampai hal pengembangan produk yang baik sering di anggap hal yang biasa. Sehingga cenderung sembrono dan kurang hati-hati dalam pengeluaran uang dalam aspek bisnis yang kurang penting yang mengakibatkan kegagalan usaha.

5. Tidak Bisa Membangun Jaringan

Bisnis akan kuat dan berkembang karena jaringan atau networking. Sebesar dan semaju usaha wajib hukumnya menambah dan membina jaringan yang sudah kita miliki. Jaringan ini bisa berupa teman, saudara, pelanggan dan lain-lain. Cara menambah jaringan bisa dengan silaturahmi bisnis, capaign ataupun memberikan diskon bila mengajak teman atau pembeli lain. Banyak pelaku usaha yang malu, ragu ataupun malas membuka jaringan baru dengan alasan toh usahanya baru berjalan, hal ini tentu saja keliru. Cepat ataupun lambat apabila tidak mau membuka jalur jaringan baru maka akan tertinggal bahkan terkalahkan oleh pesaing kita yang akan mengakibatkan kegagalan usaha.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu