avatardisplay_general
DISITU
01 Aug 2018

5 Aset Berharga Untuk Mengajukan Pinjaman Agunan

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180801/5 Aset Berharga Ini Bisa Digunakan Untuk Mengajukan Pinjaman Tunai Dengan Agunan.jpg

Apakah Anda membutuhkan dana cepat dan mudah didapat? Kami mempunyai tipsnya untuk Anda. Anda bisa secara cepat memperoleh dana instan melalui pinjaman tunai dengan agunan. Dana pinjaman bisa Anda manfaatkan mulai dari keperluan mendesak hingga modal usaha kecil maupun menengah. Pinjaman dengan agunan ini memiliki proses yang cukup mudah. Produk kredit ini memiliki beberapa kelebihan di antaranya yaitu dana pinjaman cepat cair, cicilannya ringan, dan bunganya relatif rendah. Anda cukup menyerahkan syarat-syarat yang diperlukan khususnya barang atau aset yang akan dijaminkan.

Syarat-Syarat Mengajukan Pinjaman Tunai Dengan Agunan

Terdapat dua jenis pinjaman yang disediakan oleh bank yaitu pinjaman dana tunai agunan dan Pinjaman Tanpa Agunan atau Kredit Tanpa Agunan (KTA). Untuk pinjaman tanpa agunan, Anda tidak perlu menyerahkan aset atau barang berharga yang Anda miliki untuk dijadikan jaminan. Sedangkan pinjaman dengan agunan pihak pemohon harus menyerahkan aset atau barang yang berharga sebagai jaminan beserta syarat atau dokumen yang lainnya. Berikut ini merupakan beberapa syarat yang harus Anda penuhi sebelum mengajukan pinjaman tunai dengan agunan:

  • Pemohon harus Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.

  • Berumur minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun pada saat kredit atau cicilan pinjaman lunas.

  • Memiliki aset atau barang berharga yang bisa digunakan untuk jaminan.

Jenis-Jenis Aset Yang Bisa Diagunkan

Tidak semua barang-barang yang Anda miliki bisa dijadikan agunan. Barang yang diagunkan harus memiliki nilai dan harga yang relatif tinggi. Di Indonesia ada beberapa jenis aset yang layak dijadikan jaminan oleh bank yang ada di Indonesia.

1. Kendaraan

Sudah bukan sesuatu yang asing lagi di telinga orang Indonesia bahwa mobil atau kendaraan bisa dijadikan agunan kredit multiguna. Seringkali kendaraan yang diagunkan berupa mobil, motor, truk dan sebagainya. Jumlah pinjaman yang diberikan pun menyesuaikan dengan besar atau kecilnya nilai suatu barang. Apabila Anda mengagunkan mobil, maka nilai tertinggi yang ditawarkan rata-rata adalah 100 juta rupiah dengan tenor maksimal 5 tahun. Nilai yang ditawarkan bisa saja melebihi angka tersebut apabila mobilnya memiliki harga yang sangat mahal. Mobil yang bisa diagunkan biasanya berusia kurang dari 10 tahun. Untuk persyaratannya biasanya bank meminta BPKB asli, STNK, dan kunci kendaraan Anda.

2. Aset Properti

Ada banyak jenis properti yang bisa diagunkan di negara kita, seperti tanah dan rumah. Caranya cukup mudah Anda tinggal menyerahkan sertifikat rumah, tanah, gedung, dan sebagainya kepada pihak bank. Anda harus memperhatikan bahwa bank tidak menerima sembarangan properti, hanya properti yang memiliki nilai tinggi saja yang bisa dijadikan jaminan. Kelayakannya pun juga menjadi pertimbangan, bank akan melihat situasi di lingkungan sekitar dan kondisi aset Anda.

3. Logam Mulia

Ada banyak jenis logam mulia yang ada di bumi ini, salah satunya yang populer adalah emas. Emas merupakan salah satu jenis barang yang bisa diagunkan di Indonesia karena kedudukan emas hampir sama dengan uang. Anda bisa mengagunkan emas yang Anda miliki, dana pinjaman yang bisa Anda dapatkan juga sesuai dengan berat dan kadar emas tersebut.  

4. Hasil Kebun Dan Ternak

Apabila Anda adalah seorang petani atau peternak, maka bisa mengagunkan hasil perkebunan atau peternakan. Meskipun hal ini masih jarang terdengar, namun suku bunga yang ditawarkan relatif rendah, hanya berkisar 0,5% tiap bulan. Bank hanya menerima hasil perkebunan yang memiliki kualitas tinggi dan layak ekspor. Untuk ternak, bank biasanya menerima sapi betina yang masih produktif.

5. Mesin Pabrik

Barang yang satu ini mungkin jarang dimiliki oleh perorangan, kebanyakan yang memiliki mesin pabrik adalah perusahaan. Namun, perusahaan juga sering mengajukan aset berupa mesin pabrik untuk diagunkan. Biasanya bank melihat kelayakan dan usia mesin yang ditawarkan. Nilai tertinggi yang diberikan bank untuk mesin pabrik ini berkisar 5 milyar rupiah, tergantung dengan kualitas mesin.