avatardisplay_general
DISITU
01 Mar 2019

5 Biaya dan syarat balik nama motor terbaru

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201903/190301/Banner/5 Proses balik nama membutuhkan biaya tambahan yang dikeluarkan Juga harus memenuhi semua syarat balik nama motor agar tidak kesulitan ketika perpanjangan..jpg

Tak sedikit orang yang lebih memilih membeli motor bekas dibandingkan motor baru. Tentu biaya yang dikeluarkan terbilang ringan dan sesuai dengan keuangan. Namun setelah itu Anda harus mengurus proses balik nama STNK dan BPKB nya. Proses balik nama ini tentu membutuhkan biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Anda juga harus memenuhi semua syarat balik nama motor agar tidak akan kesulitan ketika melakukan perpanjangan.

Rincian Biaya Dan Syarat Balik Nama Motor Terbaru

Jika Anda membeli motor bekas berarti harus menyiapkan uang untuk mengurus proses balik nama. Tidak mungkin jika harus meminjam KTP pemilik motor untuk perpanjang STNK karena belum mengalihkan nama kepemilikan. Perhatikan semua syarat balik nama motor (dan buat rincian biaya berikut ini :

1. Biaya pajak

Syarat-Balik-Nama-Motor

Biaya pajak akan tertera di STNK ketika Anda akan melakukan balik nama. Sebagai gambaran besaran biaya yang harus Anda siapkan. Dari mulai perhitungan BBN KB atau Bea balik nama kendaraan bermotor. Perhitungannya dilihat dari biaya PKB lalu dikalikan dengan 2/3 nya. Untuk PKB biasanya tidak mengalami perubahan setiap tahunnya sehingga Anda bisa mengetahui jumlah PKB di lihat dari tahun yang lalu. Adanya biaya sumbangan wajib dana kecelakaan sebesar Rp.30,000 dan admin Rp. 100.000 . Ada juga biaya administrasi tanda motor kendaraan Rp.60.000 . Jadi total biaya tersebut yang harus Anda bayarkan.

2. Biaya di luar pajak

Syarat-Balik-Nama-Motor

Selain biaya pajak ada biaya lain yang harus Anda persiapkan sebagai perhitungan syarat balik nama motor . Biaya ini tidak terlalu tinggi karena hanya untuk memenuhi semua proses pendaftarannya saja. Anda harus menyiapkan uang untuk petugas cek fisik sebesar Rp. 10.000 . Biaya ini tidak mutlak tergantung ketentuan dari pihak SAMSAT. Nanti sebelum balik nama selesai, kendaraan Anda akan melalui pemeriksaan. Hasil akhirnya ada lembaran cek fisik yang harus diberikan ke loket pembayaran sekaligus memberikan uang Rp. 30.000 untuk pengesahan pada cek fisik yang telah dilakukan.

Baca Juga : Begini Caranya Menghitung Pajak Progresif Motor

3. Biaya pendaftaran balik nama

Balik-Nama-Motor

Ada dua biaya pendaftaran balik nama yaitu STNK Rp.30.000 dan BPKB Rp.80.000 . Anda akan menyerahkan semua persyaratannya ke gedung SAMSAT yaitu mengenai dokumen penting seperti STNK, KTP, BPKB yang asli dan fotokopi. Hasil dari cek fisik yang sudah di validasi dan juga kwitansi pembelian dengan materai Rp.60.000. Di sini Anda harus isi formulir yang diberikan kemudian serahkan formulir ke petugas loket. Anda harus menunggu sampai mendapatkan konfirmasi bahwa semua berkas sedang di proses. Setelah itu akan diberi tahu lamanya proses tersebut biasanya 3-5 hari.

4. Pembayaran pajak

Syarat-Balik-Nama-Motor

Anda harus kembali lagi ke SAMSAT jika waktu yang diberitahukan untuk memproses pengajuan tersebut sudah selesai dan semua syarat balik nama motor sudah diberikan dengan lengkap. Bawa lembar tanda terima dan juga BPKB yang asli. Kemudian menuju loket pendaftaran balik nama untuk menyerahkannya. Juga kwitansi pembelian dan dokumen cek fisik untuk disimpan dengan berkas lainnya. Di sini petugas akan memperlihatkan notice pajak mengenai besaran pajak yang harus dibayar. Lalu selesaikan semuanya di loket pembayaran. Jika semuanya sudah selesai maka Anda akan dipanggil untuk mendapatkan balik nama STNK.

Baca Juga : Cek Pajak Kendaraan di Samsat secara Online Sekarang

Untuk proses pengajuan balik nama memang sangat panjang. Tapi Anda harus menyikapinya dengan lebih siap dan sabar. Bereskan semua dokumen penting seperti surat-surat motor dan data pribadi lalu datangi kantor SAMSAT di kota Anda. Dengan memenuhi syarat balik nama motor dan menyiapkan biayanya maka prosesnya akan lebih cepat.