DISITU
11 Jun 2018

5 Cara Aman Gadai BPKB Motor Jogja, ini Tipsnya

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180611/5 Cara Aman Gadai BPKB Motor Jogja.jpg

Gadai BPKB motor merupakan salah satu hal yang banyak dilakukan orang di kota besar seperti Jogja. Hal semacam ini biasanya dipengaruhi oleh tuntutan hidup serta sudah tidak memiliki jalan lain untuk mendapatkan pinjaman. Meski cara ini tidak dilarang, namun ketika melakukan gadai Anda juga patut jeli dan tidak boleh sembarangan. Hal ini karena BPKB motor merupakan surat berharga yang rentan terhadap tidak penipuan. Maka dari itu berikut akan dijelaskan 5 cara aman gadai BPKB motor Jogja yang perlu Anda ketahui.

1. Pilih Tempat Gadai Yang Dilindungi Hukum

Cara aman gadai BPKB motor Jogja yang pertama adalah dengan memilih tempat yang dilindungi oleh hukum. Hal ini perlu Anda perhatikan karena saat ini banyak tempat gadai yang beroperasi tanpa ijin atau ilegal. Dan tentu saja tempat gadai semacam ini pasti memiliki tingkat keamanan transaksi yang rendah dan tidak sesuai aturan.

Untuk itu meski Anda dalam keadaan membutuhkan dana cepat, jangan sekali kali ceroboh ketika memilih tempat gadai. Hal ini dikarenakan selain dari segi keamanan, Anda pun juga harus mematuhi hukum yang ada sebagai ciri warga negara yang baik. Maka dari itu, sebelum Anda akan melakukan proses gadai, ketahui badan hukum yang melindungi pihak pemberi pinjaman. Jika tidak dilindungi hukum, alangkah baiknya Anda membatalkan pengajuan pinjaman karena sangat berisiko.

2. Ketahui Kebijakan Yang Diterapkan

Selain mengetahui badan hukum yang melindungi, Anda pun perlu mengetahui segala kebijakan yang ditetapkan pihak kreditur. Hal ini jelas penting untuk Anda karena nantinya semua kebijakan yang ditetapkan harus Anda patuhi tanpa terkecuali. Tidak hanya itu dengan mengetahui hal tersebut, Anda pun bisa menyiapkan segala hal yang dibutuhkan ketika ingin menggadaikan BPKB motor di tempat tersebut.

Secara umum semua kebijakan di setiap tempat gadai berbeda-beda terutama untuk usia motor yang akan dijaminkan BPKB nya. Umumnya pihak kreditur hanya akan menerima BPKB motor yang berusia muda saja. Maka dari itu sebelum Anda akan menggadaikan BPKB motor, ketahui dulu kebijakan yang ditetapkan terutama untuk usia motor. Dengan begitu proses pengajuan dana yang Anda inginkan bisa berjalan lancar ketika semua syarat bisa Anda penuhi.

3. Pilih Besaran Bunga Yang Paling Kecil

Memilih besaran bunga juga termasuk hal yang perlu Anda perhitungan dengan matang. Hal ini dikarenakan besar bunga nantinya akan berhubungan dengan proses pembayaran cicilan yang dilakukan. Untuk Anda yang sedang dalam posisi terdesak, sebisa mungkin cari yang memberikan bunga cicilan rendah. Selain itu, pilih juga yang memiliki tenor panjang agar proses pelunasan pinjaman Anda tidak terlalu berat. Dengan begitu Anda pun akan bisa memilah dana untuk membayar cicilan serta memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan seimbang.

4. Jangan Terkena Kredit Macet

Ketika Anda memilih untuk menggadaikan BPKB motor, usahakan jangan terjebak kredit macet. Hal ini penting untuk Anda perhatikan karena ketika terkena kredit macet maka jelas masalah Anda tidak akan selesai. Jika sudah begini, kemungkinan Anda pun akan meminjam di tempat lain dan bisa saja beberapa kreditur akan menolak pengajuan dana Anda karena riwayat kredit Anda tidak beres. Maka dari itu sebelum mengajukan pinjaman, ketahui dahulu kemampuan finansial Anda agar proses pelunasan cicilan bisa berjalan tanpa hambatan.

5. Coba Gadai BPKB Online

Cara aman gadai BPKB motor Jogja yang terakhir adalah dengan mencoba kredit online. Untuk melakukan hal ini Anda tidak perlu pusing-pusing karena bisa langsung mengunjungi salah satu website disitu.com. Disitu.com merupakan website yang sudah bermitra dengan beberapa tempat gadai terpercaya dan senantiasa mau membantu segala permasalahan Anda. Tidak cukup disitu, untuk Anda yang memiliki keluhan terutama usia motor yang akan digadaikan BPKBnya, tidak perlu risau karena disitu.com akan membantu menyelesaikan masalah Anda. Dan tentu saja proses gadai sudah sesuai prosedur yang diijinkan.