avatardisplay_general
DISITU
20 Aug 2018

5 Cara Cerdas Bayar Angsuran Gadai Sertifikat Rumah

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180818/5 Cara Cerdas Meringankan Angsuran Gadai Sertifikat Rumah.jpg

Apakah anda terpikir untuk menggadaikan sertifikat rumah? Saat ini memang banyak orang yang menggadaikan sertifikat rumah untuk mendapatkan modal usaha dan keperluan lainnya. Ada banyak tempat gadai yang mau menerima sertifikat rumah sebagai jaminan peminjaman uang. Pinjaman uang ini harus dibayar agar bisa menebus sertifikat rumah yang tergadaikan. Ada dua cara untuk menebus sertifikat rumah ini. Cara yang pertama dengan membayar lunas sekali bayar uang pinjaman. Sedangkan cara yang kedua dengan cara angsur. Bagi anda yang khawatir dengan biaya angsuran yang terlalu mahal, anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara untuk bisa meringankan biaya angsuran gadai sertifikat rumah.

Cara Meringankan Angsuran Gadai Sertifikat Rumah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan angsuran gadai sertifikat rumah yang murah. Cara ini akan meringankan beban anda dalam menebus sertifikat rumah. Sehingga anda tidak terancam terkena sanksi atau denda. Berikut ini cara meringankan angsuran tersebut :

1. Ambil Jangka Waktu Panjang

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengambil jangka waktu yang panjang. Dalam membayar angsuran biasanya pihak gadai akan memberikan pilihan jangka waktu untuk membayar. Semakin lama jangka waktu yang anda pilih maka semakin sedikit angsuran yang harus dibayar perbulannya. Sebaliknya, semakin pendek jangka waktu yang anda pilih maka biaya angsuran juga akan semakin besar. Jadi coba sesuaikan biaya angsuran perbulan dengan pendapatan anda. Sehingga anda bisa menemukan jumlah angsuran yang ideal setiap bulannya.

2. Ikut Program Khusus

Di beberapa tempat pegadaian biasanya selalu ada program khusus yang mereka berikan. Program khusus ini bermacam-macam. Misalnya ada program khusus pinjaman untuk kebutuhan usaha, untuk kebutuhan pendidikan dan sebagainya. Di dalam program ini biasanya mereka memberi penawaran yang menarik seperti bunga yang lebih kecil atau angsuran yang lebih murah. Progam seperti ini biasanya dibuat oleh pihak gadai sebagai bukti bahwa mereka adalah solusi bagi masyarakat bukan sebagai masalah. Untuk itu cobalah tanyakan apakah ada program yang bisa anda ikuti untuk meringankan biaya angsuran.

3. Pilih Pegadaian Tanpa Bunga

Cara yang lainnya adalah dengan mencari pegadaian tanpa bunga. Meskipun hal ini sepertinya mustahil, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Terkadang ada beberapa pihak yang bersedia memberikan pinjaman uang dengan gadai sertifikat rumah tanpa harus membayar bunga. Namun pegadaian seperti ini biasanya memiliki syarat-syarat khusus. Misalnya anda harus menjadi anggota komunitas tertentu atau syarat lainnya.

4. Menggadaikan Sertifikat Pada Saudara

Menggadaikan sertifikat rumah dengan saudara sendiri adalah cara yang bisa ditempuh. Anda bisa menggadaikan sertifikat rumah pada kakak atau abang anda. Cobalah minta untuk bisa mengangsur dengan jumlah yang anda sanggup membayar. Namun pastikan anda membayar angsuran sampai lunas. Jangan sampai persaudaraan anda dengan saudara sendiri jadi rusak hanya perkara angsuran pinjaman uang.

5. Pilih Pegadaian Syariah

Usaha terakhir yang bisa anda tempuh dengan mencari pegadaian dengan sistem syariah. Sistem pegadaian seperti ini memberikan keringanan dalam membayar angsuran. Sehingga anda tidak perlu membayar angsuran dengan jumlah yang besar. Apalagi jika uang yang anda pinjam tidak terlalu besar. Anda bisa membayar angsuran dalam jumlah yang kecil dan dalam waktu yang sebentar.

Bijaklah dalam menggadaikan sertifikat rumah. Ambillah uang pinjaman dalam jumlah wajar yang anda masih sanggup untuk membayar. Jangan memberatkan diri sendiri dengan mengambil pinjaman dalam jumlah besar namun tidak sanggup membayar angsurannya. Jangan sampai anda terkena sanksi atau denda dari pihak gadai karena pembayaran yang bermasalah.