avatardisplay_general
DISITU
17 Jun 2018

Gadai Mobil Yang Aman, Yang pastinya harus kamu tahu

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180617/5 Cara Gadai Mobil Yang Aman.jpg

Selain menjual barang berharga, beberapa orang lebih memilih menggadaikannya karena alasan tertentu. Selain peralatan elektronik, kendaraan seperti mobil juga merupakan salah satu benda yang cukup banyak dijadikan jaminan. Namun, dalam melakukan hal ini Anda tidak boleh sembarangan karena nominal gadai mobil cukup besar dan memiliki resiko. Maka dari itu untuk Anda yang ingin menggunakan mobil sebagai jaminan, simak terlebih dahulu cara gadai mobil yang aman di bawah ini.

Cara Gadai Mobil Yang Aman Untuk Anda Ketahui

Inilah cara aman yang bisa Anda gunakan ketika ingin menggadaikan mobil kepada pihak tertentu. Diantaranya:

1. Tentukan Tujuan Dari Dana Pinjaman

Cara aman gadai mobil yang pertama adalah dengan menentukan terlebih dahulu apa tujuan Anda mengajukan pinjaman dana. Hal ini penting untuk diperhatikan karena secara umum dengan mengetahui tujuan pengajuan kredit, maka aliran dana yang sudah diterima akan jelas. Namun, tidak dipungkiri saat ini banyak orang yang menggadaikan mobil dengan tujuan untuk mengikuti gaya hidup mewah. Hal ini jelas sangat tidak bermanfaat karena jika dibiarkan maka akan terjerat hutang yang mungkin saja sulit untuk dilunasi. Maka dari itu tentukan tujuan yang baik misalnya untuk modal usaha atau yang lain. Dengan begitu, dana yang Anda pinjam akan berguna dan tentu saja kredit tidak akan macet.

2. Pilih Tempat Gadai Yang Terpercaya

Cara aman gadai mobil yang kedua adalah dengan memilih tempat gadai yang tepat. Hal ini tentunya perlu Anda perhatikan betul karena tempat umumnya berpengaruh pada proses gadai. Selain itu Anda juga perlu berhati-hati terlebih jika jaminan yang Anda ajukan adalah sertifikat mobil yang jelas memiliki nominal tidak sedikit. Dalam memilih tempat gadai, usahakan cari yang sudah dilindungi badan hukum seperti bank, pegadaian, atau koperasi. Tiga badan ini umumnya adalah badan yang bisa Anda andalkan karena dari segi prosedur dan keamanan sudah terjamin. Jangan sekali-kali melakukan gadai barang apapun kepada rentenir. Hal ini dikarenakan selain bunga yang besar, banyak juga resiko lain jika Anda memilih cara tersebut. Untuk itu bijaklah dalam menentukan tempat gadai agar proses lancar serta barang yang Anda jaminkan aman.

3. Ketahui Besar Angsuran Yang Ditetapkan

Mengetahui besar angsuran yang ditetapkan juga termasuk cara aman ketika Anda ingin melakukan gadai mobil. Cara ini perlu Anda lakukan karena secara umum besar angsuran nantinya akan berpengaruh pada proses pelunasan dana yang sudah dipinjam. Untuk mengetahui besar angsuran yang ditetapkan, Anda bisa langsung bertanya ke pihak customer service. Selain itu tanyakan pula syarat apa saja yang harus disiapkan ketika ingin mengajukan pinjaman dana. Jika belum yakin dengan tempat yang dikunjungi pertama, Anda bisa melakukan survei di tempat lain. Usahakan cari tempat yang menawarkan bunga di bawah 30% karena jika terlalu besar, jelas Anda akan kesusahan ketika melunasinya.

4. Cari Tahu Kebijakan Yang Berlaku

Selain besar angsuran, Anda juga perlu mengetahui kebijakan yang berlaku di tempat tersebut. Kebijakan itu bisa meliputi denda atau sanksi yang diberikan jika telat melunasi angsuran. Hal ini perlu diperhatikan karena secara umum kebijakan yang berlaku selalu berbeda di setiap tempat. Jika ingin aman, usahakan untuk rajin membayar angsuran karena dengan begitu Anda akan terhindar dari denda maupun sanksi yang ditetapkan.

5. Jangan Mudah Tergiur Nominal Gadai Yang Tinggi


 

Cara gadai mobil yang aman terakhir adalah jangan mudah tergiur dengan pihak yang menawarkan nominal gadai yang tinggi dengan marjin yang lebih rendah. Hal semacam ini sering ditemukan pada jasa gadai yang berada di luar kota. Melihat fenomena semacam ini Anda perlu selektif karena bisa saja itu adalah modus penipuan. Selain itu perbedaan kota juga akan menyulitkan Anda ketika melakukan pembayaran angsuran.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu