avatardisplay_general
DISITU
01 Jul 2018

Mencari Tempat Gadai Mobil Di Cianjur Yang Aman

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180701/5 Cara Mencari Tempat Gadai Mobil Di Cianjur Yang Aman.jpg

Ada beberapa cara mencari tempat gadai mobil di Cianjur yang aman. Salah satunya adalah memilih perusahaan pembiayaan yang resmi. Hal ini ditandai dengan terdaftarnya lembaga pembiayaan tersebut di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia). Selain itu, masih ada beberapa cara lain. Apa saja cara tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Pilih Perusahaan Resmi

Jika Anda akan menggadaikan mobil, akan lebih baik Anda membuat list tempat gadai yang ada di sekitar kota Anda, Cianjur. Mengapa demikian? Hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi atau hal lain terkait gadai yang akan Anda lakukan.

Jika list sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah memilih tempat gadai yang paling tepat. Salah satu hal penting yang perlu Anda pertimbangkan adalah memilih perusahaan resmi. Sayangnya, tak sedikit perusahaan yang hanya mengklaim bahwa perusahaan yang dimilikinya adalah resmi untuk mendapatkan banyak debitur.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah perusahaan tersebut resmi atau tidak? Jika perusahaan atau leasing tersebut benar-benar resmi, maka mereka seharusnya terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, perusahaan yang resmi juga merupakan anggota dari APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia). Pada umumnya, perusahaan yang dinaungi oleh pemerintah lebih terjamin keamanannya.

2. Periksa Legalitas Perusahaan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyarankan kepada masyarakat yang akan menggunakan jasa suatu perusahaan untuk memeriksa legalitas perusahaan tersebut terlebih dahulu. Peringatan ini sudah dikeluarkan secara resmi kepada masyarakat beberapa tahun yang lalu. Dengan menggunakan jasa perusahaan yang memiliki legalitas, gadai mobil yang akan Anda lakukan lebih terjamin.

Jadi, akan lebih aman jika Anda memeriksa legalitas tempat gadai yang akan Anda tuju terlebih dahulu. Semenarik apapun promo yang ditawarkan, cek terlebih dahulu legalitasnya. Selain itu, keamanan jaminan mobil Anda akan lebih aman dan kuat jika tempat gadai yang Anda tuju adalah sebuah PT daripada milik perorangan yang kemungkinan besar tidak memiliki izin.

3. Cek Metode Pembayaran Angsuran

Cara mencari tempat gadai mobil di Cianjur yang aman berikutnya adalah mengecek metode pembayaran angsuran. Semakin banyak cara yang digunakan, maka akan semakin memudahkan Anda nantinya. Selain itu, hal tersebut mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada debiturnya.

Semakin banyak bank yang diajak kerjasama memang semakin bagus. Namun, Anda juga harus memperhatikan atas nama siapa rekening bank tersebut. Akan lebih baik jika Anda memilih perusahaan pembiayaan yang menggunakan rekening atas nama perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan pembiayaan tersebut memiliki legalitas. Sebab, bank tidak akan sembarangan memberikan ijin untuk membuka rekening atas nama perusahaan. Oleh karena itu, pasti pihak bank sudah melakukan pengecekan terhadap legalitas perusahaan tersebut sebelum mengijinkannya membuka rekening atas nama tersebut. Dengan demikian, memilih bank yang menggunakan rekening atas nama perusahaan jauh lebih aman daripada yang menggunakan rekening atas nama pribadi.

4. Perhatikan Persyaratan Yang Diminta

Gadai mobil bukanlah transaksi kecil. Hal ini berhubungan dengan aset berharga dan dana dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, proses dan persyaratannya membutuhkan banyak waktu dan agak ribet. Mulai dari memperkirakan harga mobil, pengecekan kondisi mobil, melakukan survey, dan masih banyak hal lainnya. Jadi, Anda tak boleh tergoda oleh rayuan banyak agen yang menjanjikan proses cepat dan syarat mudah.

5. Cari Yang Memiliki Kontrak Perjanjian Jelas

Perusahaan yang memiliki kontrak perjanjian jelas juga menjadi salah satu indikasi tempat gadai mobil di Cianjur yang aman. Oleh karena itu, sangat penting membaca secara teliti kontrak perjanjian yang akan Anda tandatangani. Jika banyak hal yang terasa ganjil atau pihak perusahaan merasa kesulitan menjelaskan hal tersebut kemungkinan besar tempat gadai tersebut gadungan.

Wirausaha-Sukses