09 April 2018 00:00

5 Contoh Usaha Sampingan Tanpa Modal Untuk PNS,Wajib Coba

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/Artikel%20Mei/Artikel%20180517/825 Usaha Sampingan Tanpa Modal Untuk PNS yang Perlu Kamu Coba.jpg

PNS adalah jenis pekerjaan yang sangat di impi - impikan. Namun karena pangkat Anda yang masih rendah, sehingga perlu adanya usaha sampingan. Lebih - lebih pastinya yang dicari adalah usaha sampingan tanpa modal. Dan tentunya Anda sedang mencari usaha sampingan tanpa modal untuk PNS.

Ada banyak inspirasi untuk dijadikan usaha sampingan yang tentunya tanpa modal, diantaranya :

1. Usaha Sampingan Mengajar Privat

Mungkin tidak terfikirkan sebelumnya, ternyata privat juga menjadi kerja tambahan bagi para PNS. Usaha sampingan tanpa modal untuk PNS ini memang sangat betul tanpa modal. Anda hanya perlu keahlian dalam dunia pendidikan dan mengajar anak - anak.

Anda bisa memulai mengajar privat kepada anak-anak dengan jenjang tingkat SD. Atau mungkin bisa lebih atas hingga jenjang para mahasiswa. Usaha sampingan ini walaupun hasilnya tidak seberapa namun ini cukup efektif untuk menambah penghasilan sampingan Anda.

Lagi - lagi apabila Anda sudah memiliki anak didik privat yang banyak. Tentu hasil yang akan Anda dapat akan lebih baik. Namun itu semua tentu didukung dengan model pengajaran Anda dan kualitas mengajar yang baik. Apabila Anda menguasai ini tentu Anda akan sukses dengan usaha sampingan ini.

2. Usah Sampingan Ternak Ikan

Perikanan mungkin memang menjadi salah satu usaha sampingan yang cocok untuk dilakoni oleh pegawai PNS. Memang terbukti bahwa usaha sampingan ini bisa dilakukan oleh para pegawai PNS karena cara pengolahannya yang mudah.

Untuk memulai usaha ini Anda hanya memerlukan sebuah kolam atau setidaknya tempat untuk perikanan. Kemudian Anda tinggal memilih jenis ikan yang memiliki peluang jual yang tinggi. Tentunya Anda tidak boleh ceroboh dalam memilih ikan yang akan di ternak. Andai ceroboh tentu akan ada efek sampingnya.

Setelah Anda menentukan jenis ikannya. Kemudian Anda memulai beternak ikan dan mulai merawatnya. Untuk merawat ikan-ikan juga tentu sangatlah mudah. Anda hanya cukup memberinya makan beberapa kali sehari saja. Apabila Anda memberi makan pada pagi hari yang kemudian Anda tinggal bekerja. Setelah Anda pulang bekerja Anda bisa memberi makan lagi.

Hanya butuh keuletan dan kesabaran untuk dapat menjalankannya. Namun Anda tidak perlu khawatir. Usah ikan ini akan terus mendapat peluang baik di masyarakat yang bisa Anda coba sekarang.

3. Usaha Sampingan Sewa Alat

Usaha ini juga cukup mudah untuk dijalankan oleh seorang pegawai PNS. Langkah awal untuk memulainya Anda hanya perlu membeli alat yang akan disewakan. Kemudian Anda sewakan dengan cara promosi terlebih dahulu. Tentu tidak mudah melakukan promosi.

Namun untuk saat ini yang semakin serba mudah Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial. Cara ini terbilang ampuh untuk menjadikan usaha sewa Anda sukses. Lebih - lebih Anda selalu aktif di dunia internet yang tentu memberi nilai lebih tersendiri.

4. Usaha Sampingan Cuci Pakaian / Laundry

Laundry ini memang juga dapat dijadikan sebagai usaha sampingan oleh para pegawai PNS. Dilihat dari semakin sibuknya seseorang dengan pekerjaan. Sehingga mereka tidak punya waktu banyak untuk mengurus rumahnya. Apalagi masalah pakaian mereka yang harus dipakai setiap hari.

Tentu dengan membuka jasa Laundry ini akan membantu menambah penghasilan sampingan. Lebih baiknya lagi apabila Anda dekat dengan para pelajar kuliah tentunya akan lebih laku lagi jasa Laundry Anda.

5. Usaha Sampingan Driver Taksi Online

Di zaman sekarang ini sudah berkembangnya moda transportasi yang tidak ada sebelumnya. Seperti sudah Anda ketahui yaitu Taksi Online. Taksi Online ini juga memberikan peluang untuk pegawai PNS yang ingin usaha sampingan.

Di sela - sela waktu libur menjadi seorang PNS, Anda bisa mencoba usaha sampingan  yang satu ini. Anda bisa mendaftar terlebih dahulu ke admin Taksi Online. Ada banyak sekali jenis taksi online yang bisa Anda pilih salah satu. Baru Anda bisa menjadi driver Taksi Online.


cari-kredit-DISITU-pilihanmu