DISITU
10 Jul 2018

5 Fakta Seputar Hukum Gadai Mobil Masih Kredit Melalui Pegadaian Swasta

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180710/5 Fakta Seputar Hukum Gadai Mobil Masih Kredit Melalui Pegadaian Swasta.jpg

Banyak masyarakat yang belum mengetahui hukum gadai mobil masih kredit melalui pegadaian swasta. Karena pada praktiknya kegiatan ini dianggap wajar sehingga masyarakat cenderung membenarkan. Tapi, pada kenyataannya hukum gadai mobil yang masih kredit banyak dipertanyakan. Karena memang terjadi perbedaan antara pendapat dari pihak penyedia kredit dengan praktik yang ada di masyarakat. Ada beberapa fakta hukum gadai mobil kredit yang harus Anda ketahui. Sebelum memulai gadai kredit mobil sebaiknya melihat fakta-fakta berikut agar Anda semakin paham dengan hukum gadai mobil kredit :

1. Dianggap Boleh Karena Banyak Terjadi Di Masyarakat

Pada praktiknya gadai mobil kredit di masyarakat banyak terjadi. Memang tidak sedikit yang menolak untuk menerima gadai mobil kredit. Karena umumnya perusahaan pegadaian mensyaratkan adanya BPKB dalam proses pegadaian. Namun, tidak sedikit juga yang pada akhirnya menerima dengan syarat tertentu. Tidak banyak yang mengetahui bagaimana hukum sebenarnya proses gadai mobil kredit. Apakah dipermasalahkan oleh hukum atau justru diperbolehkan. Namun, karena banyak terjadi di masyarakat kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang otomatis dibenarkan.

2. Pihak Penyedia Kredit Tidak Memperbolehkan

Sebuah sumber mengatakan bahwa pihak penyedia kredit sebenarnya tidak memperbolehkan proses gadai mobil kredit. Ini karena dinilai menyalahi aturan kredit yang berlaku. Karena pada saat proses kredit BPKB masih dipegang oleh penyedia jasa kredit. Sedangkan pada proses gadai penyedia gadailah yang harus memiliki BPKB tersebut. Tentu ini menjadi permasalahan tersendiri. Untuk itu pihak penyedia kredit tidak memperbolehkan adanya praktik ini. Meskipun pada akhirnya banyak juga penyedia kredit yang menyetujui proses gadai kendaraan kredit dengan syarat tertentu.

3. Hati-hati Ada Kasus Nasabah Di Bui

Untuk Anda yang akan melakukan gadai kendaraan kredit sebaiknya berhati-hati. Tidak ada salahnya jika sebelum menggadaikan kendaraan terlebih dulu menanyakan pada pihak penyedia kredit. Karena ada kasus dimana pihak penyedia kredit menyeret nasabahnya ke ranah hukum. Ini dikarenakan pihak nasabah melakukan gadai mobil yang masih kredit pada penyedia kredit tersebut. Pihak penyedia kredit menuntut nasabah dengan pasal penggelapan. Sehingga menyeret nasabah dan penerima gadai ke ranah hukum. Adanya kasus ini membuat Anda harus cermat sebelum melakukan gadai mobil kredit. Hukum gadai mobil masih kredit ini memang harus dibahas bersama antara nasabah dengan penyedia kredit. Pastikan Anda telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak penyedia kredit. Sehingga tidak terulang kasus yang serupa.

4. Penerima Gadai Mobil Kredit Memiliki Syarat Khusus

Biasanya perusahaan gadai yang menerima mobil kredit memiliki syarat-syarat khusus. Syarat inilah yang nantinya menghubungkan antara penerima gadai dengan pihak kredit. Biasanya melalui mekanisme surat keterangan yang diminta oleh pihak gadai ke penyedia kredit. Umumnya ada syarat lain yang mengikuti seperti minimal presentase kredit lunas serta kepastian BPKB keluar. Inilah yang juga harus Anda perhatikan sebelum mulai melakukan gadai mobil. Setiap perusahaan memiliki hukum terkait gadai mobil kredit yang berlaku di perusahaan gadainya. Anda juga harus memastikan apakah perusahaan tersebut memiliki syarat yang dapat Anda penuhi atau tidak.  

5. Dapat Diatasi Melalui Take Over

Sebenarnya adanya permasalahan gadai mobil kredit ini dapat diatasi dengan take over kredit. Namun, memang masih sedikit masyarakat yang memiliki pengetahuan tentang take over kredit. Padahal dalam prosesnya take over kredit cenderung lebih aman jika dibandingkan gadai mobil kredit. Proses take over kredit juga banyak disediakan perusahaan pegadaian swasta. Sehingga keamanan Anda terjamin dalam prosesnya. Ini dapat menjadi salah satu solusi yang baik mencegah adanya kesalahpahaman antara pihak nasabah, gadai dan pihak penyedia kredit.

Fakta seputar hukum gadai mobil masih kredit di atas harus Anda perhatikan sebelum melakukan gadai mobil kredit. Jangan sampai gadai mobil kredit ini justru membuat Anda harus bermasalah hukum. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melalui take over kredit oleh pegadaian. Mekanisme ini dianggap sebagai mekanisme aman yang dapat Anda tempuh.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu