avatardisplay_general
DISITU
14 Aug 2018

5 Faktor Penting Yang Mempengaruhi Harga Gadai Mobil

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180814/5 Faktor Penting Yang Mempengaruhi Harga Gadai Mobil.jpg

Tuntutan biaya hidup yang besar terkadang mendesak Anda untuk menggadaikan mobil. Hal ini ditempuh agar bisa mendapatkan dana cepat tanpa ribet. Namun tahukah Anda jika harga gadai mobil bisa berbeda-beda. Jika kebutuhan uang sangat besar, pasti Anda berharap bisa mendapatkan uang gadai dalam jumlah yang tinggi. Namun ternyata mendapatkan uang gadai yang besar tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya uang yang akan didapatkan setelah menggadaikan mobil. Untuk itu sebelum menggadaiakan mobil, ada baiknya Anda mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi harga ini. Sehingga mudah saja memperkirakan berapa dana gadai yang bisa didapatkan.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Gadai Mobil

Sebelum menggadaikan mobil, buatlah persiapan yang matang. Perkirakan berapa dana yang sedang Anda butuhkan. Lalu pilih tempat gadai yang sesuai. Setelah itu perkirakan berapa harga gadai yang akan didapatkan. Berikut ini faktor yang mempengaruhi harga gadai sebuah mobil :

1. Merk Mobil

Faktor pertama yang akan mempengaruhi harga gadai adalah merk mobil yang digadaikan. Ada banyak sekali merk mobil yang mengaspal di Indonesia. Mulai dari mobil kelas atas seperti Lamborgini sampai mobil keluarga biasa seperti Avanza. Beda merk tentu beda harga, harga mobil ini yang akan mempengaruhi harga gadai. Semakin mahal mobil yang Anda gadaikan maka semakin tinggi harga gadai yang didapatkan. Sehingga ketika akan meminjam uang dengan menggadaikan mobil, perkirakanlah berapa dana yang akan didapat dengan merk mobil yang digadaikan.

2. Tahun Keluaran Mobil

Mobil keluaran tahun 2000 tentu harganya berbeda dengan yang keluaran 2018. Umur mobil ini akan menjadi indikator khusus bagi Anda yang akan menggadaikan mobil. Pihak gadai akan memperhitungkan usia dari mobil yang akan digadaikan. Semakin tua mobil tersebut maka semakin rendah harga gadainya. Sebaliknya, semakin tinggi tahun mobil yang digadaikan semakin tinggi pula dana gadai yang didapatkan.

3. Spesifikasi Mobil

Setiap jenis mobil memiliki spesifikasi serta fitur yang berbeda. Ada banyak spesifikasi mobil yang mempengaruhi harga gadai. Spesifikasi yang paling penting adalah spesifikasi mesin mobil. Jika spesifikasi mobil masih bagus berarti pihak gadai akan dengan senang hati memberikan pinjaman pada Anda. Namun sebaliknya jika spesifikasi buruk bahkan sering mogok, pihak gadai hanya akan memberikan uang gadai yang sedikit.

4. Kelengkapan Berkas Mobil

Surat-surat penting dari sebuah mobil juga harus lengkap jika ingin melakukan gadai mobil. Berkas yang paling penting yang harus ada adalah STNK dan BPKB. Jika kelengkapan berkas kurang, maka pinjaman yang akan didapatkan juga tidak bisa banyak. Hal ini disebabkan pihak gadai tidak ingin mengambil resiko terlalu besar. Mereka membutuhkan jaminan surat-surat yang kuat sehingga mereka bisa dengan senang hati mencairkan dana untuk Anda. Pencairan dana ini akan dilakukan dalam waktu yang singkat.

5. Kondisi Fisik Mobil

Bagaimana kondisi fisik mobil Anda juga menjadi salah satu faktor harga gadai mobil. Bila Anda pernah mengalami kecelakaan dan mobil Anda penyok di banyak bagian, sebaiknya jangan terlalu berharap banyak. Sebab biasanya pihak gadai tidak mau memberikan harga gadai yang tinggi untuk mobil yang sudah cacat di beberapa bagian. Tentu saja ini disebabkan nilai jual kembali mobil yang sangat murah karena adanya penyok. Untuk itu pastikan kondisi fisik mobil bagus.

Semua faktor yang ada di atas akan menentukan harga gadai yang akan didapatkan. Namun yang perlu diingat, pastikan Anda menggadaikan mobil sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai Anda mengalami kerugian apalagi sampai harus kehilangan mobil karena tidak bisa menebusnya.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu