avatardisplay_general
DISITU
02 Sep 2018

Penyebab Gagalnya Gadai Sertifikat Rumah Di Cikarang

https://images.disitu.com/A/Img/1809/180902/5 Faktor Penyebab Gagalnya Gadai Sertifikat Rumah%20Di Cikarang.jpg

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini kebutuhan masyarakat akan kebutuhan biaya hidup semakin besar. Salah satu solusi untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggadaikan barang berharga di sebuah Lembaga keuangan atau bank. Adapun barang bisa digadaikan seperti laptop, BPKB kendaraan, emas dan juga sertifikat rumah. Berbicara mengenai menggadaikan sertifikat rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda melengkapi dokumen yang membuktikan bahwa rumah tersebut legal. Selain itu juga ada pertimbangan khusus yang menentukan apakah gadai sertifikat rumah dapat diterima atau tidak. Bagi Anda yang berdomisili di Cikarang dan sekitarnya, berikut beberapa faktor penyebab gagalnya gadai sertifikat rumah di Cikarang, antara lain :

1. Rumah Berada Di Kawasan Banjir

Faktor penyebab gagalnya gadai sertifikat rumah di Cikarang yang pertama adalah rumah berada di Kawasan banjir. Sebagai Kawasan yang rawan banjir, tidak sedikit rumah disana yang dikategorikan dalam Kawasan banjir. Yang dikategorikan dalam Kawasan banjir yaitu daerah yang selalu terendam air setinggi 60 cm hingga 3 meter. Faktor satu ini merupakan pertimbangan utama yang dilakukan Lembaga keuangan maupun pegadaian dalam menentukan diterima tidaknya pengajuan gadai sertifikat rumah. Bahkan hampir sebagian besar Lembaga keuangan menolak agunan rumah yang berada di Kawasan banjir.

2. Bangunan Terlalu Tua

Lembaga keuangan atau pegadaian juga biasanya melakukan penolakan untuk rumah atau bangunan yang terlalu tua. Hal ini dikarenakan nilai jual rumah tersebut sangat rendah dan juga biasanya pembeli harus merenovasi kembali rumah tersebut dengan biaya yang besar. Untuk itu sebelum mengajukan gadai sertifikat rumah, pastikan keadaan bangunan dalam keadaan baik karena pihak gadai akan mensurvey kondisi rumah baik isi maupun fasilitasnya.

3. Berada Di Lingkungan Padat Penduduk

Rumah yang berada di Kawasan padat penduduk juga menjadi faktor pertimbangan pihak Lembaga keuangan dalam menyetujui pengajuan gadai sertifikat rumah. Terlebih untuk Kawasan Cikarang yang merupakan Kawasan padat penduduk dan banyak rumah yang berlokasi di gang sempit biasanya akan sulit untuk digadaikan. Hal ini dikarenakan rumah yang berada di gang sempit sulit untuk di jangkau dan tidak dapat diakses dengan mobil.

4. Dilalui Jalur Sutet

Agar lebih mudah untuk digadaikan, sebaiknya rumah tersebut tidak berada di jalur SUTET (Sambungan Ekstra Tinggi). Ada beberapa alasan yang menjadikan pihak Lembaga keuangan dan pegadaian menolak rumah ini karena memiliki resiko bencana seperti konslet atau SUTET roboh. Selain itu juga faktor kesehatan penghuni juga menjadi pertimbangan. Oleh karena itu saat Anda membeli rumah pastikan jauh dari jalur SUTET agar mudah digadaikan.

5. Rumah Bekas Tindakan Kriminal dan Dekat Makam

Salah satu penyebab sertifikat rumah gagal digadaikan adalah riwayat dari rumah tersebut. Lembaga keuangan akan menolak untuk menyetujui gadai rumah bekas yang pernah dijadikan sebagai lokasi kriminal seperti pembunuhan, penculikan dan sebagainya. Hal ini dikarenakan rumah yang pernah dijadikan lokasi tindak kriminal memberikan kesan ngeri dan sulit mendapatkan pembeli.

Selain rumah bekas lokasi kriminal, rumah yang berada di dekat kuburan juga menjadi faktor penyebab pengajuan gadai sertifikat rumah ditolak. Hal ini dikarenakan rumah yang berada di dekat pemakaman memiliki nilai jual yang rendah. Selain itu memiliki kesan angker dan masyarakat tidak ingin mengambil resiko untuk menghuninya.

Itulah 5 faktor penyebab gagalnya gadai sertifikat rumah di Cikarang. Setiap Lembaga keuangan memiliki kebijakan berbeda-beda. Oleh karena itu sebelum menggadaikan sertifikat rumah ada baiknya untuk memahami penyebab gagalnya gadai sertifikat rumah di Cikarang.