avatardisplay_general
DISITU
16 Jul 2018

5 Faktor Membuat Gadai BPKB Mobil Tahun 2000 Ditolak

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180716/5 Faktor Yang Mempengaruhi Gadai BPKB Mobil Tahun 2000 Ditolak.jpg

Mengajukan gadai BPKB mobil tahun 2000 sepertinya memang gampang-gampang susah. Karena banyak dari lembaga gadai yang menerima pengajuan gadai tersebut. Namun juga ada beberapa lembaga gadai yang menolak untuk melakukan pengajuan gadai BPKB mobil tersebut. Tentu saja penolakan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi pengajuan gadai BPKB mobil tersebut ditolak?

Faktor Yang Membuat Gadai BPKB Mobil Ditolak

Dalam permasalahan gadai BPKB mobil tahun 2000, tentu ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengajuan gadai tersebut ditolak. Berikut ini adalah faktor yang membuat pengajuan gadai tersebut ditolak:

1. Faktor Rumah Tempat Tinggal

Dalam pelaksanaan gadai BPKB, tempat tinggal merupakan hal yang penting dan bisa mempengaruhi persetujuan pinjaman. Biasanya bank atau lembaga gadai lainnya memberi pinjaman jika tempat tinggal calon peminjam merupakan tempat tinggal yang permanen. Apabila Anda tinggal pada tempat tinggal yang tidak permanen, misalnya kos atau apartemen bulanan, maka beberapa lembaga gadai sering menolak pengajuan tersebut. Biasanya batas minimal yang disetujui oleh lembaga gadai adalah rumah kontrak. Beberapa lembaga gadai juga bisa menerima pengajuan gadai kepada nasabah yang tinggal di kos atau apartemen.

2. Kapasitas Rekening Tabungan Yang Minim

Faktor kedua yang membuat gadai BPKB mobil tahun 2000 ditolak adalah calon peminjam memiliki kapasitas rekening tabungan yang kecil. Hal ini disebabkan karena kondisi keuangan yang bisa dilihat dari rekening calon peminjam selama tiga bulan terakhir. Serta saldo di akhir rekening tidak memiliki sisa dana. Maka dari itu, semua lembaga gadai akan meminta data rekening pada calon peminjam. Berbeda lagi ketika Anda mengajukan slip gaji. Biasanya pihak lembaga gadai akan melakukan pengecekan secara detail. Karena saat ini banyak sekali nasabah yang memanipulasi slip gaji.

3. Memberikan Informasi Bisnis Yang Fiktif

Hal ini sering terjadi karena calon peminjam ingin mendapatkan pencarian dana yang tinggi. Atau bisa juga karena bisnisnya saat ini sudah gulung tikar. Oleh karena itu, calon peminjam wajib melengkapi dokumen penting jika calon peminjam adalah orang yang memiliki bisnis. Dokumen penting tersebut meliputi SIUP, Akta, TDP, NPWP, dan dokumen lainnya. Selain itu, calon peminjam juga harus melampirkan bukti transaksi seperti PO dan kuitansi pembelian di dalam rekening koran. Hal ini untuk membuktikan bahwa bisnis yang calon peminjam jalankan sudah berjalan dengan baik. Jika bisnis Anda baru dalam tahap perencanaan, maka ada dua hal yang bisa dilakukan. Yaitu menjelaskan sumber dana tersebut berasal dari mana dan kemudian menjelaskan tentang prospek bisnis tersebut.

4. Faktor Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar juga bisa mempengaruhi beberapa lembaga gadai untuk memproses data gadai. Biasanya orang dari lembaga gadai yang melakukan survei akan bertanya kepada tetangga sekitar atau ke pengurus setempat. Biasanya mereka berusaha untuk mencari tahu tentang beberapa informasi. Seperti misalnya apakah calon peminjam memiliki catatan buruk dengan kredit yang diambil. Atau calon peminjam sering didatangi oleh penagih hutang karena tunggakan utangnya. Pihak penagih biasanya selalu memberi informasi ke tetangga sekitar bahwa calon peminjam tidak bisa melunasi hutangnya.

5. Memiliki Catatan Buruk

Setiap lembaga gadai sudah menjadi anggota dari Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia. Sehingga sebelum memproses data calon peminjam, beberapa lembaga gadai akan melakukan riset seluruh data dari calon peminjam di APPI. Data tersebut nantinya akan terlihat apabila calon peminjam tersebut bermasalah atau tidak. Jika mengajukan di tempat baru, hal ini menjadi percuma apabila Anda belum melunasi tanggungan di lembaga gadai yang lain. Karena sesama lembaga gadai bisa melihat seluruh profil dari calon peminjam.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu