DISITU
11 Jun 2018

5 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Ingin Gadai Mobil Di Bank

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Gadai barang merupakan salah satu jalan keluar yang banyak ditempuh orang demi mendapatkan pinjaman dana secara cepat salah satunya melalui bank. Jenis barang yang banyak dijadikan jaminan saat ini adalah mobil. Namun, dalam proses gadai banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh calon nasabah. Hal-hal semacam itulah yang patut Anda hindari agar proses peminjaman dana bisa berjalan lancar. Dan berikut hal yang harus Anda hindari ketika ingin gadai mobil di bank.

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Ingin Gadai Mobil Di Bank

Inilah hal yang patut Anda hindari ketika ingin menggadaikan mobil ke bank. Diantaranya :

1. Tidak Melakukan Survei Terlebih Dahulu

Hal yang harus Anda hindari ketika ingin menggadaikan mobil yang pertama adakah tidak melakukan survei terlebih dahulu. Fenomena semacam ini sangat sering dilakukan oleh orang yang ingin mengajukan pinjaman terutama di bank. Dengan terdesaknya kebutuhan, mereka lantas sembarangan memilih tempat gadai tanpa memikirkan kebijakan maupun resiko yang akan diterima. Meski sederhana, nyatanya survei merupakan cara ampuh yang dapat membantu Anda menemukan bank yang sesuai dengan keinginan. Ketika melakukan survei, Anda juga bisa mengetahui kebijakan dan fasilitas yang tersedia di setiap bank yang dikunjungi. Dari semua bank yang sudah Anda kunjungi, bisa memilih satu yang sekiranya cocok dengan kriteria yang diinginkan.

2. Meminjam Dana Tidak Sesuai Kebutuhan

Hal kedua yang harus Anda hindari adalah jangan sekali-kali menggadaikan barang berharga namun tidak sesuai kebutuhan. Untuk hal ini salah satu contohnya adalah menggadaikan barang untuk hal yang tidak terlalu penting misalnya wisata atau mengejar gaya hidup. Dua poin tersebut jelas sangat merugikan terlebih dalam mencapainya, Anda sampai menggadaikan barang berharga yang dimiliki. Efek lain dari model hidup semacam itu adalah Anda akan menjadi pribadi yang boros. Jika sudah boros, maka hal apapun akan dilakukan demi mendapatkan hal yang diinginkan salah satunya dengan menggadaikan barang berharga yang ada dirumah. Untuk itu tentukan terlebih dahulu apa alasan Anda menggadai dan usahakan untuk hal yang baik seperti bisnis. Dengan begitu Anda akan bisa melunasi cicilan serta tidak terkena kredit macet sekaligus denda jika tidak mampu membayar.

3. Mudah Terjebak Bunga Yang Rendah

Ketika ingin melakukan gadai, kita sering menemukan pihak yang menawarkan bunga cicilan rendah. Meski menguntungkan, nyatanya hal itu tidak selalu sesuai dengan harapan. Coba saja pikir, setiap bank pasti tidak ada yang mau merugi dengan memberikan bunga rendah kepada nasabahnya. Hal inilah yang harus dicermati ketika menemukan pihak yang menawarkan bunga rendah kepada Anda. Berfikirlah logis meskipun Anda sedang dalam posisi membutuhkan dana karena dengan begitu Anda akan terhindar dari praktek penipuan yang saat ini banyak terjadi.

4. Tergesa-Gesa Menyerahkan Jaminan

Selain yang sudah dijelaskan diatas, hal lain yang patut Anda hindari ketika akan melakukan gadai adalah jangan tergesa-gesa menyerahkan jaminan. Hal semacam ini sering kita lihat pada orang awam yang baru pertama kali akan mengajukan pinjaman ke bank. Mereka sering kebingungan kapan waktu yang tepat untuk menyerahkan barang jaminan. Dikarenakan bingung, maka mereka sering menyerahkan jaminan ketika survei. Nah, melihat hal semacam ini Anda perlu tahu bahwa proses penyerahan barang jaminan hanya dilakukan ketika permohonan sudah disetujui pihak bank. Selain itu ikuti prosedur yang ditetapkan pihak bank terlebih dahulu. Dengan begitu proses pengajuan pinjaman Anda bisa berjalan dengan lancar.

5. Terjebak Gadai Online

Dengan semakin  berkembangnya teknologi saat ini, semua hal bisa dilakukan secara online termasuk gadai mobil di bank. Hal ini jelas karena saat ini beberapa bank memang sudah menyediakan model gadai yang bisa dilakukan secara online. Untuk lebih amannya, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu soal kredibilitas, keamanan, serta badan hukum yang melindungi bank tersebut.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu