avatardisplay_general
DISITU
08 Jul 2018

5 Syarat Sebelum Gadai Mobil Tanpa BPKB Di Semarang

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180708/5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Gadai Mobil Tanpa BPKB Di Semarang.jpg

Anda yang berdomisili di Semarang mungkin telah mengetahui bahwa ada penyedia gadai mobil tanpa BPKB di Semarang. Gadai mobil tanpa menggunakan BPKB memang memiliki resiko tinggi. Untuk itu jarang sekali tempat gadai yang bersedia menerima gadai mobil tanpa BPKB. Kalau pun ada syarat yang diajukan cukup ketat. Resiko yang dihadapi dari pihak penyedia gadai adalah kemungkinan asal usul mobil bermasalah. Hal inilah yang membuat gadai mobil tanpa BPKB menjadi sulit. Namun, sebenarnya tidak hanya pihak gadai yang harus memperhatikan beragam faktor ketika menerima gadai mobil tanpa BPKB. Pihak calon nasabah juga sebaiknya memperhatikan faktor-faktor yang melingkupi gadai mobil tanpa BPKB.  Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat akan melakukan gadai mobil tanpa BPKB :

1. Kepastian Tempat Gadai yang Menerima Gadai Tanpa BPKB

Pertama yang harus diperhatikan adalah kepastian tentang tempat gadai yang menerima gadai tanpa BPKB. Ini perlu dipastikan terlebih dahulu, karena seperti dijelaskan di awal bahwa tidak semua tempat gadai menerima gadai mobil tanpa BPKB. Cari info terkait dengan gadai mobil yang menyediakan gadai tanpa BPKB di Semarang. Jika mendapat info terkait beberapa hal tersebut sebaiknya langsung datang ke tempat gadai untuk memastikan. Sembari mengecek kepastian tempat gadai apakah menerima gadai tanpa BPKB atau tidak sebaiknya tanyakan juga terkait syarat yang dibutuhkan.

2. Suku Bunga Yang Diminta

Kedua yang harus diperhatikan adalah terkait suku bunga yang diminta. Sebaiknya pastikan terkait dengan suku bunga. Jangan sampai Anda justru terjebak di praktik rentenir dengan syarat mudah namun bunga yang melambung tinggi. Ini justru akan menjebak Anda dalam lingkaran hutang yang tak berujung. Jadi pastikan bunga yang Anda peroleh masih dalam tahap yang cukup wajar.

3. Plafon Pinjaman Yang Umumnya Kecil

Biasanya penyedia gadai mobil tanpa BPKB di Semarang memiliki plafon pinjaman yang kecil. Ini karena kurangnya kelengkapan berkas yang membuktikan kepemilikan. Namun, hal berbeda terjadi dalam kasus take over kredit. Jumlah pinjaman yang diminta justru harus lebih besar dari total biaya take over kredit dari kreditur sebelumnya. Tapi, jika ternyata plafon yang disetujui besar namun biaya take over kredit juga besar dana segar yang Anda dapat terbatas. Ini juga harus Anda perhatikan apakah nanti dana yang keluar cukup untuk memenuhi kebutuhan dana Anda atau tidak.

4. Kendaraan Tidak Bisa Dipakai

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah terkait kendaraan yang tidak bisa dipakai. Dalam gadai menggunakan BPKB biasanya kendaraan yang ada masih bisa digunakan. Hanya BPKB saja yang ditahan. Namun, pada kasus gadai tanpa BPKB umumnya penyedia gadai menahan kendaraan yang digadai. Sehingga kendaraan yang digadai tidak dapat digunakan oleh debitur yang melakukan gadai. Ini harus Anda pertimbangkan, apalagi jika kendaraan yang dipakai berguna untuk kebutuhan produksi Anda. Jika kendaraan berada di pegadaian faktor keamanan juga harus menjadi perhatian Anda. Sehingga Anda harus memastikan bahwa selama kendaraan tidak bisa Anda pakai, kendaraan masih tetap aman dan dalam kondisi baik.

5. Rancangan Keuangan Untuk Pembayaran Rutin

Terakhir yang harus Anda perhatikan adalah rancangan keuangan untuk pembayaran rutin. Ini diperlukan untuk memastikan bahwa Anda dapat membayar biaya keuangan rutin dengan baik. Tujuannya tentu mencegah adanya kredit macet. Jika terjadi kredit macet karena kurangnya rancangan keuangan Anda hal ini akan berpengaruh terhadap kendaraan yang Anda agunkan. Jadi sebaiknya buatlah rancangan keuangan yang baik sebelum mulai melakukan gadai mobil.

Beberapa hal di atas harus Anda perhatikan ketika akan melakukan gadai mobil tanpa BPKB di Semarang. Resiko gadai mobil tanpa BPKB sebenarnya bukan hanya pada pihak gadai namun pihak yang menggadaikan barangnya juga memiliki risikonya tersendiri. Jadi masing-masing pihak harus mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan gadai mobil tanpa BPKB sebelum mulai melakukannya.

 

cari-kredit-DISITU-pilihanmu