avatardisplay_general
DISITU
18 Aug 2018

Hal Yang Diperhatikan Sebelum Gadai Sertifikat Rumah

https://images.disitu.com/A/Img/1808/180820/5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Gadai Sertifikat Rumah.jpg

Dalam hidup terkadang Anda mengalami situasi terdesak. Dimana Anda dituntut untuk menyiapkan dana besar dalam waktu singkat. Dana pengeluaran ini biasanya disebabkan karena musibah seperti sakit atau kecelakaan. Satu-satunya cara untuk mendapatkan uang dengan jalan yang cepat adalah dengan meminjam uang. Ada banyak cara untuk bisa meminjam uang. Salah satunya adalah dengan melakukan gadai sertifikat rumah. Sertifikat rumah adalah pilihan terakhir yang harus digadaikan jika tidak ada lagi barang yang bisa digadaikan. Namun sebelum Anda menggadaikan rumah, ada hal-hal penting yang harus Anda ketahui. Hal-hal penting ini terkait proses peminjaman menggunakan sertifikat rumah.

Hal Penting Terkait Proses Gadai Sertifikat Rumah

Ketika Anda sudah yakin untuk menggadaikan rumah, berarti saatnya mengetahui beberapa hal penting yang ada di bawah ini. Semua hal penting ini wajib Anda lakukan agar proses gadai mulus tanpa kendala. Berikut ini hal penting apa saja yang harus Anda ketahui dan dilakukan:

1. Pastikan Anda Pemilik Sertifikat

Sebelum Anda melangkah jauh untuk menggadaikan rumah, pastikan bahwa memang nama Anda yang ada di dalam sertifikat rumah itu. Sebab jika Anda tidak bisa menggadaikan sertifikat rumah atas nama orang lain. Jika ternyata sertifikat rumah tersebut bukan milik sendiri, maka harus ada proses balik nama terlebih dahulu. Balik nama ini sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sekurang-kurangnya Anda membutuhkan waktu 5 hari untuk bisa membalikkan nama.

2. Mencari Tempat Gadai

Setelah Anda yakin sertifikat rumah tersebut atas nama Anda, saatnya mencari tempat gadai yang sesuai. Hati-hatilah dalam mencari tempat gadai yang sesuai. Sebab ada banyak kasus penipuan yang mengatasnamakan pegadaian sertifikat rumah. Untuk itu pastikan Anda menggadaikan sertifikat di tempat yang aman. Cara mengetahui bahwa tempat tersebut aman adalah dengan memastikan reputasi dari lembaga atau pihak gadai tersebut. Selain itu berusahalah untuk mencari pinjaman tanpa bunga agar tidak memberatkan Anda.

3. Paham Prosedur

Berikutnya setelah Anda menemukan tempat gadai yang sesuai, pahami prosedur yang harus dilakukan. Sebelum mengambil pinjaman dengan gadai sertifikat rumah, Anda bisa bertanya banyak hal pada pihak gadai. Biasanya selain sertifikat rumah, pihak gadai juga membutuhkan kartu identitas dan berkas penting lainnya. Penuhi persyaratan tersebut, agar pinjaman Anda bisa diproses dengan segera.

4. Pastikan Sistem Pembayaran

Biasanya ada dua sistem pembayaran yang harus Anda pilih. Sistem yang pertama yaitu sekali lunas. Artinya Anda tidak mencicil pinjaman yang dibayarkan. Selain itu cara yang kedua yaitu dengan mencicil atau mengangsur pinjaman yang Anda ambil. Dengan sistem angsur, Anda harus membayar dalam waktu periode tertentu. Sistem ini biasanya menggunakan jangka waktu. Jangka waktu akan semakin lama jika uang pinjaman Anda semakin besar. Besarnya angsuran yang Anda bayarkan juga ditentukan dengan jumlah pinjaman Anda. Untuk itu bijaklah dalam menentukan besarnya pinjaman.

5. Paham Resiko

Hal penting terakhir yang harus Anda ketahui adalah paham resiko. Sebelum melangkah jauh, Anda harus paham dengan resiko yang akan Anda dapatkan jika bermasalah dengan sistem pembayaran. Resiko yang akan Anda dapatkan adalah berupa sanksi atau denda jika ternyata Anda telah dalam melakukan pembayaran. Selain itu resiko terbesar jika Anda terus tidak membayar adalah Anda harus merelakan rumah Anda.  Untuk itu berusahalah membayar tepat waktu.

Perhatikan baik-baik semua hal yang ada di atas sebelum melakukan peminjaman uang dengan menggadaikan sertifikat rumah. Sebab rumah merupakan aset yang berharga. Jangan sampai Anda harus kehilangan rumah hanya karena pinjaman yang tidak bisa dibayarkan.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu