avatardisplay_general
DISITU
29 Jun 2018

Pertimbangan Sebelum Gadai Mobil Kreditan Bandung

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180629/5 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Gadai Mobil Kreditan Bandung.jpg

Hai gengs, lagi butuh duit dan ingin menggadaikan mobil? Sebelum ambil keputusan, sarannya nih: lakukan pertimbangan terlebih dahulu. Ada banyak risiko yang akan kamu hadapi. Mobil adalah benda bernilai tinggi. Jika kamu ingin menggadaikannya, minimal kamu harus paham berapa harga yang layak untuk mobilmu. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan dokumen-dokumen kepemilikan mobil yang kamu miliki.Apa? Kamu belum punya dokumennya? Jadi, mobilmu masih dalam kredit. Tapi kamu sedang butuh uang dan ingin menggadaikannya. Oke, buat kamu di Bandung, ini kami beri hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum gadai mobil kreditan Bandung.

Hal-Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Gadai Mobil Kreditan Di Bandung

Mengambil keputusan sebelum gadai mobil kreditan Bandung memang sulit. Dalam banyak kondisi, gadai mobil kreditan jarang sekali diterima. Kebanyakan mitra gadai (bank, pegadaian, dan sebagainya) tidak mau menerima gadai mobil kreditan. Alasan utamanya, terlalu banyak risiko.

Sebenarnya untuk kamu sendiri, gadai mobil kreditan juga riskan. Misalnya, mobilmu belum lunas di leasing, tapi pegadaian menyitanya karena kamu telat bayar. Kalau ini terjadi, apa yang akan kamu lakukan? Kamu bisa dituntut hukuman penjara. Maka dari itu, sebelum gadai mobil kreditan Bandung, pertimbangkan saran-saran berikut ini. Setelah itu, baru ambil keputusan.

1. Tidak Seaman Gadai Mobil “Full”

Beda halnya dengan full, kepemilikan mobil kredit belum ada di tanganmu. Kamu belum punya BPKB yang bisa membuktikan bahwa kamu riil pemilik mobil yang digadaikan. Hal ini akan jadi masalah jika ternyata mitra gadai yang kamu percaya membohongimu. Mereka bisa membawa lari mobilmu. Kamu pun tidak bisa menuntutnya karena tidak punya bukti bahwa mobil itu milikmu.

2. Dengan Pinjaman Lebih Kecil, Kamu Harus Membayar Kredit 2 Kali Lebih Besar

Kalaupun mau menerima, mitra gadai biasanya akan menetapkan harga pinjaman yang lebih kecil. Tidak peduli seberapa tinggi harga jual mobilmu di pasar. Ketiadaan dokumen kepemilikan membuat posisi mobilmu rentan hukum. Sehingga mitra gadai harus memasang asuransi lebih ketat. Impasnya, dana pinjamanmu akan diperkecil. Bunga yang harus dibayar lebih besar. Belum lagi cicilan mobil yang harus kamu bayar pada leasing.

3. Semakin Banyak Kontrak Yang Ditandatangani, Maka Kamu Semakin Terikat

Saat kamu gadai mobil kreditan, ada 2 pihak sekaligus yang mengikat kontrak denganmu. Leasing dan mitra gadai. Dalam tiap kontrak, ada seabrek peraturan yang harus kamu sepakati. 2 pihak ini tidak akan peduli seberapa banyak peraturan mengikatmu. Jika suatu saat nanti kamu telat bayar cicilan, misalnya, keduanya tidak akan peduli apa alasanmu. 

4. Biaya Yang Muncul Tanpa Diduga

Saat melakukan leasing, kamu harus membayar biaya cicil, bunga, dan tenor. Di mitra gadai, biaya yang harus dibayarkan lebih banyak lagi. Mulai dari biaya transaksi, administrasi, asuransi, depresiasi, hingga bunga. Tapi biaya yang harus kamu bayar tidak sebatas ini lho! Kamu bisa dikenai biaya parkir di pegadaian. Jumlahnya bisa melebihi bunga yang selama ini kamu bayarkan.

5. Gadai Mobil Kreditan Berpotensi Merusak Reputasi

Bayangkan apa yang dipikirkan orang lain saat tahu kamu gadai mobil yang masih dalam status kredit. Ibaratnya, kamu telah “menjual” barang yang belum sepenuhnya milikmu. Meski penjualan ini hanya sementara, risiko yang kamu tanggung terlalu banyak. Sehingga reputasimu bisa tercederai dengan mudah.

Alternatif  Benda Lain Untuk Digadaikan

Kalau kamu tidak terlalu membutuhkan uang, lebih baik singkirkan pikiran untuk gadai mobil kreditan. Pilih benda-benda lain yang bisa kamu gadai. Seperti TV, motor, atau ponsel. Yang jelas, semua barang yang 100% sah milikmu. Jika pun sedang benar-benar terdesak, gadai bukan satu-satunya solusi kok. Kamu bisa mengajukan pinjaman tanpa syarat ke keluarga atau instansi offline/online yang menawarkan program tersebut.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu