avatardisplay_general
DISITU
16 Jul 2018

Cara Tepat Mengajukan Gadai BPKB Mobil Tahun 1997

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180716/5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajukan Gadai BPKB Mobil Tahun 1997.jpg

Menggadaikan barang merupakan salah satu cara mendapatkan dana tambahan guna memenuhi berbagai macam kebutuhan. Barang yang bisa digadaikan juga beragam, termasuk mobil. Namun sering kali muncul pertanyaan apakah mobil tahun 1997 bisa digadaikan? mengingat mobil tersebut tergolong tua. Mengajukan gadai BPKB mobil tahun 1997 sangatlah bisa. Namun terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan karena ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan diterima atau tidaknya pengajuan gadai. Berikut ini hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan gadai BPKB mobil tahun 1997, di antaranya :

1. Dokumen Atau Berkas Yang Lengkap

Memiliki kelengkapan berkas mobil tentunya menjadi hal mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Salah satu persyaratan utama sebelum mengajukan gadai adalah BPKB yang baik. Selain itu kondisi pajak kendaraan pastikanlah memiliki riwayat baik dan taat pajak agar nantinya proses gadai berjalan lancar. Walaupun mobil tahun 1997an, namun persyaratan juga harus lengkap dan terbaru. Apabila dokumen yang dimiliki tidak lengkap dan sebaiknya jangan mengajukan permohonan gadai karena akan sia-sia.

2. Kondisi Kendaraan

Selain berkas yang lengkap dan tidak cacat, kondisi kendaraan juga harus diperhatikan sebelum mengajukan gadai. Terlebih kendaraan tahun 1997 termasuk kendaraan yang sudah tua. Tentunya apabila kondisi fisik kendaraan buruk, walaupun berkas lengkap namun pengajuan gadai akan kurang lancar bahkan langsung ditolak. Namun beda halnya apabila kendaraan dalam kendaraan baik maka akan mudah sekali terima. Kondisi baik yang dimaksud adalah kondisi body hingga onderdil mobil itu sendiri. Maka alangkah baiknya sebelum mengajukan gadai BPKB mobil tahun 1997 yang tergolong tua, Anda membawanya ke bengkel terlebih dahulu. Ini bertujuan agar ketika dicek kendara dalam komisi terbaiknya.

3. Merek Dan Versi Mobil Yang Akan Anda Gadaikan

Sebuah brand sangatlah penting dan berpengaruh terhadap nilai jual ataupun gadai. Secara umum, mobil dengan merek yang terkenal dan banyak diminati masyarakat akan mudah diterima ketika diajukan gadai. Selain itu merek juga menentukan berapa kisaran dana yang bisa cair dari menggadaikan mobil tersebut. Sebagai contoh saja mobil dengan merek buatan Jepang yang sangat terkenal dan banyak peminatnya, terlebih di Indonesia sendiri jalanan sudah dikuasai produk Jepang. Dengan begitu harga gadai mobil bisa lebih tinggi ketimbang merek buatan negara lain. Merek buatan Jepang masih sangat diminati bahkan ketika kondisinya sudah tua.

4. Kecocokan Dokumen Dengan Kondisi Mobil

Tidak sedikit pengajuan gadai ditolak walaupun sudah memiliki beberapa ketentuan di atas. Ini disebabkan oleh ketidaksamaan kondisi fisik dengan surat-surat yang diserahkan ke pihak jasa gadai. Biasanya yang dicek dari kondisi fisik dengan dokumen adalah warna mobil, tipe mobil, nomor polisi dan sebagainya. Pastikan terlebih dahulu mobil yang akan digadaikan memiliki kondisi yang sama dengan yang tertulis di BPKB.

5. Orisinilitas Mobil Anda

Sebenarnya hal ini tidak terlalu diperhitungkan dan dipermasalahkan oleh jasa gadai mobil. Namun tadi sedikit juga kasus mengajukan gadai ditolak dikarenakan mobil memiliki tampilan yang neko-neko karena di modifikasi. Bukan berarti Anda tidak diperbolehkan memodifikasi mobil, hanya saja ketika hendak menggadaikan mobil, mobil tersebut tidak terlihat norak. Memang mobil tahun 1997 yang tergolong tua berbeda dengan mobil tahun sekarang. Namun sebaiknya Anda mempertahankan keaslian mobil, apabila dimodifikasi lakukan sewajarnya saja.

Lima hal di atas bisa dijadikan acuan Anda sebelum mengajukan gadai. Namun setiap tempat gadai belum tentu mempermasalahkan hal yang sama. Terkadang mereka memiliki ketentuan tersendiri untuk menerima gadai mobil, terlebih mobil tua tahun 1997.