avatardisplay_general
DISITU
28 Jun 2018

Syarat dan Ketentuan Gadai Mobil Full Bandung

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180628/5 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Gadai Mobil Full Bandung.jpg

 Hai gengs, lagi butuh duit? Jika ya, cek barang-barang yang kamu miliki. Ponsel, motor, atau mobil. Kamu bisa gadaikan benda-benda secara full ke tempat-tempat penerima gadai (di sini kami menyebutnya “mitra gadai”). Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan uang pinjaman sementara. Sampai kamu bisa menebus kembali barangmu. By the way, artikel ini kami peruntukkan untuk gadai-ers pemula Bandung. Karena topik yang kita angkat terkait gadai mobil full Bandung. Tapi buat kamu yang bukan orang Bandung, tips-tips ini mungkin berguna juga. Karena hal-hal yang kami angkat sebenarnya hal umum yang wajib diketahui setiap orang sebelum melakukan gadai. Utamanya jika yang digadaikan barang bernilai tinggi seperti mobil. Ingin tahu lebih lanjut? Check this out!

Gadai Mobil Full Bandung : Apa Sebenarnya Maksud Dari Kata “Full”?

Sebagai pemula, kamu mungkin belum paham istilah semacam ini. Dalam dunia pegadaian, ada sebutan tertentu seperti gadai “full” atau gadai “kreditan”. Dari sebutannya saja, kita bisa paham apa artinya. Gadai “kreditan” artinya menggadaikan suatu barang yang belum dibayar lunas. Sehingga kepemilikannya belum sah milik nasabah secara hukum. Gadai “full” berarti menggadaikan suatu barang dalam keadaan utuh dari berbagai segi. Baik utuh secara fisik maupun secara kepemilikan. Biasanya, mayoritas pegadaian mensyaratkan hal ini. Barang yang digadaikan harus telah menjadi milik sah nasabah penggadai. Dibuktikan dengan dokumen-dokumen kepemilikan. Kalau kamu akan gadai mobil full Bandung, kamu perlu menyiapkan BPKB dan STNK. Sudah paham bukan pengertian gadai mobil full di Bandung? Kalau begitu, berikut kami share langkah-langkah melakukannya. 

Langkah Yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Gadai Mobil

Sebelum terjun langsung ke lapangan, sebelumnya kamu perlu memahami dulu apa saja yang harus dilakukan. Ini penting supaya kamu tidak mudah mengalami kerugian seperti penipuan dan tindakan pelanggaran lainnya.

1. Pilih Mitra Gadai Yang Cocok Denganmu

Saat ingin menggadaikan mobil, jangan asal pilih mitra gadai. Sesuaikan pilihan dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Pahami program-program yang ditawarkan pegadaian. Pastikan kamu bisa mengukur mana program yang realistis dan mana yang tidak. Jangan mudah tergiur dengan promo pegadaian yang kurang masuk akal. Misalnya seperti suku bunga 0%. Tidak mungkin sebuah pegadaian konvensional tidak mengambil bunga dari nasabahnya. 

2. Pelajari Prosedur Pegadaian Dengan Baik

Supaya tidak kelihatan awam, sebelum melakukan gadai kamu harus memahami dengan detil prosedurnya. Mulai dari prosedur penentuan harga gadai, survei, penandatanganan kontrak, hingga mekanisme pemeliharaan barang. Jika kamu terlihat canggung saat menggadaikan mobil, pegadaian akan berusaha mengakalimu. Apalagi kamu masih muda. Jangan biarkan mereka meremehkanmu karena kurang paham prosedur gadai yang baik.

3. Belajarlah Menawar

Banyak kalangan muda kalah di tawar-menawar. Di pasar saja, kita bisa kalah heboh dengan ibu-ibu saat menawar cabe rawit. Bayangkan jika kita tetap seperti itu saat menghadapi pegawai pegadaian. Di pegadaian, kita membicarakan dana dalam skala besar. Apalagi yang akan kamu gadaikan adalah mobil. Jangan asal terima saat pegadaian menawarkan harga untuk mobilmu. Kamu juga harus bisa mengukur apakah harga itu layak atau tidak.

4. Waspadai Kinerja Mitra Gadai

Saat ini, masih banyak mitra gadai yang mendapatkan komplain nasabah. Beberapa di antaranya bahkan melakukan pelanggaran perdata. Saat kamu gadai mobil full di Bandung, jangan cuma menerima dana, lalu meninggalkan mobil gadaimu begitu saja. Awasi bagaimana pegadaian memperlakukan mobil yang kamu “sekolah”-kan.

5. Kumpulkan Sebanyak Mungkin Informasi

Untuk melindungi diri dari penipuan, kamu harus pandai dalam mencari informasi gadai. Utamanya informasi tentang mitra yang kamu percaya. Mulai dari status badan hukum, SOP, hingga track recordnya. Semakin banyak informasi yang kamu dapat, kamu bisa jadi makin hati-hati melakukan kerjasama dengan mitra gadai.