DISITU
08 Jul 2018

5 Indikator Dalam Proses Gadai Mobil Kredit yang perlu kamu tahu

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180708/5 Indikator Dalam Proses Gadai Mobil Kredit.jpg

Kadang kala kebutuhan dana memang tidak bisa diprediksi. Bahkan tak jarang ada kebutuhan dana mendesak di saat kondisi keuangan sedang tidak stabil. Mau tak mau akhirnya segala cara akan ditempuh. Salah satunya adalah dengan melakukan gadai mobil. Gadai dianggap sebagai salah satu cara cepat untuk mendapatkan dana. Tapi, bagaimana jika mobil yang akan Anda gadaikan masih dalam tahap kredit? Tentu itu menjadi kekhawatiran sendiri bagi Anda, karena tidak semua tempat gadai menerima mobil kredit. Tapi, sebenarnya banyak tempat gadai yang menerima mobil kredit. Hanya saja Anda perlu memperhatikan poin-poin di bawah ini yang menjadi indikator dalam proses gadai mobil kredit.

1. Total Kredit Tersisa

Total kredit yang tersisa menjadi salah satu hal yang dilihat dalam proses gadai mobil. Biasanya pihak perusahaan gadai tidak mau menerima jika misal sisa kredit masih cukup banyak. Apalagi jika melebihi dari pinjaman yang diajukan. Rata-rata pihak penyedia gadai menerima pengajuan pinjaman apabila kredit sudah dilunasi lebih dari 70%. Itu biasanya menjadi batas aman penerimaan barang gadai yang masih kredit. Bahkan ada juga yang mensyaratkan kredit 80% lunas sebelum menggadaikan kendaraan.

2. Riwayat Kredit

Pihak penyedia jasa kredit juga akan melihat riwayat kredit yang dilakukan oleh calon nasabah. Jika pihak nasabah memiliki riwayat kredit bagus tanpa ada masalah yang cukup besar biasanya gadai akan disetujui. Namun, berbeda lagi jika nasabah justru memiliki riwayat kredit yang buruk. Tentu ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi pihak penyedia gadai. Besar kemungkinan justru pihak gadai tidak menyetujui gadai yang diajukan.

3. Tempat Melakukan Kredit

Dalam proses gadai mobil kredit, penyedia gadai biasanya juga melihat perusahaan tempat nasabah melakukan kredit. Jika nasabah melakukan kredit di perusahaan resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Maka akan lebih besar kemungkinan untuk disetujui oleh pihak gadai. Reputasi perusahaan juga menjadi salah satu hal yang penting dilihat oleh penyedia gadai. Sebaiknya Anda menanyakan kepada pihak penyedia gadai, terkait persyaratan tempat kredit.

4. Syarat Dokumen Mobil

Dokumen mobil menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi ketika melakukan gadai. Persyataran dokumen untuk mobil kredit biasanya tidak hanya terkait dokumen yang dibawa oleh nasabah kredit. Tetapi juga dokumen yang berasal dari pihak penyedia kredit. Biasanya dokumen yang diperlukan antara lain dokumen keterangan kredit. Masing-masing penyedia gadai biasanya memiliki persyaratan tersendiri. Jadi sebaiknya Anda bertanya terkait dokumen yang dibutuhkan sebelum mulai melakukan gadai. Kelengkapan dokumen mobil kredit juga menjadi salah satu poin yang dilihat oleh pihak penyedia gadai. Mobil yang tidak memiliki dokumen lengkap, termasuk dokumen keterangan dari penyedia kredit tentu akan dipertanyakan.

5. Tahun Kendaraan

Poin terakhir yang harus Anda perhatikan adalah tahun kendaraan. Jadi tahun kendaraan harus diperhatikan karena banyak perusahaan gadai yang memiliki batas tahun untuk digadaikan. Rata-rata perusahaan gadai menerima gadai mobil baru, utamanya 2009 ke atas. Jadi bagi Anda pemilik mobil lama yang akan melakukan gadai, baiknya mencari perusahaan gadai yang menerima gadai mobil lama. Syarat tahun ini harus Anda perhatikan sebelum mulai melengkapi persyaratan gadai. Jangan sampai Anda sudah melengkapi persyaratan gadai, tapi ternyata tahun mobil Anda tidak memenuhi syarat.   

Beberapa poin di atas adalah hal yang harus Anda perhatikan sebelum mulai melakukan gadai mobil kredit. Ini dikarenakan persyaratan di atas biasanya menjadi indikator untuk melihat apakah mobil Anda dapat diterima untuk gadai atau tidak. Biasanya jika poin-poin di atas terpenuhi dengan baik maka gadai mobil yang diajukan dapat disetujui. Akan lebih baik lagi jika Anda menanyakan pada pihak pegadaian terkait dengan syarat dan ketentuan gadai yang dibutuhkan.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu