avatardisplay_general
DISITU
06 Jul 2018

5 Jenis Usaha Kecil Menengah Yang Bisa Anda Coba

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180706/5 Jenis Usaha Kecil Menengah Yang Bisa Anda Coba.jpg

Jenis usaha menengah atau usaha mikro kecil akhir-akhir ini cukup menggeliat dan memiliki prospek yang cukup bagus. Apalagi sekarang pemerintah sangat mendukung sekali terhadap jenis usaha mikro kecil ini. Usaha menengah atau mikro kecil (UMKM) mempunyai pengertian bermacam-macam. UMKM adalah kegiatan ekonomi kerakyatan dengan skala kecil, maka dari itu wajib dilindungi untuk mencegah persaingan yang tidak sehat.  Pemerintah turun tangan dalam hal ini, terutama dalam mengembangkan jenis usaha kecil menengah yang sukses yang bisa dikerjakan oleh masyarakat.

Biarpun UMKM ini hanya merupakan usaha kecil, namun profit atau keuntungannya sangat besar. Selain bisa menyumbang devisa Negara, ternyata usaha kecil ini mampu memberikan keuntungan yang besar buat pendirinya. Kebanyakan pelaku usaha UMKM adalah pelaku bisnis yang sudah menguasai pasar sehingga sangat potensial lagi kalau dikembangkan. Ada banyak macam dari usaha kecil menengah yang bisa dikerjakan oleh setiap orang. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Usaha Kuliner

Semua orang pasti sudah tahu dengan bisnis yang satu ini. Bisnis kuliner ini merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Karena makanan adalah merupakan kebutuhan pokok manusia. Orang tidak bisa melanjutkan hidupnya tanpa makan. Lebih baik tidak berbelanja pakaian daripada harus menahan lapar.

Seiring dengan berjalannya waktu, usaha bisnis kuliner ini mulai menjamur dimana-mana. Bisnis ini merupakan salah satu jenis usaha kecil menengah yang sukses yang paling banyak peminatnya. Dengan bekal kreatifitas dan inovasi banyak anak-anak muda yang melakoni bisnis ini. Mempunyai ciri khas tersendiri dan juga keunikan rasa akan menjadi daya tarik sendiri buat para pecinta kuliner. Bahkan mereka rela antri agar bisa menikmati makanan yang sudah dipesan.

2. Usaha Bidang Fashion

Pakaian atau fashion juga merupakan salah satu jenis usaha yang banyak peminatnya karena memberikan keuntungan yang besar. Setiap orang pasti ingin kelihatan fashionable, oleh karena itu mereka rela merogoh isi kantong demi untuk mendapatkan pakaian yang diidam-idamkan. Jenis usaha fashion ini ada beberapa macam diantaranya pakaian khusus wanita, pria, anak-anak, muslim dan lain sebagainya.

3. Usaha Dibidang Pendidikan

Usaha dalam bidang pendidikan merupakan jenis usaha kecil menengah yang sukses jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Jenis usaha yang satu ini masih sangat terbuka peluangnya, karena untuk saat ini pendidikan sangat menjadi prioritas utama. Orang-orang tua masih berusaha untuk memberikan bimbingan belajar diluar jam sekolah. Ini dimaksudkan agar anak-anak bisa mengasah kemampuan mereka dibidang akademik. Contoh dari usaha dibidang ini adalah Ganesha Operation,Primagama, Indonesia Language Program dan sebagainya.

4. Usaha Dibidang Otomotif

Bagi yang menyukai otomotif atau hobi mengotak atik spare part, maka jenis bisnis    yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat. Melakukan suatu usaha dengan menyatukan hobi pasti akan mendapatkan sensasi dan kebahagiaan tersendiri. Usaha ini bisa dimulai dari membuka toko spare part, jasa cuci motor dan mobil, menjual perlengkapan berkendara seperti helm, sarung tangan, jaket yang berstandar SNI. Ini bisa membuktikan kalau dari sekedar hobi ternyata bisa juga menghasilkan uang.

5. Usaha Agrobisnis

Dengan memanfaatkan pekarangan sekitar rumah kita bisa memulai jenis usaha di bidang agrobisnis. Pada dasarnya agrobisnis  bergerak di bidang peternakan dan pertanian. Kita cukup membeli bibit hewan ternak atau tanaman lalu dipelihara, selanjutnya bisa panen. Hasil panen tersebut berupa sayur-sayuran, padi, buah-buahan, telur dan daging. Hasilnya bisa dijual langsung ke pasar atau bisa juga lewat online dengan memanfaatkan situs internet.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu