avatardisplay_general
DISITU
26 Sep 2018

5 Kesalahan Sikat Gigi yang Sering Tidak Disadari

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180926/5%20Kesalahan%20Sikat%20Gigi%20yang%20Sering%20Tidak%20Disadari.jpg

Penampilan luar yang rapi dan menarik memang akan membuat seseorang merasa percaya diri. Sayangnya semua itu akan sia-sia jika Anda tidak menjaga kebersihan diri dari dalam seperti membiarkan gigi kotor dan bau mulut.

 

Selain membuat penampilan kurang maksimal, gigi yang kotor juga dapat menjadi sarang bakteri yang nantinya dapat menyebabkan sakit gigi. Karena itulah menyikat gigi dengan benar menjadi hal yang perlu Anda perhatikan.

 

Sayangnya meskipun menjadi kegiatan yang dilakukan setiap hari, faktanya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum menyikat gigi dengan benar. Mengutip dari CNN Indonesia, hanya 2,3 persen saja masyarakat yang sudah menyikat gigi dengan benar. Jumlah tersebut jelas sangat kecil dari total masyarakat yang menyikat gigi sebesar 93,8 persen. Itu artinya masih ada 91 persen masyarakat Indonesia yang menyikat gigi dengan cara salah.

 

Jadi sebenarnya bagaimana cara menyikat gigi yang benar? Apa saja kebiasaan menyikat gigi yang selama ini dilakukan namun ternyata salah? Berikut ulasannya:

 

  1. Sikat Gigi saat Mandi

Kesehatan

Akui saja, kebanyakan Anda pasti menyikat gigi saat mandi bukan? Jika tidak, sebagian orang umumnya menyikat gigi di pagi hari setelah bangun pagi. Cara yang sudah dilakukan sejak lama ini ternyata salah lho. Menurut Ratu, Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia, sikat gigi yang benar harusnya dilakukan dua kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur.

Bukan tanpa alasan, sikat gigi sebelum sarapan hanya akan membuat gigi kembali kotor saat beraktivitas seharian. Karena itu sebaiknya Anda menyikat gigi setelah sarapan dengan jeda waktu 30 menit - 1 jam agar email gigi tidak terkikis dan menyebabkan sakit gigi.

 

  1. Menyikat Bagian Depan Saja

Kesehatan

Bagian depan gigi memang bagian yang paling terlihat saat sedang tersenyum. Namun begitu bukan berarti Anda hanya fokus menyikat bagian gigi depan saja. Agar tetap bersih, sikat seluruh bagian gigi baik rahang atas maupun bawah. Sikat dengan gerakan memutar selama sekitar dua menit untuk seluruh bagian gigi.


 

  1. Selalu Mulai Sikat Gigi di Tempat yang Sama

Kesehatan

Karena kebiasaan, banyak orang mulai menyikat gigi dari titik yang sama. Meskipun terkesan sepele, kebiasan ini harus segera Anda perbaiki. Konsisten menyikat gigi di titik yang sama hanya akan membuat Anda enggan membersihkan bagian laiinya sehingga luput dari pembersihan.

 

  1. Pasta Gigi Tidak Mengandung Fluoride

Kesehatan

Meskipun semuanya bertujuan untuk membersihkan gigi, faktanya banyak pasta gigi tidak memiliki kandungan fluoride di dalamnya. Kandungan ini sangat penting karena dapat membantu menjaga kekuatan gigi dan menghindarkan dari risiko gigi berlubang yang membuat Anda sakit gigi.

Tidak sulit menemukan pasta gigi berfluoride. Cukup cek kandungan tersebut pada bagian belakang kemasan. Ingat, jangan hanya karena tergoda harga yang murah Anda jadi memilih pasta gigi tanpa fluoride ya.

 

  1. Jarang Mengganti Sikat Gigi

Kesehatan

Kesalahan dalam menyikat gigi lainnya adalah menggunakan sikat gigi tak layak. Sikat gigi masuk dalam kategori tidak layak jika sudah lebih dari 4 bulan tidak diganti dan bulu sikat mulai rontok atau melebar. Sebaiknya ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali, saat bulu sikat rusak, atau setelah sembuh dari sakit seperti flu.

 

  1. Melewatkan Bagian Lidah

Kesehatan

Masih bagian dari mulut, sudah seharusnya lidah tidak dilupakan saat sedang menyikat gigi. Selain membersihkan gigi, lidah juga penting untuk dibersihkan karena lidah yang kotor dapat menyebabkan sisa makanan menumpuk dan jamur pun tumbuh. Cukup sikat lembut bagian lidah saat menggosok gigi agar semua bagian mulut benar-benar bersih.